Kolam Ikan Warga Tertimbun Material Dua Rumah Ambruk Citraland

Harga satu unit rumah yang ambruk ditaksir Rp1,7 miliar

Bandar Lampung, IDN Times – Tanah longsor di Perumahan Citraland Bandar Lampung menyebabkan dua rumah ambruk ditanggapi warga di luar lingkungan perumahan setempat, Selasa (26/1/2021). Warga menyatakan, kejadian longsor juga pernah terjadi Maret 2020 lalu.

Aceng, pemilik kolam ikan Jalan Pangeran Emir M Nur, Gang Karya Muda, Kelurahan Sumur Putri, Kecamatan Telukbetung Selatan, Bandar Lampung letaknya dengan perumahan mewah itu menjelaskan, pada kejadian tahun lalu, longsor tanah dari Citraland berimbas ke rumah adiknya.

Kejadian hari ini, justru usaha kolam ikan miliknya kena imbas. “Saya punya dua kolam (ikan) ukuran 5x10 meter persegi tertimbun material longgor,” jelasnya kepada awak media.

Baca Juga: [BREAKING] Dua Rumah Mewah di Citraland Bandar Lampung Ambruk Belum Dihuni

1. Kolam ikan milik warga tertimbun material rumah ambruk

Kolam Ikan Warga Tertimbun Material Dua Rumah Ambruk CitralandIDN Times/Silviana

Aceng menjelaskan, pascakejadian mendatangi kantor pemasaran Citraland Bandar Lampung. Hasil pertemuan, manajemen perumahan akan ganti rugi imbas dua kolam miliknya tertimbun material reruntuhan dua rumah.

Disinggung kerugian dialaminya, ia menaksir Rp100 juta. Kolam tempat budidaya ikan mujair itu masuk musim panen.

Terkait kronologis kejadian dua rumah ambruk, ia menjelaskan sedang berada di sekitaran kolam ikan mujair bakal segera panen. Ia melihat tiang penyangga jalan Perumahan Citraland patah.

"Bukan jembatan tapi seperti jalan putaran untuk mobil. Karena pakai tiang saat patah terus tanah amblas," jelasnya.

2. Developer ganti rugi imbas rumah ambruk

Kolam Ikan Warga Tertimbun Material Dua Rumah Ambruk CitralandIDN Times/Silviana

Developer Citraland Bandar Lampung menyatakan, bakal mengganti rugi kepada berbagai pihak imbas kejadian dua rumah ambruk karena longsor.

Humas Citraland Bandar Lampung, Yuzi Riano, menjelaskan, dua rumah yang ambruk merujuk video viral di pesan instan WhatsApp dipicu tanah longsor. Setelah kejadian, developer menghubungi pamong lingkungan setempat dan pemilik lahan yang berbatasan dengan Citraland terkena imbas.

“Kami menggelar pertemuan dan sepakat ganti rugi dengan warga di dalam maupun di luar Citraland. Kami Citraland itu bertanggung jawab sepenuhnya apa pun itu, baik rumah di sini maupun di luar," jelasnya.

Antisipasi lainnya imbuh Yuzi, pihaknya mendistribusi konsumsi kepada warga terdampak. Selain itu, melakukan pencegahan agar longsoran tak berimbas ke permukiman warga.

3. Satu unit rumah ditaksir Rp1,7 miliar

Kolam Ikan Warga Tertimbun Material Dua Rumah Ambruk CitralandDua unit rumah bangunan dua lantai roboh salah satu perumahan mewah di Bandar Lampung, Selasa (26/1/2021). (Istimewa/Tangkapan Layar).

Developer Citraland Bandar Lampung belum bisa berkomentar banyak terkait kerugian dua rumah yang ambruk di Cluster Davinci Blok A9.

Yuzi menerangkan, harga satu unit rumah tersebut kisaran Rp1,7 miliar. Dua rumah yang ambruk masih tahap pembangunan dan  belum serah terima ke pemilik. Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Baca Juga: Dua Rumah di Citraland Ambruk, DLH Nilai Developer Tak Taat IPAL

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya