Karyawan PTPN VII Donor Darah, PMI Jamin Tak Tularkan COVID-19

Persedian darah di PMI Lampung masih kurang

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 56 kantong darah terkumpul dari para pendonor dalam kegiatan donor darah digelar PTPN VII menyemarakkan Hari Pahlawam ke-75, Selasa (10/11/2020). Pendonor kegiatan ini dari karyawan kantor direksi perusahaan setempat dan beberapa unit kerja dari Way Berulu, Unit Bergen, Unit Kedaton, dan Unit Rejosari-Pematangkiwah.

"Sejak pagi, para peserta donor darah, terutama yang datang dari unit sudah hadir di Kolaboratif (Gedung Serba Guna) Kompleks Perumahan PTPN VII. Alhamdulillah, donor darah berjalan dengan lancar. Antusias karyawan sangat tinggi," ujar Sekretaris Perusahaan PTPN VII, Bambang Hartawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (11/11/2020)

1. Panitia dan pendonor terapkan protokol kesehatan ketat

Karyawan PTPN VII Donor Darah, PMI Jamin Tak Tularkan COVID-19IDN Times/Istimewa

Bambang Hartawan menerangkan, meski masih dalam situasi pandemik COVID-19, pihaknya menggelar donor darah menerapkan protokol kesehatan ketat. Sebagai prasyarat penting, Bambang mewanti-wanti kepada panitia donor darah dari Sub Bagian Komunikasi Perusahaan dan PKBL untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Sebab jangan sampai niatnya untuk berderma sosial untuk kemanusiaan, tetapi justru ada efek buruk bagi diri sendiri. Penerapan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat. Setiap peserta wajib mencuci tangan dengan sabun dan atau menggunakan hand sanitizer, mengenakan masker, dan menjaga jarak," paparnya.

Bambang menambahkan, donor darah menjadi agenda rutin setiap tiga bulan bekerja sama dengan PMI Kota Bandar Lampung. Kegiatan itu sempat bergulir di masa pandemik. Namun untuk periode ketiga tahun ini sedikit tertunda karena mempertimbangkan fluktuasi gejala wabah yang terjadi.

“Setelah ada wabah, kami sempat melaksanakan kegiatan donor darah yakni pada bulan Juli 2020 lalu. Kali ini agak terlambat karena meningkatnya persentase penyebaran Covid-19 di Bandar Lampung. Pada bulan November ini, diputuskan diadakan kembali  yang bertepatan  dengan peringatan Hari Pahlawan. Waktu pelaksanaan ini kami anggap sangat tepat karena tema nasional kita adalah Menjadi Pahlawan Selamanya. Nah, donor darah ini adalah menjadi pahlawan kemanusiaan,” katanya.

2. Kegiatan donor darah merupakan agenda rutin PTPN 7

Karyawan PTPN VII Donor Darah, PMI Jamin Tak Tularkan COVID-19IDN Times/Istimewa

Dokter Annisa Mardhiyyah dari PMI Lampung, mengatakan era pandemi ini PMI sangat kekurangan kebutuhan darah karena para pendonor masih dibayangi rasa khawatir. Selain itu, kegiatan donor yang dilaksanakan perusahaan atau organisaai masih belum pulih.

"Jangan takut ikut donor. Kegiatan donor darah ini tidak akan menularkan COVID-19 selama pelaksanaannya menerapkan protokol seperti yang dilaksanakan PTPN VII hari ini," ujarnya.

Annisa menambahkan, PMI Lampung sangat mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilaksanakan PTPN VII. "Ini sangat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah. Prakarsa PTPN VII ini juga beberapa kali mendapat penghargaan dari PMI," ujarnya.

3. Ikut upacara Hari Pahlawan secara daring

Karyawan PTPN VII Donor Darah, PMI Jamin Tak Tularkan COVID-19Logo Hari Pahlawan Tahun 2020 (Website/kemsos.go.id)

Sebelum donor darah, para pimpinan PTPN VII mengikuti secara virtual dari ruang rapat utama Kantor direksi. Upacara Peringatan Hari Pahlawan dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Prosesi yang dimulai pukul 08.00 dan dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara para pahlawan itu diikuti melalui siaran langsung TVRI dan kanal YouTube Kementerian Sosial.

Meskipun daring, Direktur PTPN VII Doni P. Gandamihardja tampak hikmat mengikuti semua sesi upacara. Ia didampingi Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support Okta Kurniawan, SEVP Operation I Fauzi Omar, dan SEVP Operation II Dicky Tjahyono.

Selain itu, seluruh kepala bagian di kantor direksi dan beberapa pejabat utama juga ikut. Secara daring, upacara juga diikuti oleh para manajer unit dan jajaran dari kantornya masing-masing. Juga para pejabat di beberapa anak perusahaan.

Baca Juga: Peringatan Maulid Nabi, Lazis PTPN VII Bagikan 980 Paket Sembako

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya