Itera Kembangkan Riset Mitigasi Bencana dan Desa Berbasis Sains

Riset mitigasi bencana hingga kembangkan desa berbasis sains

Bandar Lampung, IDN Times - Dalam pengembangan riset yang diharapkan dapat menjadi solusi atau menjawab permasalahan yang ada di Sumatera, Institut Teknologi Sumatera (Itera) bekerja sama dengan para stakeholder untuk memaksimalkan hasil.

Multi kajian riset yang dikembangkan seperti kebencanaan, potensi meningkatnya aktivitas Gunung Anak Krakatau, dampak cuaca ekstrem di berbagai sektor. Selain itu, potensi pertanian dan perkebunan terkait harga komoditas dan produksinya, ekonomi dan kesehatan imbas COVID-19, serta sektor pariwisata terhadap perekonomian.

1. Jadi pijakan pemerintah dalam membuat kebijakan

Itera Kembangkan Riset Mitigasi Bencana dan Desa Berbasis SainsIDN Times/Istimewa

Saat ini, fokus kajian Pusat Riset dan Inovasi (Purino) Prediksi dan Pemodelan Risiko Bahaya dan Bencana (P4R) Itera adalah dampak bencana nonalam COVID-19 di berbagai sektor, terutama ekonomi dan industri. Untuk itu, peluang kerja sama yang saat ini tengah dijajaki adalah dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Bank Indonesia, dan Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Lampung.

“Diharapkan dengan kerja sama ini dapat terbentuk riset yang mengarah pada permasalahan nyata bagi mitra dan pembuat kebijakan, melalui  ketersedian data yang lebih akurat maupun riset bersama,” ujar Utriweni, Sabtu (7/11/2020).

Kepala LP3 Itera, Acep Purqon, menambahkan, fokus utama 14 Purino di Itera adalah hilir riset yang diharapkan mampu menjawab permasalahan nyata di Sumatera. “Hasil-hasil riset dari Purino Itera diharapkan menjadi pijakan untuk strategi pemerintah dalam membuat kebijakan, mengingat sebuah kebijakan yang baik perlu dibentuk berdasarkan berbagai kajian, bukan intuisi semata,” ujarnya.

Melalui FGD yang diadakan Purino P4R, Acep menilai keterlibatan BI dan BPJS diharapkan bisa semakin mendukung peran pusat riset dan inovasi yang ada di ITERA, dalam menjalankan fungsinya.

Sementara itu, perwakilan BI dan BPJS Lampung menyampaikan terbuka terhadap kerja sama mitra dan memberikan peluang untuk perumusan kesepakatan (MoU) antarlembaga di kemudian hari.

Baca Juga: Mahasiswa Itera Pertama Kali Bikin Film Langsung Juara Internasional

2. Bangun program pengembangan desa

Itera Kembangkan Riset Mitigasi Bencana dan Desa Berbasis SainsPertemuan PMTD bersama pejabat ITERA dalam rangka kerjasama membangun perkembangan desa berbasis sains (IDN Times/Istimewa)

Itera juga menjalin kerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung. Bentuknya, pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan beberapa program desa di tiga daerah di Provinsi Lampung.

Tiga Kabupaten di Provinsi Lampung yang masuk dalam program pemberdayaan desa, yaitu Mesuji, Way Kanan, dan Pesisir Barat. Saat ini, Dinas PMDT Lampung sedang mengembangkan beberapa program desa di tiga daerah tersebut.

Contohnya, program Lampung mengaji, dan pengembangan industri perikanan di Mesuji, program pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi baru pertanian di Way Kanan, dan pengembangan bidang pariwisata desa di Kabupaten Pesisir Barat.

3. Berharap desa di Provinsi Lampung mendapat sentuhan sains

Itera Kembangkan Riset Mitigasi Bencana dan Desa Berbasis SainsIDN Times/Istimewa

Kepala Dinas PMDT Dr Zaidrina berharap, kerja sama dengan Itera desa-desa di Provinsi Lampung, bisa mendapatkan sentuhan sains dan teknologi, dalam pengembangannya.

Rektor Itera, Prof Ofyar Z Tamin, menyampaikan, pihaknya siap mendukung program yang tengah dicanangkan oleh Dinas PMDT yaitu mengembangkan desa di Provinsi Lampung, dengan memanfaatkan teknologi. Itera siap mendukung dengan memanfaatkan keahlian para dosen dari lintas limu dan melalui pusat riset dan inovasi yang telah dimiliki.

“Kami juga memiliki pusat riset dan inovasi yang berakitan dengan program-program yang akan dikerjakan, sehingga akan sangat mendukung,” jelasnya.

Baca Juga: Kala Dosen Itera Ajari Warga Desa Melek Teknologi Bikin Situs Online

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya