Gempa 5,4 Magnitudo di Pesisir Barat, Warga tak Panik

Gempa tidak berpotensi tsunami tapi berpotensi susulan

Bandar Lampung, IDN Times -Berdasarkan keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi dn Geofisika (BMKG) telah terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,4 magnitudo di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Sabtu (16/1/2021) pukul 16.26 WIB.

1. Gempa tak berpotensi tsunami

Gempa 5,4 Magnitudo di Pesisir Barat, Warga tak PanikIlustrasi Berlindung Saat Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Parameter sementara gempa berkekuatan 5.4 Magnitudo, Lintang 6.41 LS, Bujur 103.86 BT dan Kedalaman 45 Km dengan lokasi di pesisir Sumatra.

Gempa berlokasi di laut dengan jarak 145 kilometer arah selatan Kota Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 43 kilometer. Meski fenomena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun berpotensi terjadi gempa susulan.

Baca Juga: Gempa Mamuju, Cerita ASN Lari Selamatkan Diri dari Lantai 5 Rusun 

2. BMKG belum menerima laporan gempa susulan atau kerusakan

Gempa 5,4 Magnitudo di Pesisir Barat, Warga tak PanikIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Radin Inten II Lampung, Rudi Harianto, menjelaskan, gempa terasa di sejumlah daerah yaitu Liwa Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Tanggamus, dan Kota Bandar Lampung getaran dirasakan nyata dalam rumah. Sedangkan di Teluk Betung Kota Bandar Lampung getaran hanya dirasakan beberapa orang.

"Hingga saat ini belum ada laporan gempa susulan ataupun kerusakan akibat gempa, dan masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada," jelasnya dilansir dari Antara.

3. Warga merasa getaran cukup kecil

Gempa 5,4 Magnitudo di Pesisir Barat, Warga tak PanikPinterest

Sri Rahayu, salah satu PNS bertugas di Puskesmas Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat mengatakan, tak merasakan gempa yang terjadi sore tadi. Namun beberapa teman yang sedang duduk di rumah dinas menurutnya merasakan getaran yang cukup kecil.

"Ada yang kerasa ada yang gak, soalnya aku tadi lagi salat kalau temen-temen yang lain lagi pada duduk katanya mereka ngerasain agak goyang dikit," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon Sabtu (16/1/2021).

Menurutnya, saat ini warga masih beraktivitas seperti biasa tak ada yang panik atau pun mempersiapkan sesuatu jika terjadi gempa susulan. Cuaca di daerah tersebut juga terpantau aman selama satu pekan terakhir.

"Satu minggu kemarin iya sering badai. Kalau satu minggu ini badai cuma tadi pagi aja. Sekarang udah nggak si ombaknya biasa aja anginnya juga normal-normal aja," paparnya.

Baca Juga: Panglima TNI: Jangan Sampai Jatuh Korban Akibat Lambat Tertolong

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya