Comscore Tracker

Erick Thohir Tinjau Langsung Perajin Tapis di Lampung, Beri Tiga Tips

Pembuatan tapis Lampung harus lebih modern

Bandar Lampung, IDN Times - Dukung UMKM daerah, Menteri BUMN Erick Thohir meninjau langsung para perajin atau pelaku usaha di Lampung. Setibanya di Lampung Erick langsung bertandang ke Desa Merak Batin, Natar Lampung Selatan untuk melihat para penrajin Tapis Lampung.

Sesampainya di Desa Merak Batin Erick bersama Wakil Ketua MPR RI Zulkfli Hasan langsung disambut oleh pendekar Badik Lampung dan tarian adat Lampung.

"Sebagai putra daerah Pak Zul mengajak saya kembali ke kampung halaman di Lampung. Kita melihat seni budaya dan tapis Lampung yang sudah langka, sehingga perlu dilestarikan," kata Erick, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga: Hore! Provinsi Lampung Resmi Kantongi Sertifikat Hak Paten Kain Tapis

1. Tiga hal penting harus diberikan pada UMKM

Erick Thohir Tinjau Langsung Perajin Tapis di Lampung, Beri Tiga TipsMenteri BUMN Erick Tohir melihat kerajinan tapis Lampung (IDN Times/Istimewa)

Menurut Erick, ada tiga hal bantuan harus diberikan pada pelaku UMKM, pertama adalah pemasaran produk hasil olahan mereka. Kemudan pendanaan dan yang tidak kalah penting menurutnya pendampingan.

"Karena tapis Lampung tidak mungkin dibuat dengan sistem zaman dulu tapi musti lebih ringan, dan lebih modern. Ini menjadi kunci supaya UMKM kita bisa kembali, akses pemasaran semakin mudah," ungkapnya.

2. Perlu ada keseimbangan dirasakan pelaku UMKM

Erick Thohir Tinjau Langsung Perajin Tapis di Lampung, Beri Tiga TipsBatik tulis Lampung yang dibuat oleh anggota Batik Siger, motif topeng sekura (IDN Times/Silviana)

Erick menegaskan, pemerintah sejak awal telah memiliki tiga prioritas program utama dan telah dilakukan secara konsisten yaitu, Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh.

Dari ketiga program prioritas tersebut, BUMN juga mendukung pertumbuhan UMKM di daerah-daerah. Ia menyebut, pihaknya telah melakukan berbagai macam upaya di antaranya menjalani kerja retail, askes perbankan dan pasar, serta pendanan bagi para pelaku UMKM.

"Kita tentu mengharapkan, keseimbangan juga dapat dirasa pelaku UMKM dengan adanya program-program pemerintah, guna menunjang pertumbuhan perekonomian," ucap Erick.

3. Berharap dapat memberi dampak bagi perekonomian desa

Erick Thohir Tinjau Langsung Perajin Tapis di Lampung, Beri Tiga TipsIlustrasi UMKM: Perajin ulos di Desa Meat, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Salah satu dukungan BUMN terhadap UMKM yaitu, Rumah BUMN. Erick menjelaskan, program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM melalui fasilitas training, konsultasi, dan digitalisasi.

Sehingga, diharapkan dapat memberikan dampak bagi perekonomian daerah sampai ke perdesaaan.

"Tapi untuk program ini, masih akan saya pelajari, yang jelas kita berharap sama-sama bertanggungjawab untuk menghasilkan keseimbangan perekonomian," tandas Erick.

Baca Juga: Eva Dwiana Curhat Kredit UMKM Perbankan Susah, Ini Kata Erick Thohir

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya