Wisuda ke 15 ITERA, Dua Lulusan Toreh Prestasi Internasional

Rektor ITERA paparkan beberapa prestasi ITERA selama 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Sebanyak 604 mahasiswa program sarjana Istitut Teknologi Sumatera (ITERA) diwisuda, Sabtu (15/7/2023). Dalam wisuda ke-15 tersebut, terdapat 117 lulusan jurusan Sains, 204 lulusan jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan dan 283 lulusan jurusan Teknologi Produksi dan Industri.  

Sejak wisuda pertama pada 2016 lalu hingga sekarang, ITERA telah meluluskan sebanyak 4.222 orang. Selama satu tahun terakhir, ITERA tetap aktif mengikuti berbagai kegiatan seperti kejuaraan, perlombaan, dan event di bidang akademik maupun non akademik baik yang berskala internasional, nasional maupun lokal.

Dalam kegiatan wisuda ini, Rektor ITERA I Nyoman Pugeg Aryantha menyebutkan beberapa prestasi di ITERA dalam satu tahun terakhir khususnya di ajang bergengsi Internasional, di mana beberapa mahasiswa di antaranya juga diwisuda hari ini.

Baca Juga: Dosen ITERA Kaji Gelombang Laut, Hindari Terseret Ombak Pantai

1. Dua mahasiswa lulusan ITERA meraih medali emas ajang EUROINVENT 2023 di Romania

Wisuda ke 15 ITERA, Dua Lulusan Toreh Prestasi InternasionalWisuda ke 15 ITERA Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan, mahasiswa berprestasi internasional dan hari ini diwisuda tersebut adalah Radisya Ikhsan dari Prodi Teknik Lingkungan dan Muhammad Nadhif Athalla dari Prodi Teknik Informatika. Mereka bersama empat rekan mahasiswa ITERA lainnya behasil meraih dua prestasi di ajang bergengsi Rumania.

Tak tanggung-tanggung, rektor menyampaikan ketujuh mahasiswa dan tergabung dalam tim perwakilan ITERA ini telah menorehkan prestasi di antaranya menjadi Winner of the Pollution Control Category IASI-Rumania dan Peraih Medali Emas dalam ajang European Exhibition of Creatifity and Innovation (EUROINVENT) 2023 yang di Palace of Culture, Lasi, Rumania.

Selain Radisya dan Muhammad Nadhir, rekan satu tim tersebut yakni Renaldi Manurung dari Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota, Naomi Jesika Sitompul dari Prodi Teknik Sipil, Muhammad Fathurrachman Septiana dan Mochamad Nafis Akmalussyifa dari Prodi Teknik Informatika, dan Matius Romoranda Sitopu dari Prodi Perencanaan Wilayah Dan Kota.

2. Prestasi ITERA di tingkat internasional lainnya

Wisuda ke 15 ITERA, Dua Lulusan Toreh Prestasi InternasionalInstitut Teknologi Sumatera. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Selain itu, rektor juga menyampaikan beberapa prestasi lainnya di tingkat internasional antara lain 2 tim mahasiswa Prodi Teknik Biomedis berhasil meraih 2 Medali Perunggu dalam Ajang Biomedical Sciences and Engineering Exhibition di Malaysia.

Proyek tim pertama berjudul “Innovation of Safe Distance Detection Glasses and Cane for The Visually Impaired” atau inovasi kacamata dan tongkat deteksi jarak aman untuk penyandang tunanetra.

Sedangkan proyek tim kedua berjudul “Design and Development of a Stress Detection System Using Fuzzy Logic Method Based on Arduino Uno” atau perancangan dan pengembangan sistem deteksi stres menggunakan metode logika fuzzy berbasis arduino uno.

“Lalu ada tiga mahasiswa kami di Program Studi Teknik Biomedis juga berhasil terpilih mengikuti Program Internasioal IEEE EMBS Student Mentoring Program 2023,” ujarnya.

3. Prestasi nasional ITERA di bidang akademik dan olahraga

Wisuda ke 15 ITERA, Dua Lulusan Toreh Prestasi InternasionalWisuda ke 15 ITERA Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Sedangkan di skala nasional, Mahasiswa ITERA juga menorehkan prestasinya dibidang olah raga seperti medali emas di Kompetisi Mok’s Taekwondo Championship 4 Piala Pangdam II Sriwijaya, medali perunggu Cabor Panahan Tradisional dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional VII di Jawa Barat, dan satu emas, dua perak, dan satu perunggu di Kejuaraan Pencak Silat Budi Utomo Championship 1 Kota Metro Tahun 2023.

“Kita juga mendapat 9 medali dalam Kejuaraan Daerah Hapkido Lampung Tahun 2023, Medali Emas dalam Ajang Exhibition Olahraga Petanque Antaruniversitas Se-Provinsi Lampung Tahun 2023 di Universitas Lampung, dan dua emas di ajang Panahan Lampung Sirkuit 1 Tingkat Provinsi Lampung,” paparnya.

Sedangkan untuk bidang akademik, ITERA juga berhasil mendapatkan Juara 1 Karya Aplikasi Lampungku dan Juara 2 Karya Aplikasi Telusur pada Lomba Conceptual Design Aplikasi Wisata Lampung Ajang Begawi 2023. 

4. Lulusan ITERA harus menjaga diri dari perbuatan tercela dan terus berkarya di luar kampus

Wisuda ke 15 ITERA, Dua Lulusan Toreh Prestasi InternasionalIlustrasi pelaksanaan UTBK. (IDN Times/Istimewa)

Tak lupa I Nyoman Pugeg Aryantha juga berpesan kepada lulusan ITERA ke 15 agar terus menjaga nama baik ITERA di manapun ia berada. Ia juga berharap para lulusan juga bisa terus berkarya dan berkiprah secara maksimal meski telah lulus dari ITERA. 

“Saya berterima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan Institut Teknologi Sumatera, atas kerjasamanya dalam mendidik mahasiswa hingga bisa membawa nama baik ITERA ke kancah nasional dan internasional,” ujarnya.

Baca Juga: Mahasiswa ITERA Meninggal di Pantai Pesibar Baik dan Pandai Bergaul

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya