Siap-siap, Pemkot Bakal Buka Vaksinasi Rabies Gratis di Bandar Lampung

Vaksinasi akan dilakukan di tiap kantor kecamatan

Intinya Sih...

  • Pemkot Bandar Lampung akan melakukan vaksinasi rabies di 20 kecamatan mulai Maret atau April 2024
  • Vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan gratis dan dilakukan di kantor kecamatan di seluruh Bandar Lampung
  • Pengadaan vaksin rabies gratis ini rencananya akan dilakukan hingga akhir tahun 2024

Bandar Lampung, IDN Times – Pemkot Bandar Lampung melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung akan melakukan vaksinasi rabies di 20 kecamatan mulai Maret atau April 2024.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung, Erwin ketika diwawancarai di kantornya, Kamis (1/2/2024). “Tahun ini ada vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan. Rencananya dalam waktu dekat ini kita laksanakan, mungkin sekitar 1 sampai 2 bulan lagi,” kata Erwin.

Baca Juga: Tenaga Kontrak Pemkot Diduga Koordinator Parkir Liar Masjid Al Furqon

1. Vaksinasi gratis

Siap-siap, Pemkot Bakal Buka Vaksinasi Rabies Gratis di Bandar LampungFreepik

Erwin menyebutkan, vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga masyarakat memiliki hewan berisiko terkena penyakit rabies bisa mendapat vaksin ini.

“Iya gratis. Jadi yang punya hewan khususnya kucing, anjing, dan monyet atau kera ya, bisa langsung datang saja untuk mendapatkan vaksinnya,” ujarnya.

Ia menyebutkan, vaksinasi ini dilakukan di kantor kecamatan di seluruh Bandar Lampung. Lokasi vaksinasi dilakukan terpusat dan tidak door to door dikarenakan untuk efektivitas waktu dan tenaga teknis.  

2. Pemkot menyiapkan 500 vaksin untuk hewan

Siap-siap, Pemkot Bakal Buka Vaksinasi Rabies Gratis di Bandar LampungIlustrasi vaksinasi. (Google)

Terkait jumlah vaksin, Erwin menyebutkan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 500 vaksin rabies untuk diberikan pada hewan peliharaan masyarakat secara gratis.

“Kalau jumlah vaksinnya kita siapkan 500 vaksin untuk sementara. Jadi ada sekitar 500 hewan peliharaan yang akan kita vaksin tahun ini,” imbuhnya. 

Meski begitu, ia mengatakan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan vaksin rabies untuk hewan. Sehingga kebutuhan vaksin ini akan disesuaikan dengan kebutuhan dan antusiasme masyarakat Bandar Lampung.

3. Penambahan vaksin akan dilakukan pada APBD perubahan 2024

Siap-siap, Pemkot Bakal Buka Vaksinasi Rabies Gratis di Bandar LampungKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Erwin menambahkan, pengadaan vaksin rabies gratis ini rencananya akan dilakukan hingga akhir tahun 2024. Pengadaannya akan diajukan melalui APBD perubahan Pemkot Bandar Lampung mendatang.

Ia berharap, adanya vaksinasi rabies ini, risiko penularan virus rabies dari hewan ke manusia melalui gigitan khususnya di Kota Bandar Lampung bisa dicegah.
 
“Apalagi yang namanya hewan peliharaan ini dekat dengan pemilik atau manusia, sehingga risiko manusia digigit itu sangat tinggi. Yang dikhawatirkan adalah ketika hewan ini terinfeksi virus rabies. Jadi kalau hewan sudah bebas rabies maka aman juga bagi manusia,” katanya.

Baca Juga: Wali Kota Eva Angkat Bicara Rencana Penutupan Superblok Way Halim

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya