Ramadan 2023 Ada Pasar Murah dan Bazar Takjil di Bandar Lampung

Pemkot anggarkan Rp400 juta untuk pasar murah Ramadan 2023

Bandar Lampung, IDN Times - Menjelang Ramadan 1444 Hijriah, Pemerintah Kota Bandar Lampung akan kembali menggelar pasar murah di 20 kecamatan.

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana mengatakan, pihaknya akan memastikan kecukupan pangan masyarakat dengan menyediakan kebutuhan pokok masyarakat tersebut hingga H-2 lebaran melalui pasar murah ini. Sehingga masyarakat tidak perlu mengeluh akan sulitnya mencari bahan pangan pokok atau tingginya harga produk.

“Kita ada pasar murah di semua kecamatan nanti. Jadi nanti masyarakat gak perlu khawatir karena semua akan tercukupi sampai H-2 lebaran,” katanya, Senin (20/3/2023).

Baca Juga: Tak Ada Dana, DKP Harus Ajukan Proposal untuk Bantuan Asuransi Nelayan

1. Tiap kecamatan bakal ada tiga titik pasar murah

Ramadan 2023 Ada Pasar Murah dan Bazar Takjil di Bandar LampungIlustrasi telur. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, Wilson Faisol menambahkan, agar pelaksanaan pasar murah lebih kondusif, pihaknya juga sudah mendesain untuk membagi tiga titik pasar murah untuk tiap kecamatannya.

“Kita infokan pada kecamatan, lurah, RT-nya mana titik terdekat di kecamatannya. Supaya nanti lebih kondusif dan tidak berebut dibanding satu kecamatan satu titik. Jadi nanti total ada 60 titik pasar murah,” terangnya.

Ia mengatakan, untuk kebutuhan pokok dijual adalah sembako seperti beras, telur, minyak, tepung, daging ayam, sampai alat keperluan harian seperti sabun mandi, sampo, dan pasta gigi.

“Kita anggarkan pasar murah di 60 titik kali ini semua sekitar 400 juta. Ya kita harapkan pasar murah ini berjalan lancar dan masyarakat bisa terbantu,” ucapnya.

2. Bazar takjil di depan kantor pemkot kembali digelar

Ramadan 2023 Ada Pasar Murah dan Bazar Takjil di Bandar LampungBazar takjil Pemkot Bandar Lampung 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Tak hanya pasar murah, Eva Dwiana mengatakan pihaknya juga akan kembali mengadakan bazar takjil di pelataran Kantor Dukcapil Pemkot Bandar Lampung seperti tahun lalu.

Ia optimistis, kali ini bazar takjil akan ramai dikunjungi oleh masyarakat. Diketahui tahun lalu bazar takjil di depan kantor pemkot memang hanya berlangsung selama seminggu saja. Pasalnya, bazar takjil Ramadan tersebut tidak terlalu ramai sehingga pedagang berangsung berkurang.

"Iya kita adakan lagi bazar takjil tahun ini seperti kemarin (tahun lalu). Kita harus mengajak dan memberi tahu semuanya kalau di halaman Pemkot Bandar Lampung ada bazar. Kendala tahun lalu itu kan karena masyarakat banyak yang belum tahu kalau ada bazar," jelas Eva.

3. Bazar takjil ini akan diisi pedagang UMKM di Jalan Gatot Subroto

Ramadan 2023 Ada Pasar Murah dan Bazar Takjil di Bandar LampungBazar takjil Pemkot Bandar Lampung 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva juga meminta masyarakat untuk datang dan meramaikan bazar takjil di depan Kantor Pemkot Bandar Lampung tahun ini karena bazar tersebut terbuka untuk umum. Selain itu, bazar ini juga diisi oleh berbagai macam jajanan dari UMKM lokal.

“Kita akan gencarkan lagi tahun ini. Mungkin nanti kita akan woro-woro kalau ada jualan takjil di halaman Pemkot Bandar Lampung. Bunda minta semuanya juga ikut kasih tau temannya," imbuhnya.

Bazar takjil selama Ramadan ini nantinya akan diisi oleh UMKM binaan dari dinas perindustrian, perdagangan biasa mengisi Taman UMKM Bung Karno dan pedagang sekitar Kota Bandar Lampung. Bazar mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman, hingga buah.

Baca Juga: Tempat Hiburan di Bandar Lampung Wajib Tutup Selama Ramadan 2023

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya