PMI Lampung Butuh 6.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Stok Aman?

PMI Lampung punya banyak program menarik bagi relawan donor

Bandar Lampung, IDN Times - Kebutuhan darah Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung mencapai 6.000 kantong darah per bulan. Agar kebutuhan itu terpenuhi, PMI mengajak masyarakat untuk melakukan donor darah rutin di PMI Lampung dan unit kerjanya.

Kabag Humas dan Pelayanan Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung, Joni menyebutkan kebutuhan darah di PMI memang sebagian besar didapatkan dari para relawan donor darah.

“Kebutuhan PMI per bulan itu rata-rata antara 5000-6000 kantong, jadi sehari yang harus masuk ke PMI 150-200 kantong. Sedangkan kita seharinya bisa mendapat sekitar 40-50 relawan dan 100 orang di akhir pekan,” katanya, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Pasutri Lambar Terkapar Bersimbah Darah, Suami Tewas dan Istri Ditusuk

1. Pasokan golongan darah AB selalu paling sedikit

PMI Lampung Butuh 6.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Stok Aman?Unit Donor Darah PMI Lampung. (Google Review/Krama Yudha)

Meski stok darah di PMI Lampung terbilang cukup banyak, namun Joni mengatakan pihaknya masih terus membutuhkan pasokan darah dari para relawan donor darah untuk di dropping ke rumah sakit di Lampung.

“Per 13 November 2023 pukul 14.00 WIB stok darah kita ada 1.871 kantong. Tapi stok ini real time dan berubah-ubah. Kalau terbanyak itu golongan darah O ada 1.377 kantong dan paling sedikit golongan AB itu 294 kantong,” jelasnya.

Joni menyebutkan, untuk stok darah dibagi menjadi empat jenis yakni Whole Blood (darah lengkap), Package Red Cell (sel darah merah), Trombocyte (trombosit), dan Fresh Frozen Plasma (sel darah putih beku).

“Pertama donor itu kan bentuknya darah lengkap, setelah di cek darahnya bebas penyakit (Hepatitis B, Hepatitis C, Sifilis, dan HIV), dipisah-pisahkan jadi beberapa komponen darah namanya," katanya.

Ia mengatakan pasien biasanya hanya membutuhkan sel darah merahnya saja, sedangkan trombosit biasanya digunakan untuk pasien DBD dan Fresh Frozen Plasma biasanya untuk luka bakar.

2. Menggiatkan kegiatan donor darah dari luar

PMI Lampung Butuh 6.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Stok Aman?Kabag Humas dan Pelayanan Darah PMI Lampung, Joni Herlambang. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Joni menyampaikan, pihaknya saat ini sedang berupaya meningkatkan relawan donor darah dari luar (mobil unit). Itu karena, sampai saat ini jumlah relawan donor darah masih banyak dari relawan yang mendonor lewat kantor PMI Lampung.

“Jadi bukan perolehan darah yang dari kantor sini. Tapi dari luar atau kita nyebutnya mobil unit. Ini biasanya kita ambilnya di instansi, kampus, sekolah, dan sebagainya. Perbandingannya masih 65:35. Jadi masih sedikit yang dari luar, kami inginnya minimal seimbang,” jelasnya.

3. Program menarik PMI Lampung untuk relawan donor darah

PMI Lampung Butuh 6.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Stok Aman?Ilustrasi donor darah (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Untuk mendukung kegiatan donor darah ini, Joni mengatakan PMI Lampung memiliki banyak program menarik di antaranya adalah lucky draw bagi relawan donor di akhir pekan, sehingga pendonor bisa memutar roullete.

“Hadiahnya memang gak besar hanya seperti lunch box, tumbler, dan lain-lain. Kalau zonk juga biasanya kita kasih snack gitu,” imbuhnya.

Selain itu, Joni mengatakan saat ini pihaknya sedang berusaha memfasilitasi ruangan senyaman bagi pedonor dan dalam waktu dekat juga akan dibangun kantin yang dibuat menyerupai kafe.

4. Lokasi donor darah di Lampung

PMI Lampung Butuh 6.000 Kantong Darah Tiap Bulan, Stok Aman?Alodokter

Jika masyarakat ingin mendonorkan darahnya, Joni mengatakan ada beberapa lokasi bisa dituju yakni kantor PMI Lampung di Jalan Samratulangi (dekat RSUD Abdoel Moeloek).

“Kalau yang di kantor sini setiap hari kita melayani, kemudian ada juga PMI Telukbetung Utara dekat BI itu hanya buka Jumat saja untuk pelayanan donor darahnya. Kemudian ada juga di MBK (Mall Boemi Kedaton) itu tiap weekend dari jam 3 sore sampai 8 malam,” ujarnya.

Baca Juga: Viral Pemilik Warung Buang Semua Produk Israel, Ini Kata MUI Lampung

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya