Pemkot Bandar Lampung Tak Buka Formasi CPNS 2023, Ada Apa?

Formasi PPPK 2023 kemungkinan untuk dinas kesehatan saja

Bandar Lampung, IDN Times - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengumumkan pembukaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilaksanakan pada 15 September 2023 mendatang. Dalam pengumuman itu pula Kemenpan RB menyebutkan jumlah formasi ditiap provinsinya.  

Namun dalam Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 212 /PMK.07 /2022 Tentang Ketentuan Umum Bagian Dana Alokasi Umum Tahun Anggaran 2023, jumlah formasi di Lampung hanya diberikan untuk PPPK saja yakni sebanyak 7.130 guru dan 706 nakes.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Kepegawaian Kota Bandar Lampung, Herliwaty mengatakan formasi CPNS untuk di pemerintahan daerah khususnya Pemkot Bandar Lampung tidak ada.

“Belum ada. Tapi CPNS memang gak ada sepertinya, jadi pemerintah daerah itu gak ada, hanya di tingkat kementerian saja yang buka,” katanya ketika dikonfirmasi IDN Times, Minggu (30/7/2023)

Baca Juga: Ancam Tak Beri Pekerjaan ke Ortu, Majikan di Tanggamus Perkosa Remaja

1. Jumlah formasi PPPK di Bandar Lampung

Pemkot Bandar Lampung Tak Buka Formasi CPNS 2023, Ada Apa?Kepala Badan Kepagawaian Daerah Kota Bandar Lampung, Herliwaty. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Herliwaty menyebutkan, Bandar Lampung kemungkinan hanya akan membuka formasi untuk PPPK atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja saja.

Namun meski kuota PPPK dari pusat sudah dibagikan yakni untuk Bandar Lampung sebanyak 1.820 guru dan 396 nakes, Herliwaty mengatakan jumlah formasi itu akan tetap disesuaikan dengan kebutuhan di pemda masing-masing.

“Jadi kita masih belum tahu ya berapa pastinya jumlah formasi itu. Dari kita juga masih mendata kira-kira formasi apa saja yang dibutuhkan,” ujarnya.

2. Formasi PPPK tahun ini akan diisi untuk OPD dinas kesehatan saja

Pemkot Bandar Lampung Tak Buka Formasi CPNS 2023, Ada Apa?PPPK Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Namun dengan pertimbangan pembukaan PPPK untuk dinas pendidikan (guru) selama dua tahun berturut-turut, Herliwaty menyebutkan kemungkinan tahun ini pihaknya akan membuka formasi untuk dinas kesehatan saja.

“Selama 2 tahap kita memang mendahulukan dari dinas pendidikan (guru), pertama 1.166 orang dan sekarang 304 orang. Kemudian di (pembukaan) 2023 kemungkinan dinkes,” ujarnya.

Ia melanjutkan, itu dikarenakan pertimbangan anggaran pemda saat ini, gaji PNS dan PPPK dibiayai oleh pemkot. “Formasi itu memang ada pertimbangan anggaran juga soalnya sekarang kan semua (gaji) dibiayai daerah. Hanya beberapa bulan di awal saja dibiayai pusat,” lanjutnya.

3. Mendahulukan pegawai sepuh untuk diangkat PPPK

Pemkot Bandar Lampung Tak Buka Formasi CPNS 2023, Ada Apa?Ilustrasi PNS (ANTARA FOTO/den)

Ia juga menyampaikan, seperti apa yang diminta oleh Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, pihaknya akan memprioritaskan pegawai kontrak (honorer) sepuh pada pembukaan PPPK tahun ini.

“Seperti yang disampaikan bu wali kota, kita akan mendahulukan yang sepuh-sepuh dulu dan yang sudah mengabdi lama seperti 10-20 tahunan. Supaya bisa lebih cepat diangkat (PPPK),” katanya.

Menurutnya, karena PPPK juga memiliki batas usia pensiun sehingga pihak pemkot tak ingin pegawai diangkat nanti hanya menerima gaji PPPK selama satu atau dua tahun saja. 

Baca Juga: Cegah Stunting jadi Lentera Abdi Setiawan Melayani di Pedalaman Papua

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya