Job Fair SMKN 5 Balam, Undang 17 Perusahaan dan Terbuka untuk Umum

Ada beberapa acara menarik seperti seminar dan bazar

Bandar Lampung, IDN Times - SMK Negeri 5 Bandar Lampung kembali mengadakan job fair setelah vakum sejak pandemik COVID-19. Tak hanya menargetkan siswa SMKN 5, job fair ini juga terbuka untuk siswa dan alumni SMK seluruh Bandar Lampung dan umum.

“Job fair kan tujuan utamanya memang untuk mempertemukan industri dengan calon pekerja dalam hal ini siswa SMK. Tapi meski sekolah kami yang mengadakan job fair, kegiatan ini tidak hanya untuk siswa kami saja tapi untuk alumni, siswa SMK lain dan umum,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ferry Kurnia Ratna Dewi kepada IDN Times, Kamis (23/11/2023).

Ferry Kurnia mengatakan Job Fair SMKN 5 Bandar Lampung ini akan dilaksanakan 28-29 November 2023 mulai pukul 08.30-15.30 WIB.

Baca Juga: Satu-satunya di Lampung, Jurusan Kriya SMKN 5 Balam Ciptakan Wirausaha

1. Ada 17 perusahaan partisipasi job fair

Job Fair SMKN 5 Balam, Undang 17 Perusahaan dan Terbuka untuk UmumJob Fair SMKN 5 Bandar Lampung. (IDN Times/Istimewa)

Tak tanggung-tanggung, ada 17 perusahaan rekruter hadir di SMKN 5 untuk mencari SDM dari. Beberapa perusahaan itu di antaranya adalah Indojapan MTA (magang Jepang), PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), dan PT Unggaran Sari Garment.

“Ada juga perusahaan dealer atau showroom, bank, dan masih banyak lagi. Ini memang salah satu upaya kita untuk mewadahi para siswa SMK khususnya siswa kami menemukan perusahaan impian mereka,” kata Ferry. 

Untuk mengikuti kegiatan ini, pengunjung dapat langsung hadir ke SMKN 5 Bandar Lampung tanpa registrasi terlebih dahulu. Itu karena, untuk mengikuti acara job fair tidak dipungut biaya alias gratis.

2. Beberapa acara dan stand menarik job fair

Job Fair SMKN 5 Balam, Undang 17 Perusahaan dan Terbuka untuk UmumSiswa jurusan kriya logam SMKN 5 Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ferry menyampaikan, tak hanya ada stand perusahaan saja tapi juga ada seminar pekerjaan terbuka untuk umum dan beberapa stan menarik baik dari sponsor maupun dari siswa-siswa SMKN 5 Bandar Lampung.

“Nanti selain dari perusahaan juga ada seminar kebekerjaan, stand UMKM kuliner, stand dari sponsor, dan stan atau bazar dari siswa SMKN 5 Bandar Lampung,” ujarnya.

Ia menyebutkan, stan karya dari siswa Jurusan Kriya yakni Kriya kreatif batik dan tekstil, Kriya kreatif kayu dan rotan, serta Kriya kreatif logam dan perhiasan.

“Karya anak jurusan kriya akan ditampilkan di techno park, kalau jurusan TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor) itu ada kerja sama dengan Honda untuk service motor, multimedia ada jual pernak pernik seperti mug atau pameran film,” jelasnya.

3. Ajang mengenalkan SMKN 5 kepada siswa SMP

Job Fair SMKN 5 Balam, Undang 17 Perusahaan dan Terbuka untuk UmumSiswa jurusan kriya tekstil SMKN 5 Bandar Lampung. (IDN Times/istimewa)

Selain itu, job fair ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk mengenalkan SMKN 5 Bandar Lampung kepada publik dan calon siswa yakni lulusan SMP. Seperti mengenalkan jurusan-jurusan di SMKN 5 dan fasilitasnya.

Diketahui SMKN 5 Bandar Lampung memiliki 7 program studi atau jurusan yakni Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor, Desain Komunikasi Visual, Animasi, Kriya kreatif batik dan tekstil, Kriya kreatif kayu dan rotan, serta Kriya kreatif logam dan perhiasan.

“Untuk jurusan kriya ini termasuk yang langka di Lampung. Karena satu-satunya jurusan kriya di Lampung hanya di SMKN 5 Bandar Lampung saja,” tutur Ferry.

Baca Juga: Babak Baru! Kasus Joki CPNS Mahasiswa ITB di Lampung Naik Penyidikan

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya