Comscore Tracker

Event Apeksi, 84 Wali Kota Bakal Gowes hingga 2,9 Km di Bandar Lampung

84 wali kota sudah konfirmasi hadir

Bandar Lampung, IDN Times - Meski acara Gowes Sepeda pada acara APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia) 2022 Bandar Lampung Sabtu (28/5/2022) mendatang memiliki jarak tempuh 2,9 km, pemula dipastikan tetap nyaman dan aman mengikuti acara gowes.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Bandar Lampung, Ariawan ketika menyiapkan sepeda-sepeda untuk Gowes Santai di Kantor Pemkot Setempat, Kamis (26/5/2022).

“Karena kita sudah estimasikan untuk pemula atau yang tidak pernah bersepeda jauh itu paling tidak waktu tempuhnya 40 menit, sedangkan yang hobi apalagi profesional itu sekitar 21 menit. Kita sudah coba 3 kali bahkan tadi sudah gladi lagi,” kata Ariawan.

1. 84 walikota sudah konfirmasi hadir Apeksi 2022

Event Apeksi, 84 Wali Kota Bakal Gowes hingga 2,9 Km di Bandar LampungSepeda untuk Gowes Santai APEKSI 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ariawan menjelaskan, sampai saat ini sudah ada sekitar 84 wali kota mengkonfirmasi hadir acara Apeksi 2022 di Kota Bandar Lampung. Tak hanya wali kota, tapi juga beberapa istri wali kota, menteri, dirjen, dan muspida juga akan ikut acara gowes sepeda ini.

“Saya juga diminta bu wali supaya kalau bisa kepala dinas juga diminta untuk ikut acara ini,” katanya.

Ariawan mengatakan, pihaknya sudah menyediakan sekitar 200 sepeda untuk acara ini. Pantauan IDN Times, sepeda-sepeda terparkir di halaman parkir pemkot tersebut sudah terpasang nomor sepeda hingga sekitar 217 buah.

Baca Juga: Apeksi 2022 di Bandar Lampung, Tingkat Hunian Hotel Meningkat

2. Ambulans dan pikap untuk sepeda bermasalah

Event Apeksi, 84 Wali Kota Bakal Gowes hingga 2,9 Km di Bandar LampungKepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandar Lampung, Ariawan. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ia juga memastikan, bagi pesepeda pemula tidak perlu merasa ragu untuk mengikuti kegiatan ini. Itu karena panitia gowes juga sudah menyiapkan sekitar 6 ambulans

“Selain ambulans, kita juga siapkan (mobil) pikap untuk membawa sepeda, takutnya ada troubel (masalah) di sepeda peserta. Jadi supaya tidak membuang waktu sepeda bisa langsung ganti,” ujar Ariawan.

Sedangkan untuk sterilisasi jalanan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas perhubungan dan Pol PP, lalu ditindaklanjuti ke polresta. Acara ini juga nantinya akan dibuka dengan voorijder.

3. Acara gowes dimulai pukul 06.00 WIB

Event Apeksi, 84 Wali Kota Bakal Gowes hingga 2,9 Km di Bandar LampungSepeda untuk Gowes Santai APEKSI 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Ariawan mengatakan persiapan gowes akan dimulai pukul 06.00 WIB diselingi acara pembukaan singkat oleh Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana. Atart gowes dimulai pada pukul 06.30 WIB.

“Kami berharapnya ke 98 wali kota bisa hadir semua. Dipastikan cukup semua karena saya bahkan memperkirakan semua peserta itu 150an saja, jadi pasti cukup,” katanya.

Selain ada tim pembuka jalur yang dikoordinasikan oleh Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah. Nantinya akan ada tim sweeper yang membelakangi dan di samping peserta urutan paling akhir.

4. Rute gowes

Event Apeksi, 84 Wali Kota Bakal Gowes hingga 2,9 Km di Bandar LampungGedung Satap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sedangkan untuk rute gowes, Ariawan mengatakan peseta akan mulai start di Kantor Pemkot Bandar Lampung melalui Jalan Dokter Susilo, lalu di Bundaran Lungsir belok kanan.

“Sampai di Tugu Adipura belok ke kanan lagi baru masuk ke Jalan Jenderal Sudirman. Setelah itu masuk Jalan Gatot Subroto dan selesai di RRI,” katanya.

Begitu sampai di RRI, ia menjelaskan semua peserta akan memarkir sepeda. Kemudian peserta akan berjalan kaki sepanjang 900 meter di lokasi Taman Wisata Kuliner UMKM Bung Karno.

“Di sana mereka menikmati UMKM, berfoto dan sebagainya kami perkirakan sekitar satu jam lah. Estimasi finish sampai ke rumah dinas wali kota terakhir itu 8.30 paling lambat dengan catatan 6.30 sudah mulai,” jelasnya.

Baca Juga: 79 Pengemudi Peserta dan Tamu Apeksi Jalani Tes Urine, Hasilnya?

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya