Catat! Di sini Titik WiFi Gratis di Bandar Lampung!

Mayoritas layanan wifi gratis tersedia di kantor pemerintah

Bandar Lampung, IDN Times - Menuju kota pintar atau Smart City Bandar Lampung, Pemerintah Kota Bandar Lampung menyediakan sarana WiFi gratis untuk masyarakat Kota Bandar Lampung.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintahan Kota Bandar Lampung, Dirmansyah, Minggu (10/12/2023). Ia mengatakan, ada sejumlah titik spot WiFi tanpa password dan bisa digunakan bebas baik warga domisili Bandar Lampung maupun pendatang.

“Saya rasa masyarakat perlu tahu bahwasanya pemkot juga menyediakan sarana WiFi gratis, tak lain agar Bandar Lampung menuju kota pintar atau smart city,” kata Dirmansyah.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Tempat Ngegym di Lampung, Murah dan Nyaman!

1. Pemkot klaim ada 197 titik WiFi gratis di Bandar Lampung

Catat! Di sini Titik WiFi Gratis di Bandar Lampung!Ilustrasi wifi gratis. (Pixabay.com/geralt)

Untuk lokasinya, Dirmansyah menyebutkan titik WiFi gratis ini ada di kantor satu atap Pemkot Bandar Lampung, kantor kecamatan, kantor kelurahan, taman-taman seperti Taman UMKM Bung Karno, Pulau Pasaran, dan beberapa titik lainnya.

“Jadi bebas dipakai ya untuk WiFi gratis di sarana publik ini. Misalnya masyarakat mau pakai WiFi di kantor pemkot (satap) bisa datang langsung dan terkoneksi tanpa pakai password,” jelasnya.

Ia menyebutkan, ada total 197 titik WiFi gratis di Bandar Lampung yakni di 126 kantor kelurahan, 20 kantor kecamatan, 44 perkantoran, dan 7 area publik. WiFi ini sudah terpasang mulai 2020 lalu bertahap hingga 2022.

2. WiFi gratis untuk ladang ilmu dan peningkatan ekonomi rakyat

Catat! Di sini Titik WiFi Gratis di Bandar Lampung!Plt. Kadis Kominfo Bandar Lampung, Dirmansyah. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Selain bertujuan membangun smart city, WiFi gratis ini juga diharapkan Dirmansyah agar masyarakat bisa lebih banyak mengakses pengetahuan dan melihat tren lewat internet atau sosial media.

Ia juga mengatakan, pihaknya selalu mendukung perekonomian masyarakat sehingga dengan WiFi gratis, wirausaha atau UMKM di Bandar Lampung bisa lebih mudah dan cepat memasarkan produknya di marketplace.

“Sebagaimana fokus ibu wali kota juga ya yang sangat mendukung UMKM kita. Sehingga diharapkan UMKM bisa akses internet lebih mudah untuk memasarkan produknya. Sehingga ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga,” ujarnya.

3. Pelayanan pemkot akan perlahan berubah semua berbasis elektronik

Catat! Di sini Titik WiFi Gratis di Bandar Lampung!Kantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Dirmansyah menambahkan, rencana ke depan pihaknya akan melakukan pelayanan pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) secara menyeluruh. Di mana beberapa OPD juga akan melakukan perbaharuan aplikasi untuk pelayanan publik masyarakat.

“Seperti pelayanan perizinan dan kependudukan kita kan sudah (ada yang) online. Berawal dari ini ke depan akan lebih banyak layanan online yang disedikan oleh pemerintah kepada masyarakat,” imbuhnya. 

Meski ia berharap masyarakat bisa lebih mudah memberikan dan menerima informasi di dunia maya, ia juga mengimbau agar masyarakat bisa cerdas juga dalam menggunakan media sosial.

Baca Juga: Beli Air Ev di Lampung Garansi Baterai Seumur Hidup, Promo Akhir Tahun

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya