2024 Pemkot Siapkan Rp5 Miliar Subsidi Pinjaman Tanpa Bunga

Hingga saat ini baru ada 15 UMKM mendapat bantuan ini

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung telah mengalokasikan anggaran daerah sebesar Rp5 miliar untuk subsidi bunga pinjaman pada program pinjaman modal tanpa bunga 2024.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Selasa (12/12/2023). Diketahui Pemkot Bandar Lampung saat ini memang sedang menggalakkan program kesejahteraan masyarakat berupa pinjaman modal tanpa bunga untuk UMKM.

Progam tersebut telah diinisiasi Eva sejak dirinya menjabat 2021 lalu. Namun program ini baru bisa direalisasikan awal 2023.

“Pemkot sudah siapkan Rp5 miliar untuk pinjaman tanpa bunga. Ayo dong pada daftar, pinjamannya dari Rp25-50 juta lho!,” kata Eva Dwiana.

Baca Juga: TKD AMIN Lampung Ogah Beri Pendampingan Hukum ke Komika Aulia Rakhman

1. Baru ada 15 UMKM menerima bantuan modal tanpa bunga

2024 Pemkot Siapkan Rp5 Miliar Subsidi Pinjaman Tanpa BungaRadja Pizza, salah satu UMKM Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Eva mengatakan, jumlah UMKM mendapatkan pengajuan modal program pinjaman tanpa bunga sampai saat ini baru 15 UMKM saja. Ia menilai, angka tersebut masih terlalu kecil sehingga dirinya mengajak UMKM untuk bisa ikut mendaftar.

“Soalnya baru 15 (UMKM) nih. Mungkin karena sosialisasinya kurang ya jadi pada belum tahu. Jadi sekarang kan udah tahu, bisa langsung daftar aja ke dinas perindustrian kota. Bapak ibu tinggal bayar pokok (pinjamannya) saja, bunganya Bunda yang bayar,” ujarnya.

Eva menyebutkan, target subsidi sebesar Rp5 miliar tersebut rencananya akan direalisasikan pada 2024 mendatang dengan target 1.000 UMKM.

2. Setelah UMKM, akan menyasar warung atau pedagang kecil

2024 Pemkot Siapkan Rp5 Miliar Subsidi Pinjaman Tanpa Bunganama warung kelontong (Twitter.com/nocontextwarung)

Selain UMKM, Eva mengatakan target pemkot juga akan menyasar pada warung-warung kelontong atau pedagang kecil di wilayah Bandar Lampung. Sehingga tak hanya industri saja, pedagang juga bisa menerima manfaat program. 
 
“Supaya wirausaha kita hebatnya bisa seperti pengusaha besar. Penghasilan masyarakat kita bisa sehebat pengusaha besar. Maka kita harus bisa mengayomi pegiat usaha,” imbuhnya.

Eva berharap, peningkatan kualitas UMKM di Bandar Lampung bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan potensi pariwisata Kota Tapis Berseri.

3. UMKM boleh titipkan produknya

2024 Pemkot Siapkan Rp5 Miliar Subsidi Pinjaman Tanpa BungaKantor Satu Atap Pemkot Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Eva mengajak UMKM Bandar Lampung untuk mengisi tempat khusus UMKM seperti di Sentra IKM Tapis di Stadion Mini Kalpataru atau kios khusus UMKM Wayhalim.

“Kita kan punya tempat khusus UMKM seperti di Way Halim itu, kalau mau naruh produk di sana silakan. Yang belum punya outlet sendiri atau yang sudah punya outlet juga boleh titip produk di sana,” ujarnya.

Selain itu, Eva mengatakan Gedung Sentra UKM di Bandar Lampung yakni sebagai rumah pengemasan di Bandar Lampung sudah hampir siap. Sehingga UMKM bisa menggunakan jasa pengemasan di sana dengan harga bersaing.

Baca Juga: Pemkot Bantu Daftarkan HKI dan Sertifikasi Halal 107 UMKM Gratis

Topik:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya