Update COVID-19 Provinsi Lampung per 11 Juli 2020, Nihil Kasus Positif

Tambah dua kasus PDP

Bandar Lampung, IDN Times - Jumlah pasien positif COVID-19 di Provinsi Lampung per Sabtu (11/7/2020) kembali dinyatakan nihil. Namun ada penambahan dua kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana dilansir dari Antara mengatakan, dua penambahan PDP menambah daftar jumlah kumulatif PDP di Provinsi Lampung sebanyak 187 orang. Itu meliputi tujuh orang dalam masa isolasi, 148 orang dinyatakan sembuh, dan 32 orang meninggal dunia.

"Penambahan pasien PDP satu orang berasal dari Bandar Lampung, dan seorang dari Lampung Selatan. Selain itu untuk kasus terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini total keseluruhan kasus ada 205 kasus, 29 orang diisolasi, 164 orang dinyatakan sembuh, 12 orang meninggal dunia," ucapnya.

Secara keseluruhan berdasarkan data yang ada, Kota Bandar Lampung menjadi penyumbang kasus positif COVID-19 terbanyak yakni, 101 kasus positif, 7 orang meninggal dunia, 78 sembuh, dan 16 orang dalam perawatan.

1. Tidak ada penambahan kasus ODP dan OTG

Update COVID-19 Provinsi Lampung per 11 Juli 2020, Nihil Kasus PositifIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Reihana menjelaskan, tidak ada penambahan kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) ataupun Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Jumlah ODP ada 85 orang dalam masa pemantauan, 3.605 orang selesai dipantau, 10 orang meninggal dari total kumulatif kasus sebanyak 3.700 orang. Selain itu kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) di Provinsi Lampung tercatat ada 181 orang, tidak ada penambahan kasus semua tetap," katanya.

2. Sudah periksa 2.927 sampel swab test

Update COVID-19 Provinsi Lampung per 11 Juli 2020, Nihil Kasus PositifIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat telah dilakukan pemeriksaan 2.927 sampel uji usap (swab test) pasien menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Saat ini tercatat secara keseluruhan di Provinsi Lampung telah ada 2.927 sampel uji usap pasien yang diperiksa oleh tenaga kesehatan melalui TCM ataupun PCR," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Sabtu (11/7/2020).

Ia menjelaskan, dari total keseluruhan sampel uji usap yang telah diperiksa ada 201 sampel yang dinyatakan positif COVID-19. “Sedangkan pada tanggal 10 Juli ada 64 sampel diperiksa serta tidak ada yang dinyatakan positif COVID-19," katanya.

Baca Juga: Gubernur Lampung: Rapid Test Penting Tapi Tidak Terlalu Mendesak

3. Lima kabupaten zona hijau, satu zona oranye

Update COVID-19 Provinsi Lampung per 11 Juli 2020, Nihil Kasus PositifPesona Travel

Di Provinsi Lampung terdapat lima kabupaten berzona hijau, sejumlah daerah di zona kuning serta satu daerah di zona oranye

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, menyatakan, zona setiap hari dapat berubah tergantung penambahan atau pengurangan kasus. Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Tulangbawang Barat, Way Kanan, dan Metro berada di zona hijau.

Sedangkan Bandar Lampung di zona oranye, dan sejumlah kabupaten lain di zona kuning. Satu di antaranya daerah zona kuning adalah Kabupaten Pringsewu.

 

4. Tiga strategi antisipasi gelombang kedua COVID-19

Update COVID-19 Provinsi Lampung per 11 Juli 2020, Nihil Kasus PositifIlustrasi Masker (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamad Torokman)

Meski Provinsi Lampung akan menerapkan adaptasi normal baru, masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta mengantisipasi terjadinya gelombang kedua COVID-19.

"Ada tiga strategi untuk menghadapi gelombang kedua yaitu meningkatkan kapasitas mendeteksi, melalui perluasan tracing, lalu meningkatkan kapasitas mencegah yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan menjaga pintu masuk. Terakhir meningkatkan respon melalui peningkatan petugas survailans dan pusat pelayanan kesehatan yang ada," ucapnya.

5. Terima bantuan pemenuhan kebutuhan bagi perempuan dan anak

Update COVID-19 Provinsi Lampung per 11 Juli 2020, Nihil Kasus PositifIlustrasi (Facebook.com/AniesBaswedan)

Pemerintah Provinsi Lampung menerima bantuan berupa pemenuhan kebutuhan spesifik atau khusus bagi perempuan dan anak rentan terdampak COVID-19. Bantuan dari dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

"Bantuan berupa paket kebutuhan khusus itu selanjutnya diserahkan kepada seluruh kabupaten dan kota melalui Dinas PPPA se Provinsi Lampung," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung, Theresia Sormin.

Ia menambahkan, jumlah bantuan 854 paket khusus. Bantuan spesifik diperuntukkan untuk anak dan perempuan dengan lima kriteria untuk anak dan empat kriteria untuk perempuan. "Seluruh kabupaten dan kota se- Provinsi Lampung mendapatkan masing-masing sejumlah 57 paket dan Kabupaten Lampung Timur menerima 56 paket," jelasnya.

 

Baca Juga: Lampung Timur Catat Kasus Positif COVID-19 Pertama

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya