Comscore Tracker

Melongok Uji Coba PTM di Sekolah Lamsel, Bupati Banyak Beri Wejangan

Jangan lengah prokes ya

Lampung Selatan, IDN Times - Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto meninjau uji coba Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka, Senin (20/9/2021). Ia meninjau KBM Tatap Muka di SD Negeri 1 Way Urang dan SMP Negeri 1 Kalianda.

KBM Tatap Muka merujuk Surat Edaran Bupati Lampung Selatan Nomor: 40/STC-19/2021 tanggal 16 September 2021 tentang Pemantauan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Itu ditujukan kepada Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan di Lampung Selatan.

1. Nanang minta awal KBM fokus suasana akrab dan nyaman bagi siswa

Melongok Uji Coba PTM di Sekolah Lamsel, Bupati Banyak Beri WejanganBupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto meninjau uji coba Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Tatap Muka, Senin (20/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Saat meninjau ke SD Negeri 1 Way Urang Nanang menyatakan, pelaksanaan belajar-mengajar para guru atau wali kelas tidak terlalu memberikan materi pembelajaran yang berat. Pasalnya, KBM Tatap Muka baru dilaksanakan.

“Alhamdulillah pada hari ini kita telah melaksanakan KBM Tatap Muka. Sebelumnya kita melakukan daring yang hampir dua tahun lamanya, saya kira para murid telah lama tidak saling berinteraksi, ini secara psikologis akan mengganggu, tegang mereka. Maka saya minta rilekin dulu mereka, satu minggu ini mari kita ciptakan suasana yang akrab dan nyaman di sekolah. Jangan diberikan materi yang berat-berat dulu,” ucapnya.

Nanang tak menampik, belajar daring harus dilalui siswa selama pandemik ada efek psikologis dan membuatnya prihatin. Namun ia yakin, para pelajar akan bangkit dan berprestasi.

“Untuk itu saya kira sekolah dasar  ini lah fondasi dasarnya harus kuat diisi dengan dengan rasa kebangsaan dan nasionalisme, Insya Allah ke depan mereka akan memiliki amal dan budi pekerti yang baik untuk menjadi pemimpin dimasa mendatang,” ujarnya.

Baca Juga: 100 Ahli Waris Sudah Ajukan Klaim Kematian COVID-19, Tapi Belum Cair

2. Tak boleh lengah, harus tetap dikontrol sesuai ketentuan

Melongok Uji Coba PTM di Sekolah Lamsel, Bupati Banyak Beri WejanganHari pertama sekolah tatap muka di sekolah Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Setelah memastikan KBM Tatap Muka di SD Negeri 1 Way Urang telah sesuai dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, Nanang melanjutkan kunjungannya ke SMP Negeri 1 Kalianda.

Di sana, hanya enam murid mengikuti KBM Tatap Muka yang dilaksanakan di setiap ruang kelasnya. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran COVID-19.

“Kita tidak boleh lengah, KBM Tatap Muka yang berlangsung ini harus tetap kita kontrol penerapannya dengan ketentuan yang ada. Saya yakin dengan kesadaran yang tinggi dari para guru dan murid, maka lampung selatan bisa melaksanakan KBM Tatap Muka ini dengan baik,” ujar Nanang.

3. Ada 34 TK ikut uji coba PTM terbatas

Melongok Uji Coba PTM di Sekolah Lamsel, Bupati Banyak Beri WejanganBunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan, Winarni memantau langsung proses belajar tatap muka, Senin (20/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Di satuan pendidikan tingkat TK, sebanyak 34 sekolah mulai melakukan uji coba PTM terbatas. Di Kecamatan Kalianda, terdapat dua sekolah melaksanakan kegiatan itu yakni TK Negeri Pembina dan TK Masjid Agung Kalianda.

Di kedua TK ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan, Winarni memantau langsung proses belajar tatap muka, Senin (20/9/2021).

Tujuannya, memastikan pelaksanaan uji coba PTM terbatas berjalan sesuai standar protokol kesehatan dan syarat yang telah ditetapkan. Sejumlah orangtua siswa terlihat antusias mengantar anak-anaknya mengikuti sekolah tatap muka perdana di masa pandemik.

Setiap siswa juga wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjalani cek suhu tubuh sebelum memasuki ruang kelas, menggunakan hand sanitizer serta cuci tangan pakai sabun di tempat telah disediakan.

4. Kepala sekolah, pendidik, dan siswa wajib terapkan prokes

Melongok Uji Coba PTM di Sekolah Lamsel, Bupati Banyak Beri WejanganBunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Lampung Selatan, Winarni memantau langsung proses belajar tatap muka, Senin (20/9/2021).

Winarni meminta kepada para siswa untuk tetap semangat belajar dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Anak-anak Bunda harus semangat sekolahnya. Jangan lupa memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” ujarnya saat menyapa murid-murid TK Negeri Pembina.

Winarni juga mengingatkan kepada kepala sekolah dan para tenaga pendidik lain untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, agar uji coba PTM berjalan dengan baik.

Salah satu orangtua siswa, Fitri sangat bersyukur dengan uji coba PTM tersebut. “Mudah-mudahan uji coba PTM ini dapat berlanjut. Kami para orangtua sangat mengharapkan anak-anak kami bisa kembali bersekolah dengan normal,” katanya.

Baca Juga: Nuraini, Gadis 19 Tahun Derita Kelainan Kongenital Sejak Lahir

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya