Lokasi Vaksinasi COVID-19 Gratis Polres Tanggamus dan Lamsel

Program Vaksinasi Merdeka Mabes Polri

Bandar Lampung, IDN Times – Menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Polda Lampung menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 secara massal. Kegiatan ini mengusung tema Vaksinasi Merdeka Siger Lampung di seluruh jajaran Polda Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, menejelaskan, Vaksinasi Merdeka Siger Lampung gratis untuk masyarakat. Tujuannya, mensukseskan program pemerintah yaitu percepatan vaksinasi dengan tujuan agar segera terbentuknya herd immunity.

Selain di Mapolda, semua polres dan polsek jajaran secara serentak menyelenggarakan kegiatan serupa 16-17 Agustus 2021.

1. Vaksinasi gratis di Polres Tanggamus dan 10 polsek jajaran

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Gratis Polres Tanggamus dan LamselVaksin COVID-19 (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Kegiatan serupa digelar Polres Tanggamus. Vaksinasi tersebut disebar digerai vaksin Polres Tanggamus dan 10 polsek jajaran, Senin (16/8/21).  Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, Kabag Ops Kompol Bunyamin mengatakan, dalam rangka HUT RI ke-76, pihaknya melaksanakan vaksinasi di 11 titik di kabupaten setempat jumlah 90 vial atau 900 dosis yang disebarkan.

"Ini adalah vaksinasi merdeka untuk masyarakat, tidak diperjualbelikan atau gratis, juga tidak boleh untuk perusahaan ataupun karyawan perusahaan," tegasnya.

Kompol Bunyamin berharap, seluruh masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Tanggamus secepatnya divaksinasi di gerai-gerai baik yang disediakan Polri, TNI maupun dinas kesehatan," tandasnya.

Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksinasi Pesawaran, Rincian Vaksin Dosis 1 dan 2

2. Diapresiasi warga Tanggamus

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Gratis Polres Tanggamus dan LamselProgram vaksin massal di Mako Polresta Bandar Lampung (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Vaksinasi digelar Polres Tanggamus diapresiasi warga. Nung seorang warga Pekon Kampung Baru, Kota Agung Timur mengikuti vaksinasi mengatakan, mendapatkan informasi dari jejaring aparat pekonnya.  

Setelah ia mendapatkan informasi tersebut juga mengajak saudaranya yang telah berusia 18 tahun untuk melaksanakan vaksinasi bersama.

"Udah vaksin, ini yang pertama. Kalau informasinya dapet dari group WA di Pekon Kampung Baru. Ingin (divaksinasi) menjaga imunitas dan mencegah penularan COVID-19," ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat khususnya Tanggamus divaksin.  "Ayo vaksin, jangan takut vaksin karena sehat dan halal," jelasnya.

3. Dibagi dua gelombang hindari kerumunan

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Gratis Polres Tanggamus dan LamselProgram vaksinasi gratis di Kota Bandar Lampung (IDN Times/Istimewa)

Polda Lampung menggelar pelayanan Vaksinasi COVID-19 kepada warga masyarakat di Komplek halaman Polsek Candipuro Lampung Selatan 16- 17 Agustus 2021.

Hari pertama kegiatan, petugas menyiapkan pelayanan vaksin dengan kuota sebanyak 500 dosis. Gelombang kedua, Selasa (17/8/2021) juga disediakan kuota sama.

Ketua Pelaksana kegiatan Vaksinasi COVID-19 di Polsek Candipuro, AKBP Reynold E. P. Hutagalung, untuk menghindari kerumunan peserta, petugas membagi menjadi dua gelombang. Peserta nomor urut 1-250 dilayani mulai pukul 08.00– 12.00 WIB. Sedangkan untuk peserta dengan nomor urut 251-500 akan dilayani mulai pukul 13.00 sampai selesai.

“Diharapkan digelarnya vaksinasi kepada warga masyarakat khususnya di wilayah Candipuro dan sekitarnya dapat terhindar dari COVID-19,” jelas Dirkrimum Polda Lampung ini.

4. Digelar juga di beberapa puskesmas Lamsel

Lokasi Vaksinasi COVID-19 Gratis Polres Tanggamus dan LamselVaksinasi Mobil Keliling Dirlantas Polda Lampung (IDN Times/Istimewa)

Kapolres Lampung Selatan AKBP Edwin, mengatakan, secara serentak jajaranya juga menggelar Gebyar Vaksin Polres Lampung Selatan kepada warga masyarakat. Itu guna percepatan penanganan COVID-19 khususnya di wilayah setempat.

Kegiatan itu digelar di Puskesmas Ketapang sebanyak 100 dosis, Puskesmas Penengahan sebanyak 200 dosis, Puskesmas Tanjungsari Natar sebanyak 200 dosis, Puskesmas Hajimena Natar sebanyak 200 dosis, Puskesmas Sragi. Sebanyak 200 dosis dan Puskesmas Way Urang Kalianda sebanyak 250 dosis.

“Digelarnya Gebyar Vaksin Merdeka Polres Lamsel ini harapannya herd immunity di wilayah ini terbentuk dan warga masyarakat dapat terhindar dari COVID-19. Namun demikian diharapkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi prokes demi kesehatan kita bersama,” katanya.

Baca Juga: KAI Gratiskan Pengiriman Oksigen Kemenkes dan Vaksinasi di 24 Stasiun

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya