Komisaris Waskita Karya Beri Kiat Mahasiswa Itera Sukses Meniti Karier

Ada peluang dan tantangan berkarier

Bandar Lampung, IDN Times - Komisaris PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Viktor S Sirait S.T berbagi pengalaman tentang peluang generasi muda berperan di sektor pembangunan bangsa. Hal tersebut disampaikan saat mengisi kuliah umum bertema Peluang dan tantangan berkarier di bidang pembangunan kepada mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera), Kamis (12/11/2020).

Kuliah umum itu dibuka langsung oleh Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin, M.Sc, Ph.D. Kegiatan itu juga dihadiri lima komisaris BUMN lain, yaitu Komisaris PT Krakatau Steel  Ir David Pajung; Komisaris PT Pupuk Kaltim Gustaf AC Patty S.E; PT Biro Klasifikasi Indonesia Ir Yudas Pasomba M.E; Komisaris PT PP Presisi Indra Jaya Rajagukguk; dan Komisaris PT Jala Yatra Kontruksindo, Warsun.

1. Kejar ketertinggalan pembangunan infrastruktur dengan negara lain

Komisaris Waskita Karya Beri Kiat Mahasiswa Itera Sukses Meniti KarierIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat memberikan kuliah umum, Viktor menjabarkan pemerintah Indonesia sedang fokus melakukan pembangunan infrastruktur mulai dari tol, waduk, jembatan dan lainnya. Pembangunan tersebut dilakukan untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dalam bidang infrastruktur.

Bukti ketertinggalan tersebut misalnya, hingga 2014 Indonesia hanya mempunyai 700 km jalan tol, jauh tertinggal dari negara Malaysia yang telah memiliki jalan tol sepanjang 3.500 km, dan Cina 30.000an km.  “Kita harus mengejar ketertinggalan tersebut, sebab infrastruktur dapat mendorong peningkatan ekonomi, hingga daya saing bangsa. Dengan infrastruktur yang baik, investasi akan tumbuh di suatu daerah,” ujar Viktor.

Berbagai proyek strategis di bidang pembangunan yang terus dilanjutkan tersebut menurutnya membutuhkan banyak tenaga ahli, salah satunya dari perguruan tinggi di bidang teknologi seperti Itera. Untuk itu, para mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi perlu memanfaatkan peluang tersebut.

Baca Juga: Itera Kembangkan Riset Mitigasi Bencana dan Desa Berbasis Sains

2. Ingatkan para mahasiswa ada beberapa tantangan perlu ditaklukan

Komisaris Waskita Karya Beri Kiat Mahasiswa Itera Sukses Meniti KarierIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Viktor juga mengingatkan para mahasiswa ada beberapa tantangan perlu ditaklukan. Seperti pandemi COVID19 yang saat ini masih terjadi membuat sektor pembangunan melambat dan diprediksi menyebabkan jumlah pengangguran yang tidak sedikit, yakni mencapai 3 juta pengangguran. Hal ini tentunya membuat persaingan pencari kerja semakin ketat.

“Untuk itu, lulusan Itera harus mempersiapkan diri lebih, tidak hanya kompeten secara keilmuan. Tetapi juga mematangkan soft skill yang dimiliki, sehingga bisa mendapatkan peluang terlibat dalam pembangunan infrastruktur bangsa ini ke depan,” ujarnya.

3. Kuliah di kampus ternama bukan jaminan mudah mendapatkan pekerjaan

Komisaris Waskita Karya Beri Kiat Mahasiswa Itera Sukses Meniti KarierIlustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam kuliah dimoderatori oleh Dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA Adnin Musadri Asbi, S.Hut.,M.Sc., tersebut, Viktor menyebut, kecerdasan atau IQ dan kuliah di kampus ternama bukan jaminan untuk mudah mendapatkan pekerjaan. Bahkan berdasarkan sebuah riset, kecerdasan justru berada di urutan ke-22 penentu keberhasilan seseorang.

Urutan pertama ditempati kejujuran, dilanjutkan dengan kerja keras, disiplin dan kemampuan bekerjasama. "Untuk itu kejujuran harus dijadikan gaya hidup dan diterapkan  dalam keseharian mulai dari mahasiswa. Selain itu organisasi juga penting untuk melatih kepemimpinan dan kerja sama," ujar Vicktor.

4. Kesempatan mahasiswa belajar dan menimba pengalaman dari petinggi BUMN

Komisaris Waskita Karya Beri Kiat Mahasiswa Itera Sukses Meniti KarierRektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin, M.Sc Ph.D. (IDN Times/Istimewa).

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin, M.Sc Ph.D, menyampaikan kuliah umum tersebut menjadi kesempatan mahasiswa belajar dan menimba pengalaman dari salah satu pimpinan kontraktor BUMN terbaik di Indonesia, yaitu PT Waskita Karya. Kuliah umum yang diadakan Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (JTIK) Itera tersebut menjadi kuliah umum yang dapat secara bersamaan menghadirkan enam komisaris perusahaan BUMN penting di Indonesia. 

“Mahasiswa dapat memperkaya pengetahuan melalui pengalaman yang akan dibagikan oleh pemateri yang sudah sangat berpengalaman,” ujar rektor.

Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan (JTIK) Itera, Dr Rahayu Sulistyorini S.T M.T juf menyampaikan terima kasih kepada nara sumber, yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada para mahasiswa Itera. Ia berharap, akan banyak kerja sama yang dapat dilakukan antara kampus ini dengan berbagai BUMN terutama untuk mendukung perkuliahan dan dalam rangka melaksanakan kurikulum kampus merdeka yang saat ini dilaksanakan di Itera.

Follow media sosial Facebook, Instagram, dan Twitter IDN Times Lampung untuk mendapatkan informasi berita terkini.

Baca Juga: Aplikasi Panduan Wisata Aman "Setrip" Mahasiswa Itera Juara Nasional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya