Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran 

Alternatif pelabuhan selain Pelabuhan Bakauheni

Bandar Lampung, IDN Times - Delapan kapal Roro disiagakan di tiga dermaga Pelabuhan Panjang Bandar Lampung untuk melayani pemudik periode arus balik lebaran 2022 selain Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Kapal itu terhitung per Rabu lalu sudah mengangkut sebanyak 70 unit sepeda motor dan 20 unit kendaraan mobil.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, mengatakan, per unit kapal Roro estimasi mampu mengangkut 1.500 sepeda motor dan 65 unit kendaraan mobil. Kapal Roro akan menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten.

Baca Juga: Kapolda Prediksi 200 Ribu Lebih Kendaraan Menyeberang dari Bakauheni

Jadwal penyeberangan

Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran Menteri BUMN Erick Thohir;  Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy meninjau Pelabuhan Bakauheni, Rabu (4/5/2022). (Instagram.com/pemprovlampung_)

Pandra menyatakan, layanan penyeberangan arus balik di Pelabuhan Panjang sebagai alternatif untuk menghindari antrean panjang terjadi di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Layanan penyeberangan di Pelabuhan Panjang akan dilayani kapal Roro selama 24 jam.

Ia mengklaim, pemudik naik kapal Roro untuk menyeberang menuju Pelabuhan Ciwandan dari Pelabuhan Panjang tidak akan mengantre lama untuk masuk kapal. Dalam satu hari, diperkirakan kapal Roro akan berlayar sebanyak tiga trip.

Berikut jadwal keberangkatan kapal arus balik Lebaran Pelabuhan Panjang – Pelabuhan Ciwandan:

  • Pukul 08.00 WIB: KMP Mutiara Ferindo III dan KMP Kumala.
  • Pukul 12.00 WIB: KMP Mutiara Berkah I dan KMP Ciremai.
  • Pukul 16.00 WIB: KMP Panorama Nusantara dan KMP Titan Nusantara.
  • Pukul 02.00 WIB: KMP Kumala.
  • Pukul 04.00 WIB: KMP Mutiara Ferindo III.
  • Pukul 06.00 WIB: KMP Ciremai.
  • Pukul 08.00 WIB: KMP Mutiara Berkah I.

Jangan beli tiket via calo

Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran twitter.com/Newsweek

Terkait pembelian tiket, Pandra mengatakan, pemudik dapat membeli tiket secara langsung di Pelabuhan Panjang. Tarif sepeda motor Rp54.000 dan mobil Rp420.000.

Pandra menghimbau kepada masyarakat agar tidak membeli tiket kapal dari calo. Masyarakat diminta membeli tiket kapal di tempat yang telah disediakan.

Siapkan stamina dan kondisi kendaraan tak bermasalah

Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Panjang Arus Balik Lebaran Pemudik menggunakan kendaraan roda dua (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Pandra mengimbau masyarakat melakukan perjalanan balik agar menyiapkan stamina dan memastikan kendaraan tidak bermasalah. Selama dalam perjalanan, masyarakat dapat memanfaatkan pos pengamanan (Pospam), pos pelayanan (Posyan), dan pos terpadu baik yang ada di JTTS, Jalinsum, maupun di Pelabuhan Bakauheni.

Bagi pengendara lelah atau mengantuk dalam menempuh perjalanan 3 sampai 4 jam, jangan lupa istirahat sejenak. Setelah fit atau prima kembali silahkan melanjutkan perjalanan karena yang terpenting adalah keselamatan," imbaunya. 

“Jika selama dalam perjalanan melihat orang yang dicurigai agar dapat melapor kepada kantor polisi terdekat maupun ke Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu. Bisa juga masyarakat menghubungi call center 110 secara gratis. Mari kita bersama-sama mengikuti himbauan ini dengan tujuan agar perjalanan dapat lancar dan tidak ada kendala,” kata mantan Kapolres Meranti ini.

Baca Juga: Pelindo Regional 2 Siapkan 3 Dermaga di Pelabuhan Panjang bagi Pemudik

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya