HK Rutin Operasi Micro Sleep dan ODOL Sebulan Sekali di Tol Bakter

Bagian dari kampanye setuju alias selamat sampai tujuan

Lampung Selatan IDN Times - PT Hutama Karya (Persero) bakal terus melaksanakan kegiatan rutin Operasi Microsleep di Jalan Tol Trans Sumatera khususnya ruas Terbanggi Besar-Bakauheni (Bakter).

Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Bakter, Hanung Hanindito mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari kampanye setuju alias selamat sampai tujuan.

"Iya, jadi kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh jalan tol dikelola oleh Hutama Karya, ini kami kampanyekan SETUJU atau selamat sampai tujuan. Pelaksanannya rutin digelar sebulan sekali di jam-jam lelah pengemudi," ujarnya saat ditemui di Kantor Hutama Karya Cabang Bakter, Sabtu (27/5/2023).

1. Tujuan operasi micro sleep

HK Rutin Operasi Micro Sleep dan ODOL Sebulan Sekali di Tol BakterPT Hutama Karya (Persero) pengelola Jalan Tol Trans Sumatera ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar melakukan operasi microsleep Maret ini. (Dok. Hutama Karya).

Hanung menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan kampanye micro sleep bertujuan meningkatkan kesadaran berkendara di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Itu seperti setuju bahwa keselamatan itu nomor satu, setuju menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan tol.

Kemudian setuju tertib berkendara; setuju untuk tertib kecepatan; hingga setuju tertib muatan. 

"Jadi kesimpulannya adalah setuju untuk menurunkan tingkat kecelakaan maupun fatalitas yang terjadi di jalan tol," katanya.

Baca Juga: Mengenal Smart Water, TJSL Air Bersih Hutama Karya di Desa Buyut Utara

2. Isi saldo bisa lewat aplikasi

HK Rutin Operasi Micro Sleep dan ODOL Sebulan Sekali di Tol BakterHK Toll Apps. (Google Play Store).

Lebih lanjut Hanung mengimbau, agar kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib berlaku di jalan tol. Salah satunya menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE), hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

"Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps dimiliki Hutama Karya, di mana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga melakukan Top up saldo UE," terangnya.

Selain itu, pihaknya turut meminta kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum, sesuai dipersyaratkan dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. "Segera beristirahat di rest area bila merasa mengantuk," tandas dia.

3. Rutin gelar operasi ODOL

HK Rutin Operasi Micro Sleep dan ODOL Sebulan Sekali di Tol BakterHK kembali menggalakan kampanye keselamatan berkendara terkait kebijakan larangan kendaraan dengan muatan berlebih atau Over Dimension dan Overload (ODOL). (IDN Times/Istimewa).

Selain operasi micro sleep, Hanung mengatakan pihaknya juga rutin menggelar operasi kendaraan masuk kategori Over Dimension Over Load (ODOL). Ia tak menampik, kendaraan mengangkut barang melebihi kapasitas muatan dapat memicu kerusakan jalan tol.

Merujuk data Hutama Karya, dari 5 golongan kendaraan melintasi di jalan tol, 30 persen kendaraan berat. "Dari 30 persen itu merujuk data 2022 ODOL," bebernya.

Kendati rutin menggelar operasi ODOL di titik tertentu ruas tol Bakter, Hanung menyatakan tugas dan fungsi Hutama Karya hanya pencegahan. "Untuk penindakan di disbub dan polisi," ujarnya.

4. Cara melapor jalan rusak di tol Bakter

HK Rutin Operasi Micro Sleep dan ODOL Sebulan Sekali di Tol BakterPT Hutama Karya (Persero) memperbaiki dan pemeliharan sejumlah titik Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Lampung. (Dok. Hutama Karya).

Terkait perbaikan jalan rusak ruas tol Bakter, Hanung menyatakan, saat ini pihaknya tidak melakukan perbaikan. Itu lantaran, sebelum Lebaran 2023 lalu, sudah melakukan perbaikan di titik jalan tol rusak.

"Kami dipantau Kementerian PUPR sebelum ajukan BUJT (badan usaha jalan tol). Saat ini gak ada perbaikan karena sudah diinspeksi dari kementerian terkait," ujarnya.

Kendati demikian, Hanung meminta para pengguna jalan melapor semisal mengetahui ada kondisi jalan tol Bakter rusak. Pengajuan laporan dapat melalui call center resmi (0721) 561-8009; WhatsApp 0811 791 0812. Bisa juga melalui dan media sosial Instagram, YouTube dan Twitter @HK_Bakter.

Baca Juga: Tarif Tol Bakter Naik, Hutama Karya Tanggapi Keluhan Pengguna Jalan

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya