Comscore Tracker

Gubernur Arinal Siap Perjuangkan Tapis Lampung Diterima Internasional

Festival Kemilau Tapis Lampung 2021 ajang promosi

Bandar Lampung, IDN Times – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi akan terus memperjuangkan kain tapis Lampung agar semakin populer dan bisa terima di kancah Internasional. Hal itu disampaikannya pada Pembukaan Festival Kemilau Tapis Lampung 2021 di Ballroom Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021).

Festival digelar 24-26 November ini menampilkan hasil karya UMKM Perajin Tapis dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung serta mitra binaan dari BUMN/Swasta yang ada di Lampung. Arinal mengatakan, kegiatan mengusung Tema “Spirit of Tapis” itu harapannya terbangun peluang pasar produk kain  tapis dalam bentuk transformasi produk tapis Lampung dari produk budaya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis.

Selain itu diharapkan festival ini dapat mendorong semangat kecintaan dan kebanggaan terhadap tapis sebagai salah satu warisan kearifan lokal masyarakat Lampung. “Saya berharap Tapis Lampung akan meluncur lebih tinggi dan terkenal lagi,” jelasnya.

“Namun saya berpesan Tumpal sebagai Ikon Lampung juga tetap jangan ditinggalkan. Maka saya berharap pra pelaku UMKM untuk terus menggali tradisi dan kreatifitas Tapis agar semakin populer dan bisa di terima masyarakat luas,” ujar Arinal.

Baca Juga: Festival Kemilau Tapis Lampung 24-26 November, Ada Pelatihan Bikin Tapis

1. Gubernur gagas suvenir terinspirasi tapis Lampung

Gubernur Arinal Siap Perjuangkan Tapis Lampung Diterima InternasionalSumber gambar: goodnewsfromindonesia.org

Gubernur Arinal juga berencana akan membuat suvenir yang berasal dari keindahan kain tapis. “Saya akan membuat souvenir dari tapis Lampung. Jadi setiap ada tamu dari luar yang datang akan diberikan cendera mata tersebut, sehingga dunia tahu Lampung indah dan berwibawa dengan kain kebanggaan masyarakat Lampung ini,” ujarnya.

Menurutnya, Pemprov Lampung juga akan terus mendorong para perajin untuk meningkatkan kualitas dan mutu produk hasilnya. Tujuannya, mampu bersaing dengan produk-produk di tingkat nasional, regional bahkan Internasional.

“Di Provinsi Lampung terdapat UMKM sebanyak 192.234 unit yang terdiri dari usaha mikro 182.655 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit dan usaha menengah sebanyak 276 unit. Potensi kuantitas UMKM tersebut merupakan pelaku ekonomi yang harus terus kita pelihara dan jaga demi pembangunan ekonomi Lampung yang maju dan berkualitas,” jelasnya.

2. Kini tapis menjadi fashion bernilai tinggi

Gubernur Arinal Siap Perjuangkan Tapis Lampung Diterima InternasionalFestival Kemilau Tapis Lampung 2021 di Ballroom Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021). (IDN Times/Istimewa).

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyampaikan, bagi masyarakat Lampung kain tapis dianggap sebagai kain yang memiliki makna simbolis yang sangat mendalam. Itu sebagai lambang kesucian dan wujud kepercayaan terhadap samg pencipta alam

“Zaman dahulu kain tapis hanya dipakai untuk kalangan eksklusif dan digunakan dalam upacara adat Lampung yaitu Lampung Saibatin dan Pepadun. Seiring perkembangan zaman, kain tapis telah berkembang menjadi fashion yang kreatif, modern dan bernilai ekonomi tinggi mulai dari aksesoris, craft, busana, art interior yang unik dan berkualitas,” ujar Riana.

Ia menambahkan, sering digelarnya ajang pameran kriya terutama kain tapis dalam beberapa tahun ini menunjukkan perkembangan yang sangat postif. Hal ini tidak terlepas dari perhatian dan dukungan dari Pemprov Lampung dan mitra UMKM perajin Lampung dalam memajukan Tapis di Sai Bumi Ruwa Jurai

“Saya sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Lampung mengajak masyarakat Lampung untuk bersama-sama memakai produk dalam negeri terutama khas daerah Lampung yang sudah semakin berkualitas dan menarik,” katanya.

3. Momentum kebangkitan industri kreatif Lampung

Gubernur Arinal Siap Perjuangkan Tapis Lampung Diterima InternasionalFestival Kemilau Tapis Lampung 2021 di Ballroom Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021). (IDN Times/Istimewa).

Riana mengatakan, penyelenggaraan kegiatan Kemilau Tapis 2021 menjadi sangat penting bagi Provinsi Lampung dan sebagai momentum bagi kebangkitan bagi industri kreatif provinsi Lampung dalam mengangkat wastra budaya unggulan Lampung.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop, dan UKM) Teten Masduki dalam sambutannya secara virtual berharap, kegiatan Kemilau Tapis 2021 menjadi wadah pengembangan potensi unggulan domestik Lampung agar mampu bersaing di level nasional juga global.

“Melalui sahabat saya Gubernur Arinal Djunaidi, saya sampaikan salam hormat kepada para penggeliat pelaku UMKM di Provinsi Lampung. Ingat Lampung ingat Tapi, Tapis Lampung Berjaya,” ujarnya.

Baca Juga: Didiet Maulana Latih Perajin Wastra Lampung Investasi dan Pemasaran

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya