Comscore Tracker

Ground Breaking Bakauheni Harbour City Minggu Ketiga Oktober 2021

Nilai investasi awal Rp45 miliar

Lampung Selatan, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir memastikan keberlanjutan pelaksanaan pembangunan proyek Bakauheni Harbour City (BHC) di Kabupaten Lampung Selatan yang akan menjadi tumpuan pariwisata lokal di Provinsi Lampung. Hal ini disampaikan Menteri Erick dalam kunjungan kerjanya di Lampung, akhir pekan lalu.

Erick mengatakan, proyek BHC memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan dan dapat menjadi pariwisata lokal andalan di Lampung. Menurutnya, pemerintah telah berkomitmen untuk menggelontorkan dana lebih dari Rp500 miliar untuk pembangunan pariwisata Lampung. Termasuk pembangunan infrastruktur dasar jalan dan air bersih.

Baca Juga: Rekomendasi Cottage di Lampung, Bikin Liburan Tambah Seru!

1. Nilai investasi awal Rp45 miliar

Ground Breaking Bakauheni Harbour City Minggu Ketiga Oktober 2021Ilustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Pada tahap awal pembangunan, ASDP bersama dengan Bank Syariah Indonesia, Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN akan mendukung proyek BHC melalui pembangunan Masjid Raya, Creative Hub dan UMKM Center, serta revitalisasi Taman Budaya Siger. Nilai investasi awal sebesar Rp45 miliar.

Tahap pertama pengembangan kawasan yang berada di lahan ASDP telah direncanakan pembangunan Masjid Bakauheni dapat menampung lebih dari 2.000 jamaah, pembangunan Creative Hub dan UMKM Center, dan Revitalisasi Taman Budaya Menara Siger. Ground breaking tahap pertama ditargetkan pada minggu ketiga Oktober 2021.

2. Proyek Krakatau Park dibangun pertengahan 2022

Ground Breaking Bakauheni Harbour City Minggu Ketiga Oktober 2021ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia

Proyek Game Changer ASDP seluas 214 hektare melibatkan kolaborasi bersama Pemprov Lampung dan PT Hutama Karya ini tengah menyelesaikan beberapa milestone. Rinciannya, Penetapan Status Kawasan sebagai Proyek Strategis Nasional, pembentukan perusahaan pengelola kawasan, finalisasi detail masterplan, serta perencanaan pengembangan infrastruktur kawasan.

Sedangkan proyek theme park Krakatau Park ditargetkan dapat dibangun pertengahan tahun depan dan rampung akhir tahun 2022.

3. Bisa jadi pilihan wisata unggulan warga Jakarta dan Sumatera

Ground Breaking Bakauheni Harbour City Minggu Ketiga Oktober 2021Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (IDN Times/Istimewa).

Rapat koordinasi digelar awal Januari 2021 lalu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, pihaknya bersama dengan seluruh stakeholder terkait megaproyek Bakauheni Harbour City ingin menjadikan Bakauheni menjadi pilihan utama masyarakat Jakarta dan Sumatera untuk melakukan kunjungan wisata unggulan di Lampung.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi menyampaikan, pengembangan kawasan pariwisata Bakauheni diharapkan menjadi salah satu penggerak utama perekonomian di sektor pariwisata masa depan. 

"Keterlibatan seluruh pihak sangat penting dalam terwujudnya megaproyek ini dalam mengolah potensi Bakauheni yang sangat besar menjadi salah satu destinasi pariwisata unggulan di Sumatera," tuturnya.

Ira menjelaskan, kawasan Bakauheni dikelilingi ragam obyek wisata mulai dari sejarah, alam dan pariwisata minat khusus. Di sini juga ada Menara Siger yang menjadi salah satu zona pariwisata utama di Lampung yang fokus pada budaya dan pendidikan.

"Dengan hadirnya Bakauheni Harbour City ini, kami targetkan kawasan Bakauheni dapat menjadi destinasi pariwisata berskala internasional. Bakauheni bukan hanya sebagai pelabuhan penyeberangan, tetapi juga menjadi lokasi wisata baru dan menjadi favorit wisatawan nusantara maupun mancanegara," ujarnya.

Baca Juga: Menyeberang via Pelabuhan Bakauheni Wajib Vaksin dan Pakai PeduliLindungi

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya