Comscore Tracker

Film Dokumenter Rumah Dokter Metro Rilis 12 Januari di YouTube

Bangunan bersejarah peninggalan kolonial

Metro, IDN Times - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Metro, Provinsi Lampung bersama berbagai komunitas bergotong-royong memproduksi film dokumenter sejarah terkait keberadaan rumah dokter di daerah setempat.

Seprita, pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro menjelaskan, dokumenter ini dibuat tanpa menggunakan dana APBD. "Dari mulai peralatan,pengerjaan hingga editing dikerjakan bersama-sama komunitas mulai dari videografer, editor, alih bahasa, hingga mempromosikannya semua warga bekeja sama-sama," jelasnya, Minggu (10/1/2021).

1. Proses pembuatan dokumenter libatkan youtuber terkenal Lampung

Film Dokumenter Rumah Dokter Metro Rilis 12 Januari di YouTubePixabay/lukasbieri

Seprita menambahkan, youtuber ternama Lampung, Ibaf Fabi turut memberikan masukan dan saran dokumenter video Rumah Dokter. Bahkan, dalam proses pengerjaannya dan peralatan dibantu Mahel Photograpy.

Teaser film ini telah mulai muncul di akun-akun komunitas pegiat sejarah dan media sosial sejak akhir pekan lalu. Dokumenter rencananya akan dirilis 12 Januari 2021 mendatang via akun YouTube TACBMetro.

Baca Juga: Isi Liburan ke Dokterswoning Yuk, Ada Pameran Metro Tempo Dulu

2. Simpan kenangan perjalanan sejarah Kota Metro

Film Dokumenter Rumah Dokter Metro Rilis 12 Januari di YouTubeRumah Dokter di Kota Metro. (IDN Times/Istimewa).

Sejarawan Universitas Muhammadiyah (UM) Metro, Kian Amboro, menjelaskan, keberadaan Rumah Dokter menyimpan kenangan perjalanan sejarah Kota Metro. "Dokterswoning ini dibangun 1939 di era kolonisasi Belanda dan masih berdiri hingga saat ini,” jelas sejarawan yang tengah menempuh studi Doktoral di Universitas Negeri Solo tersebut.

Arkeolog Museum Lampung, I Made Giri Gunadi menambahkan, rumah dokter ini telah memenuhi kriteria sebagai cagar budaya dan telah terdaftar di BPCB Banteng pada 2015. "Selain usianya yang telah melampaui lebih dari 50 tahun, gaya arsitekturnya hingga nilai sejarah yang terkandung didalamnya,"ungkapnya.

Anggota DPRD Metro, Ancilla Hernani berharap, keberadaan rumah dokter ini selain sebagai cagar budaya juga bisa menjadi museum. "Metro telah memiliki Perda Pendirian Museum, bila Metro menyatakan diri sebagai kota pendidikan harapannya keberadaan rumah dokter ini bisa menjadi perhatian bersama," ujarnya.

3. Terbitkan buku khusus

Film Dokumenter Rumah Dokter Metro Rilis 12 Januari di YouTubeSejarah Rumah Dokter Kota Metro. (IDN Times/Istimewa).

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Metro bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro menerbitkan buku berjudul Dokterswoning : Sejarah Rumah Dokter Kota Metro.

Ketua TACB Metro, I Made Giri Gunadi, mengatakan, perjalanan panjang sejarah rumah ini menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan Kota Metro. Rumah Dokter yang menurut sumber sejarah mulai dibangun Agustus 1939 dan selesai Februari 1940.

“Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang, menetapkan bangunan Rumah Dokter ini ke dalam daftar inventaris cagar budaya. Ini tercantum dalam Surat Keputusan Kepala BPCB Serang Nomor: 429/CB4/LL/2015 tentang Daftar Inventaris Cagar Budaya di Kota Metro.

Baca Juga: Cagar Budaya Rumah Dokter Saksi Sejarah Perkembangan Kota Metro

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya