Cerita Telkomsel Terapkan Go Green Fuel Cell Sebagai Sumber Energi BTS

Apa itu teknologi fuel cell?

Bandar Lampung, IDN Times - Telkomsel membutuhkan sumber energi untuk mengoperasikan 228.000 Base Transceiver Station (BTS) tersebar di seluruh negeri. Kebutuhan energi yang besar mendorong operator seluler ini memanfaatkan energi ramah lingkungan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi fuel cell.

Apa itu teknologi fuel cell? Berikut IDN Times rangkum informasinya merujuk penjelasan General Manager Network Operation and Quality Management Telkomsel Sumbagsel, Rowland Silalahi.

1. Ada 22 BTS Go Green Fuel Cell di Telkomsel Sumbagsel

Cerita Telkomsel Terapkan Go Green Fuel Cell Sebagai Sumber Energi BTSTelkomsel memanfaatkan teknologi fuel cell untuk kebutuhan energi Base Transceiver Station (BTS). (IDN Times/Istimewa).

Rowland menjelaskan, teknologi fuel cell dapat memproduksi energi listrik dengan gas buang berupa uap air (zero emission). Komitmen tersebut diwujudkan dengan pemanfaatan fuel cell, sumber energi dengan bahan bakar Hydro Plus (campuran methanol dan air).

Ia menambahkan, ada 216 BTS Go Green Fuel Cell diseluruh Indonesia. Dari total tersebut, ada 22 BTS tersebar di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Jambi. 

Baca Juga: Telkomsel: Trafik Data Seluler Nataru di Sumbagsel Naik 11 Persen

2. Pemanfaatan energi ramah lingkungan bukan hal baru bagi Telkomsel

Cerita Telkomsel Terapkan Go Green Fuel Cell Sebagai Sumber Energi BTSunsplash.com/Elijah Hiett

Rowland menyatakan, pemanfaatan energi ramah lingkungan bukanlah hal baru bagi Telkomsel. “Sebelumnya, Telkomsel juga telah memanfaatkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan di antaranya solar cell (tenaga surya ) dan wind turbin (tenaga angin).

"Penggunaan sumber energi alternatif ramah lingkungan ini juga turut menjadi bagian dari usaha Telkomsel memastikan ketersediaan jaringan broadband diseluruh penjuru negeri," jelasnya dalam pernyataan tertulis, Senin (8/2/2021)

3. Ditopang riset berkesinambungan

Cerita Telkomsel Terapkan Go Green Fuel Cell Sebagai Sumber Energi BTSPexels.com/Kaboompics .com

Rowland mengatakan, pemanfaatan energi ramah lingkungan tersebut dapat diwujudkan berkat riset berkesinambungan berlandaskan semangat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan Telkomsel.  Selain itu, operator ini turut berkomitmen mendukung cita-cita pemerintah untuk membangun ekonomi berbasis energi bersih atau ramah lingkungan. 

Menurutnya, sebagai Digital Telco Company paling Indonesia yang #TerusBergerakMaju menggelar akses broadband digital ke seluruh negeri dan semangat pemanfaatan energi ramah lingkungan ini akan terus dijaga untuk mewujudkan Industri telekomunikasi yang ramah lingkungan di Indonesia.

"Dengan kapabilitas yang kami miliki, Telkomsel akan terus menghadirkan layanan serta solusi digital terkini dengan pemanfaatan sumber energi tanpa emisi," ujar Rowland.

Baca Juga: Telkomsel Cari 4 Tim SMA Terbaik Lampung Berkompetisi D-BATE Regional

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya