BKN Apresiasi Gelaran Tes SKB CPNS di Itera Ketat Protokol Kesehatan

Antisipasi penyebaran COVID-19

Bandar Lampung, IDN Times - Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat melalui Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf, mengapresiasi pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran 2019 diselenggarakan di Kampus Institut Teknologi Sumatera (Itera). Apresiasi itu terkait pelaksanaan tes SKB CPNS berjalan tertib dan lancar, serta panitia menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat.

"Pelaksanaan tes SKB di Itera sudah sangat baik, dan sudah menerapkan protokol kesehatan mulai dari adanya jalur khusus peserta, wajib mencuci tangan atau hand sanitizer dan memakai masker. Serta seluruh petugas juga disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujar Supranawa saat melakukan monitoring ke Laboratorium Teknik 3 Itera yang menjadi lokasi pelaksanaan tes SKB CPNS, Sabtu (19/9/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Supranawa Yusuf didampingi Kepala Kantor Regional V BKN, Bajoe Loedi Hargono, dan jajaran BKN Pusat dan Regional V. Rombongan disambut Kepala BKD Lampung Selatan Puji Sukanto dan Kepala UPT K3L Itera Juanda.

1. BKN nyatakan sistem tes CPNS sangat transparan

BKN Apresiasi Gelaran Tes SKB CPNS di Itera Ketat Protokol KesehatanPeserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti berbagai tahapan protokol kesehatan sebelum mengikuti ujian di Gedung Laboratorium Institut Teknologi Sumatera (Itera), Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

Wakil Kepala BKN, Supranawa Yusuf, sempat memberikan arahan kepada para peserta yang sedang menunggu giliran tes. Ia berpesan agar seluruh peserta mengikuti tes sebaik-baiknya. Ia menyatakan, BKN telah menyiapkan sistem tes yang sangat transparan, sehingga peserta yang lolos adalah memang berhak karena nilainya baik. 

"BKN dari waktu ke waktu kami ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan jalan membangun dan menyiapkan satu sistem yang betul betul transparan. Seperti CAT, kami membangun dengan semangat transparansi yang tinggi," ujar Supranawa.

Sistem itu imbuhnya, memungkinkan nilai yang diperoleh bisa dipantau oleh orang lain dari tempat lain. Sehingga siapapun bisa melihat, karena semua terbuka dan tidak ada yang disembunyikan.  "Dengan sistem ini akan menutup celah celah rekayasa nilai dan lainnya, sehingga tes ini murni untuk menghasilkan ASN yang berkualitas," tambahnya.

Baca Juga: Cerita Tiga Mahasiswa Itera Ciptakan Alat Pemanen Energi Hybrid

2. Tes di tengah pandemik COVID-19 butuh kerjasama seluruh pihak

BKN Apresiasi Gelaran Tes SKB CPNS di Itera Ketat Protokol KesehatanBadan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan monitoring ke Laboratorium Teknik 3 Itera yang menjadi lokasi pelaksanaan tes SKB CPNS, Sabtu (19/9/2020). (IDN Times/Istimewa).

Tes SKB CPNS dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19,  membutuhkan kerjasama seluruh pihak, untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Untuk itu, Supranawa mengajak seluruh peserta untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan panitia.

"Kami mengajak agar peserta benar benar mengikuti protokol kesehatan dengan maksimal. Kami sudah berusaha supaya protokol kesehatan dipatuhi dengan didukung sarana dan prasarana yang sudah sangat lengkap," kata dia.  

Kepala UPT K3L Itera, Juanda mewakili panitia pelaksanaan tes SKB menyampaikan, pelaksanaan tes SKB CPNS dilaksanakan Pemkab Lampung Selatan menjadi yang terbaik, dari beberapa kabupaten/kota yang juga mengadakan tes di kampus ini. "Panitia BKD Lamsel Kami nilai menjadi yang paling rapi, karena panitia benar-benar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Panitia juga sangat komitmen dan patuh dengan protokol yang ditetapkan," ujarnya

3. Panitia SKB CPNS diminta sediakan alat rapid test

BKN Apresiasi Gelaran Tes SKB CPNS di Itera Ketat Protokol KesehatanIlustrasi. Alat Rapid Test COVID-19 (Istimewa/Dok IDNTimes)

Kampus Itera kembali dipilih sebagai lokasi pelaksanaan tes SK CPNS tahun anggaran 2019. Pelaksanaan tes SKB CPNS formasi provinsi dan seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 3 kampus Itera 5–26 September 2020.

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., menyampaikan, penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama pelaksanaan tes SKB di Itera harus diperketat. Hal tersebut guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 selama pelaksanaan tes.

“Seluruh peserta tes panitia harus disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kelancaran tes. Kami akan selalu berkoordinasi dengan panitia dan Badan Pembina Adaptasi Kehidupan Baru (BPAKB) ITERA untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dalam tes ini,” jelas Ofyar.

Rektor juga mengusulkan agar panitia provinsi/kabupaten/kota juga memfasilitasi rapid test di lokasi tes bagi peserta yang memiliki gejala COVID-19. Selain itu, kampus ini sudah menyiapkan ruangan isolasi dan tes khusus bagi peserta yang memiliki suhu diatas 37,3 derajat Celcius, dan ruangan medis.

4. Sediakan 150 unit komputer

BKN Apresiasi Gelaran Tes SKB CPNS di Itera Ketat Protokol KesehatanPeserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung mengikuti berbagai tahapan protokol kesehatan sebelum mengikuti ujian di Gedung Laboratorium Institut Teknologi Sumatera (Itera), Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing).

Rektor menyampaikan, pelaksanaan protokol kesehatan selama pelaksanaan tes, peserta tes SKB CPNS di Itera dibedakan dalam jalur masuk. Seluruh peserta masuk melalui gerbang barat kampus sehingga tidak bersinggungan dengan aktivitas sivitas akademika Itera. Selain itu, hanya peserta tes yang diperbolehkan masuk ke kawasan kampus.

Dalam pelaksanaan tes SKB CPNS tahun anggaran 2019 di Itera, panitia kampus setempat menyediakan sebanyak 150 unit komputer tes dan 20 komputer cadangan. Lokasi tes diadakan di dua ruangan di lantai 2 Laboratorium Teknik 3

Itera juga telah menata komputer di ruangan dengan jarak minimal satu meter. Selain itu, penerapan jaga jarak juga dilakukan selama peserta di ruangan tunggu, ruang registrasi, ruang steril sebelum tes, hingga akses keluar peserta tes.

Baca Juga: Dosen Itera Penelitian Masker Nanofiber, Mudah Dibersihkan dan Murah

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya