Berdayakan UMKM, Lampung Fair 2022 Bidik 700 Ribu Pengunjung

Digelar 29 Oktober hingga 14 November 2022 di PKOR Way Halim

Bandar Lampung, IDN Times - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)  memiliki program memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Lampung. Bahkan, organisasi ini  berkomitmen sangat besar untuk mendorong UMKM Lampung untuk dapat lebih berkembang.

Salah satunya melibatkan perguruan tinggi melalui program pendampingan UMKM, serta melibatkan mentor dari seluruh anggota Apindo. Melalui pendampingan tersebut, diharapkan UMKM dapat menjalankan usahanya dengan lebih profesional dan lebih memahami manajemennya, sehingga dapat lebih berkembang dan menjadi pendukung serta penggerak ekonomi khususnya di Lampung dan Indonesia pada umumnya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Apindo Hariyadi B Sukamadani saat pembukaan Lampung Fair 2022 di PKOR Way Halim, Sabtu (29/10/2022) malam. 

Baca Juga: DPW PPP Provinsi Lampung Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Capres 2024

1. Bidik 700 ribu pengunjung

Berdayakan UMKM, Lampung Fair 2022 Bidik 700 Ribu PengunjungLampung Fair 2022 digelar di PKOR Way Halim Bandar Lampung dibuka, Sabtu (29/10/2022) malam. (Dok Diskominfotik Pemprov Lampung).

Sekretaris DPP Apindo Lampung, Yanuar Irawan menyampaikan, perhelatan Lampung Fair 2022 ada sekitar 200 stand. Dari total tersebut, 70 persen diperuntukkan untuk para UMKM, sedangkan sisanya untuk BUMN, BUMD dan para pelaku-pelaku usaha lainnya.

Yanuar menambahkan, Lampung Fair diikuti oleh 11 kabupaten/kota dari total 15 daerah di Lampung. Ada juga peserta perguruan tinggi, bank, dan para pelaku usaha baik lokal Lampung maupun dari Jakarta.

"Kami targetkan pengunjung mulai dari 29 Oktober hingga 14 November 2022 sebanyak kurang lebih 700.000 pengunjung, " jelasnya. 

2. Dapat tumbuhkan inovasi ekraf

Berdayakan UMKM, Lampung Fair 2022 Bidik 700 Ribu PengunjungLampung Fair 2022 digelar di PKOR Way Halim Bandar Lampung dibuka, Sabtu (29/10/2022) malam. (Dok Diskominfotik Pemprov Lampung).

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan, Lampung Fair 2022 mengusung tema "Lampung sebagai Gerbang Dunia Bisnis di Pulau Sumatera. Menurutnya, kegiatan ini, membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kalangan dunia usaha dan bisnis, termasuk juga UMKM untuk berpromosi, meningkatkan daya saing produk unggulan daerah, dalam rangka peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung. 

Arinal juga menyatakan, semua patut bersyukur, karena ditengah-tengah resesi, perekonomian Provinsi Lampung di Triwulan II Tahun 2022 mampu tumbuh mencapai 9,12 persen (q to q).

"Ini wajib kita syukuri karena Lampung menjadi Provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Demikian juga dengan inflasi, meski meningkat karena kenaikan BBM kemarin, namun masih bisa kita kendalikan," ucap gubernur. 

Menurut Gubernur, melalui Lampung Fair 2022, dunia bisnis dan pelaku usaha diharapkan termotivasi untuk senantiasa menghadirkan produk-produk kreatif dan dapat menumbuhkan bentuk-bentuk inovasi ekonomi kreatif baru. Itu memanfaatkan berbagai potensi dan unggulan yang ada di Provinsi Lampung.

"Kepada para pengusaha besar dan pemilik modal, saya mengundang saudara untuk memperluas bisnis dan meningkatkan investasinya di Provinsi Lampung," ujar Arinal.

3. Rara Lida hibur pengunjung

Berdayakan UMKM, Lampung Fair 2022 Bidik 700 Ribu PengunjungLampung Fair 2022 digelar di PKOR Way Halim Bandar Lampung dibuka, Sabtu (29/10/2022) malam. (Dok Diskominfotik Pemprov Lampung).

Pemerintah Provinsi Lampung memutuskan untuk melonggarkan sejumlah aktivitas masyarakat dan bersiap untuk masa transisi dari pandemik ke endemik. Salah satunya, mengizinkan penyelenggaraan kegiatan dengan skala besar seperti Lampung Fair 2022 digelar oleh Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Lampung. 

Lampung Fair 2022 dibuka secara meriah melalui pertunjukan kolosal Tari Begawi Jejama dan  Marching Band Bahana Krakatau Lampung Selatan. Pada kegiatan tersebut, gubernur bersama rombongan Forkopimda juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa stand dan anjungan kabupaten/kota mengikuti gelaran Lampung Fair 2022, di antaranya Anjungan Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Tanggamus.

Kemeriahan puncak Opening Ceremony Lampung Fair 2022 semakin pecah saat artis ibu kota Rara Lida membawakan beberapa buah lagu menghibur masyarakat Lampung yang memadati area PKOR Way Halim

Baca Juga: Siap-siap! Lampung Fair 2022 Segera Hadir di PKOR Way Halim

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya