Almarhum Komandan KRI Nanggala 402 Ultah, Ibunda Kirim Video Menyentuh

Kabid Humas Polda Lampung dan Kapolres Metro beri kejutan

Metro, IDN Times - Masih ingat Kolonel Laut (P) Anumerta Heri Oktavian? Almarhum adalah komandan kapal selam KRI Nanggala 402 tenggelam (subsunk) di perairan laut bagian Utara Provinsi Bali April 2021 lalu.

Almarhum Heri berulang tahun ke-43, Senin (18/10/2021). Tak ada tiupan lilin atau nyanyian ulang tahun di rumah orangtuanya di Jalan Diponegoro Kelurahan Imopuro Kecamatan Metro Pusat berjarak sekitar 200 meter dari Mapolres Kota Metro, Lampung.

Namun suasana tiba-tiba menjadi ramai dengan kehadiran Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad dan Kapolres Kota Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun bersama sejumlah personelnya.

Baca Juga: Dalih Ingin Beli HP Buat Anak Belajar, Pria Lampung Nekat Curi Uang

1. Ibunda Heri Oktavian kirim rekaman video

Almarhum Komandan KRI Nanggala 402 Ultah, Ibunda Kirim Video MenyentuhKabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad dan Kapolres Kota Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun berkunjung ke rumah Muharleny ibunda Kolonel Laut (P) Anumerta Heri Oktavian. (IDN Times/Istimewa).

Kunjungan Kabid Humas Polda Lampung bukan tanpa sebab. Itu lantaran Ibunda Heri Oktavian, Muharleny (73) mengirimkan pesan singkat melalui WhatsApp dan rekaman video kepada Pandra.

“Assalamualaikum...sehat-sehat semua ananda sekeluarga. Hari ini ultah Heri ke-43. Ini video ultahnya tahun 2020 di kapal mau berangkat layar. Hari ini dia ultah di kapal untuk selamanya. Setiap dia ultah cuma doa hadiah mama untuk anak-anak dan cucu,” bunyi pesan Muharleny kepada Pandra.

Video ulang tahun ke-42 yang direkam personel KRI Nanggala 402 TNI Angkatan Laut itu, diabadikan pada 18 Oktober 2020 bersama kru kapal selam tersebut, berdurasi 2 menit 6 detik.

2. Beri semangat dan hibur orangtua almarhum

Almarhum Komandan KRI Nanggala 402 Ultah, Ibunda Kirim Video MenyentuhKabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad dan Kapolres Kota Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun berkunjung ke rumah Muharleny ibunda Kolonel Laut (P) Anumerta Heri Oktavian. (IDN Times/Istimewa).

Tak ayal, usai menerima pesan itu, Kombes Pandra bergegas menuju Kota Metro menemui orangtua angkatnya yang baru saja mengirimkan pesan singkat. Pandra menilai, pesan itu sebagai isyarat rindu orangtua terhadap anaknya.

“Kehadiran saya ke kediaman Ibunda Muharleny untuk memberikan semangat dan mengibur beliau karena hari ini anak bungsunya berulang tahun,” ujar mantan Kapolres Meranti ini saat dikonfirmasi, Rabu (20/10/2021).

Pandra menambahkan, kehadiran dirinya bersama Kapolres Kota Metro sebagai bentuk soliditas dua keluarga besar Polri dan TNI Angkatan Laut yang diwakili oleh keluarga Heri Oktavian di Kota Metro.

3. Sempat kirim pempek dan tekwan sebelum insiden KRI Nanggal tenggelam

Almarhum Komandan KRI Nanggala 402 Ultah, Ibunda Kirim Video Menyentuhinstagram.com/pempeklenny

Almarhum Heri Oktavian sejatinya juga anggota keluarga besar Polri. Itu karena ayahnya Kompol Imroni Haki (Alm) adalah anggota Polri yang pernah dinas di Polres Kota Metro (dulu Polres Lampung Tengah), dengan jabatan terakhir Kabagmin atau Kabagsumda.

Muharleny pun bercerita, sebelum insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 itu, ia sempat mengirimkan makanan kesukaan anak kesayangannya, yaitu pempek dan Tekwan.

“Heri juga suka gulai Aceh. Kalau ketemu mama, pasti dia minta dibuatkan gulai Aceh,” ujarnya.

Ia mengucapkan terimakasih atas kunjungan abdi Bhayangkara yang dianggapnya kejutan di hari ulang tahun anaknya.

Baca Juga: Polda Lampung Limpahkan Berkas Perkara Khilafatul Muslimin Ke Kejati

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya