200 Nakes RSUD Pesawaran Sudah Vaksinasi Moderna

Sehari dibatasi 30 nakes divaksinasi

Pesawaran, IDN Times - Direktur RSUD Kabupaten Pesawaran, Drg Yasmin Marlinawati, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Moderna untuk para tenaga kesehatan di RSUD Pesawaran dilakukan secara bertahap.

“Jumlah nakes kita ini kan kurang lebih 200. Nah kita ini membaginya sehari 30 nakes yang disuntik, serta pelaksanaan ini dilakukan mulai Senin) sampai Kamis," jelasnya, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Hore! 240 Warga Jalani Isoman Terima Santunan dari Pemkab Pesawaran

1. Sehari dibatasi 30 nakes antisipasi efek samping

200 Nakes RSUD Pesawaran Sudah Vaksinasi ModernaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Drg Yasmin mengatakan, pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi nakes jumlahnya dibatasi. Itu terkait antisipasi efek samping yang ditimbulkan setelah dilakukan vaksinasi moderna ini.

“Kalau untuk efek sampingnya itu yang ditimbulkan pegel-pegel kemudian demam, lalu nyeri kepala. Maka dari itu untuk menjamin pelayanan di RSUD tetap berjalan dengan baik makanya kita membagi seharinya itu 30 nakes saja yang disuntik,” ujar dia.

Vaksin Moderna merupakan jenis vaksin mRNA (messenger RNA). Vaksin ini tidak menggunakan virus yang dilemahkan atau dimatikan, melainkan menggunakan komponen materi genetik yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein. Protein tersebut merupakan bagian dari permukaan virus Corona.

2. Berharap tak ada lagi nakes terpapar COVID-19

200 Nakes RSUD Pesawaran Sudah Vaksinasi ModernaMural pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kadinkes berharap, diberikannya vaksin ketiga jenis Moderna untuk para nakes, dikemudian hari sudah tidak ada lagi nakes yang terpapar covid-19 bahkan sampai meninggal dunia akibat terpapar COVID-19.

“Pemerintah sudah berusaha memberikan yang maksimal untuk para nakes ini, karena mereka adalah garda terdepan di tengah pandemik COVID-19. Maka dari saya berharap dengan diberikannya vaksin ketiga ini tidak ada lagi nakes terpapar COVID-19,” kata dia.

3. Nakes bilang belum ada efek samping

200 Nakes RSUD Pesawaran Sudah Vaksinasi ModernaIlustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/Fauzan)

Trio Pranoto salah satu nakes Pesawaran yang sudah disuntik vaksin Moderna mengatakan, belum ada efek samping yang dirasakan.

“Kalau kata petugasnya sih, efek samping dirasakan satu hari setelah dilakukan suntik, seperti demam, nyeri kepala dan pegal-pegal di badan. Tapi gak papalah yang penting nakes sehat dan terhindar dari paparan COVID-19,” katanya.

Baca Juga: Daftar Lokasi Vaksinasi Pesawaran, Rincian Vaksin Dosis 1 dan 2

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya