TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Transportasi Penyumbang Inflasi Tertinggi September 2021 Lampung

Kelompok transportasi sumbang inflasi tertinggi 0,81 persen

Illustrasi Inflasi dan Deflasi (www.ifuturecitizen.com)

Bandar Lampung, IDN Times - Provinsi Lampung berdasarkan hasil pemantauan harga di dua kota yaitu Bandar Lampung dan Metro tercatat mengalami inflasi 0,05 persen periode September 2021.

"Dari dua kota pemantauan di Lampung pada September 2021, Kota Bandar Lampung mengalami inflasi sebesar 0,07 persen, dan Kota Metro deflasi sebesar 0,11 persen," terang Kepala BPS Lampung, Faizal Anwar, melalui keterangan resminya, Sabtu (2/10/2021).

1. Lima kelompok pengeluaran mengalami inflasi

Ilustrasi Inflasi. IDN Times/Arief Rahmat

Kepala BPS Lampung, Faizal Anwar menjelaskan, dari sebelas kelompok pengeluaran, lima kelompok pengeluaran mengalami inflasi. Itu meliputi kelompok transportasi menyumbang inflasi tertinggi sebesar 0,81 persen.

Kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga 0,23
persen; kelompok kesehatan 0,13 persen.

Selain itu aja juga kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran 0,06 persen; dan kelompok perumahan, air, listrik, bahan bakar rumah tangga 0,05 persen.

2. Tiga kelompok alami deflasi

Ilustrasi Deflasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Bukan hanya inflasi, BPS Provinsi Lampung juga mencatat tiga kelompok pengeluaran mengalami penurunan indeks atau deflasi. Seperti kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar -0,10 persen; kelompok makanan, minuman dan tembakau -0,16 persen; dan kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan -0,69 persen.

Sementara tiga kelompok lainnya yaitu, kelompok pakaian dan alas kaki; kelompok pendidikan; dan kelompok rekreasi olahraga dan budaya tidak mengalami perubahan indeks. "Ketiga kelompok pengeluaran ini masih berada pada Indeks sebelumnya di Juli 2021," kata Faizal.

Baca Juga: Rokok dan Mobil Picu Inflasi September 2020 Lampung 0,05 Persen

Berita Terkini Lainnya