TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemkot Bandar Lampung Subsidi Rp2,1 Miliar untuk Calon Jamaah Haji

Jamaah termuda 20 tahun 15 hari dan tertua 63 tahun 10 bulan

Ilustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Bandar Lampung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandar Lampung mensubsidi Rp2.104.926.000 untuk calon jamaah haji Kota Bandar Lampung tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Kementerian Agama Kota Bandar Lampung, Makmur ketika menghadiri acara Bimbingan Pembinaan Manasik Haji di Masjid Al-Furqon, Sabtu (21/5/2022). Ia mengatakan sebanyak 743 calon jamaah haji ditambah 7 orang petugas asal Kota Bandar Lampung akan berangkat ke Arab Saudi awal Juni 2022.

“Alhamdulillah calon jamaah haji ini mendapat bantuan ongkos transit daerah (OTD) dari Embarkasi Antara Provinsi Ke Embarkasi Jakarta. Total OTD Rp3.742.091 per jamaah dengan rincian di Pemerintah Provinsi Lampung Rp 935.523 dan subsidi Pemerintah Kota Bandar Lampung Rp2.806.568 per jamaah,” jelasnya.

1. Dari total 1.310 jamaah tunda di Bandar Lampung, sebanyak 567 jamaah belum berangkat

Kepala Kemenag Bandar Lampung, Makmur. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sampai tahun lalu, Makmur menyebutkan jamaah tunda Kota Bandar Lampung berjumlah 1.310 orang. Beruntungnya tahun ini Indonesia sudah bisa kembali melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

“Tapi karena ada pembatasan kuota kemudian ada batasan umur juga, maka setelah kita lakukan perhitungan, akhirnya sekarang 743 orang ini yang akan berangkat dan sekarang ikut manasik haji,” ujarnya.

Kegiatan bimbingan pembinaan manasik haji disampaikan oleh Makmur dilaksanakan selama dua hari yaitu 21-22 Mei 2022 di Masjid Al-Furqon. Dalam tahapan bimbingan manasik haji ini, Ia menjelaskan jamaah diberikan pembekalan tentang pelaksanaan ibadah haji mulai dari rukun haji, sunnahnya, hingga larangan saat haji.

“Sehingga harapannya nanti mereka di sana menjadi lebih mandiri dalam melaksanakan ibadah dan menjadi haji mabrur,” imbuhnya.

Baca Juga: Kemenag Tetapkan 15 Nama Petugas Haji Daerah Kabupaten/Kota Lampung

2. Ada 47 calon jamaah haji kembali menunda karena beberapa alasan

Acara Pembinaan Manasik Haji di Masjid Al-Furqon Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Peserta Bimbingan Pembinaan Manasik Haji Calon Jamaah Haji Kota Bandar Lampung ini awalnya berjumlah 790 calon jamaah haji. Namun karena ada beberapa jamaah menunda untuk berangkat dengan alasan tertentu maka hanya 743 jamaah saja yang berangkat.

“Yang menunda keberangkatan itu ada sebanyak 45 orang beralasan tidak mau terpisah dari keluarganya, kemudian ada 2 orang mutasi, dan I orang meninggal,” paparnya.

Dari jenis kelaminnya, Makmur menyebutkan ada lebih banyak calon jamaah haji perempuan dibanding laki-laki tahun ini, dengan rincian sebanyak 297 jamaah laki-laki dan 446 jamaah wanita.

3. Jamaah tunda akan menjadi prioritas tahun depan

Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Bagi 567 jamaah belum bisa berangkat tahun ini, Makmur menyampaikan akan diprioritaskan pada keberangkatan tahun depan. “Jumlahnya juga nanti bisa saja bertambah, kalau normal kan bisa lebih dari 700 jamaah nanti,” imbuhnya.

Terkait peraturan pembatasan usia, Makmur masih belum bisa memastikan apakah tahun depan syarat berangkat haji dengan usia tak lebih dari 65 tahun keatas ini akan dihapuskan.

“Sebenarnya kan pembatasan usia yang berlaku tahun ini itu berkaitan dengan pandemik COVID-19 ya, dan syarat itu secara langsung diminta oleh Pemerintah Arab Saudi, jadi tahun depan seperti saya juga belum tahu. Kalau memang boleh nanti usia 65 tahun ke atas juga akan kami jadikan prioritas tahun depan,” katanya.

4. Peserta termuda dan tertua

Calon jamaah haji Kota Bandar Lampung 2022. (IDN Times/Istimewa).

Makmur menambahkan, untuk tahun ini, calon jamaah haji termuda yang akan berangkat adalah berusia 20 tahun 15 hari dan tertua berusia 63 tahun 10 bulan.

“Termuda atas nama Dinto dari Kecamatan Tanjung Senang, dan tertua atas nama Ibu Asilah domisilinya di Kecamatan Kemiling,” imbuhnya.

Setelah kegiatan bimbingan selama dua hari, calon jamaah haji ini nantinya akan mendapatkan bimbingan kelompok ditingkat kecamatan, dilaksanakan mulai 23 sampai dengan 30 Mei 2022 di 12 KUA kecamatan sesuai dengan tempat domisili masing-masing calon jamaah.

Baca Juga: Rincian Kuota 3.198 Calon Jamaah Haji Lampung per Kabupaten/Kota

Berita Terkini Lainnya