Bersih Pantai Sukaraja, Pandawara: Baru 30 Persen Keseluruhan Sampah

Cleaning up butuh alat berat

Bandar Lampung, IDN Times - Sekitar 30 persen dari total 300 ton tumpukan sampah di Pesisir Sukaraja telah diangkut alias dibersihkan dari bibir pantai terletak di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung.

Klaim itu disampaikan anggota Pandawara, Gilang usai menjalankan kegiatan bersih-bersih pantai mempu mengundang perhatian pemerintah daerah hingga masyarakat setempat, Senin (10/7/2023).

"Lumayan cukup fantastis (sampah di pantai pesisir Sukaraja), tadi itu kurang lebih hampir puluhan ton. Di hari ini kalau bicara progres baru 30 persen dari total keseluruhan," ujarnya kepada awak media.

Baca Juga: Tumpukan Sampah Pantai Sukaraja, Pemprov Lampung: Buat Sandaran Kapal

1. Tumpukan sampah terbilang ekstrem, bersih pantai butuh alat berat

Bersih Pantai Sukaraja, Pandawara: Baru 30 Persen Keseluruhan SampahPandawara Group saat diwawancarai awak media di Pantai Pesisir Sukaraja, Senin (10/7/2023) sore. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna).

Dijelaskan Gilang, kondisi sampah di Pesisir Sukaraja terbilang amat memprihatinkan, hingga amat tidak mungkin dibersihkan secara manual dan memerlukan bantuan alat berat.

Oleh karenanya, mustahil kegiatan itu dapat dirampungkan dalam waktu sehari dan membutuhkan proses, agar sampah-sampah sedimen dapat benar-benar diangkat hingga dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Butuh proses dan waktu untuk benar-benar bisa beres secara keseluruhan. Masih banyak mungkin, di pantai-pantai lainnya juga kapasitas sampahnya gak kalah ekstrem," ujar dia.

2. Minta pemerintah daerah tuntaskan pembersihan pantai

Bersih Pantai Sukaraja, Pandawara: Baru 30 Persen Keseluruhan SampahPesisir Sukaraja Bandar Lampung yang dibersihkan oleh Pandawara dan masyarakat Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Lebih lanjut Gilang dan kawan-kawan berharap, agar masyarakat dan pemerintah daerah setempat dapat berkomitmen meneruskan kegiatan bersih pantai tersebut hingga 100 persen.

"Baiknya dan harapan dari kita seperti itu, komitmen untuk benar-benar merekonstruksi secara 100 persen. Bagaimana pantai ini bisa menjadi tempat wisata dan indah," pintanya.

3. Pastikan gerakan cleaning up tak bawa embel-embel tertentu

Bersih Pantai Sukaraja, Pandawara: Baru 30 Persen Keseluruhan SampahPantai Sukaraja Bandar Lampung dipenuhi sampah dan viral di akun Pandawara Group. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Ihwal alasan pemilihan lokasi pantai pesisir Sukaraja menjadi target kunjungan Pandawara Group di Lampung, Gilang memastikan, pihaknya tidak membawa embel-embel tertentu. Melainkan sebatas dorongan rasa perhatian atas kerusakan pantai setempat.

"Kalau memang ada kerusakan yang menurut kita pribadi udah parah dan di luar batas wajar. Itu kita gak lihat nama daerahnya atau seperti apa," imbuhnya.

Selain itu, Pandawara Group juga telah menempatkan perwakilan di tiap provinsi untuk mengecek dan memonitor langsung kerusakan alam akibat tumpukan sampah. "Iya kita di setiap daerah atau provinsi ada orang yang kita wakilkan," tandas Gilang.

Baca Juga: Ini Alasan Pandawara Bilang Pantai Lampung Terkotor Nomor 2 Indonesia

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya