Rincian Kuota 3.198 Calon Jamaah Haji Lampung per Kabupaten/Kota

Cek di sini kota/kabupaten CJH terbanyak dan sedikit

Bandar Lampung, IDN Times - Pasca diumumkan akan diselenggarakannya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 M oleh Pemerintah Arab Saudi, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama mendapatkan alokasi kuota sebanyak 100.051 jamaah haji diperuntukkan untuk Provinsi Se-Indonesia.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, M Ansori menyebutkan, ada 3.198 calon jamaah haji (CJH) Provinsi Lampung akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah seiring melandainya pandemik COVID-19 di Indonesia maupun di Arab Saudi.

“Kuota yang didapatkan Provinsi Lampung ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 405 Tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia Tahun Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi,” ujarnya, Minggu (15/5/2022).

Bandar Lampung kuota terbanyak

Rincian Kuota 3.198 Calon Jamaah Haji Lampung per Kabupaten/KotaPemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di luar wilayah Jawa-Bali mulai 15 - 28 Februari 2022. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Ansori menjelaskan, kuota haji Provinsi Lampung diperuntukkan untuk 15 kabupaten/kota. Rinciannya, Kota Bandar Lampung sebanyak 787 jamaah haji; Kabupaten Lampung Selatan 219 jamaah; Kabupaten Lampung Utara 225 jamaah. Sedangkan alokasi Kabupaten Lampung Barat 196 jamaah haji; Kabupaten Tanggamus 157 jamaah.

Untuk Kabupaten Tulang Bawang sebanyak 127 jamaah; Kabupaten Lampung Tengah 504 jamaah; Kabupaten Way Kanan 107 jamaah; Kabupaten Lampung Timur 293 jamaah; Kota Metro sebanyak 203 jemaah haji. Alokasi Kabupaten Pesawaran 65 jamaah; Kabupaten Pringsewu 123 jamaah haji; Kabupaten Tulangbawang Barat 106 jamaah; Kabupaten Mesuji 50 jamaah haji; dan Kabupaten Pesisir Barat 36 jamaah.

Baca Juga: Kemenag Bandar Lampung Jadwalkan Manasik Haji 21-22 Mei 2022

Ada tambahan 16 PHD dan lima KBIHU

Rincian Kuota 3.198 Calon Jamaah Haji Lampung per Kabupaten/KotaIlustrasi dokumen paspor dan bisa calon jemaah haji. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj.

Ansori menjelaskan, selain 3.198 CJH diberangkatkan itu, terdapat 644 orang sebagai cadangan beserta 16 orang petugas haji daerah (PHD) dan lima orang Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

“Berdasarkan KMA Nomor 405 Tahun 2022 total kuota Provinsi Lampung yang akan berangkat ke Tanah Suci di tengah melandainya pandemik COVID-19 sebanyak 3.219 orang calon jemaah haji,” tambah papar pria pernah menjabat sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Kabupaten Selatan ini.

Ansori menyatakan, CJH akan berangkat ibadah haji 2022 merupakan orang-orang yang terpilih. Itu sesuai persyaratan telah ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi, yaitu berusia paling tinggi 65 (enam puluh tahun lima) tahun per tanggal 8 Juli 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi dan sudah melakukan vaksinasi COVID-19.

Jangan mudah percaya hoaks

Rincian Kuota 3.198 Calon Jamaah Haji Lampung per Kabupaten/KotaIlustrasi hoaks (IDN Times/Sukma Shakti)

Ansori berpesan kepada seluruh CJH Provinsi Lampung akan menunaikan haji tahun ini untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Itu sebagai bekal menunaikan ibadah haji nantinya di Tanah suci dan tidak lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan.

“Saya juga berharap kepada seluruh CJH Provinsi Lampung dihimbau agar tidak mudah menerima informasi dan terpengaruh dengan hoaks yang beredar. Misalnya ada yang menyebutkan dua tahun penyelenggaraan haji batal berangkat karena dananya untuk pembangunan IKN Nusantara,” ucapnya.

Ansori memastikan, dana haji aman, prudent (hati-hati), dan diinvestasikan sesuai prinsip syariah, kehati-hatian, nilai manfaat, akuntabel, dan nirlaba. Laporan keuangan tahunan BPKH (Badan Pengelolaan Keuangan Haji) juga bisa dilihat dari web BPKH.go.id.

"Apabila ada informasi dan berita yang beredar di masyarakat, diharapkan calon jamaah haji bisa mendatangi Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota setempat. Kami siap membantu dan menjawab pertanyaan jemaah haji," tandasnya.

Cara cek keberangkatan

Rincian Kuota 3.198 Calon Jamaah Haji Lampung per Kabupaten/KotaANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Ansori mengatakan, CJH Provinsi Lampung, kini bisa mengecek sendiri keberangkatannya, apakah bisa berangkat di tahun 2022 atau masuk daftar tunggu. Caranya, melalui situs https://haji.kemenag.go.id/v4/.

Kemudian lihat bagian bawah page ada pengumuman Berhak Lunas Haji Reguler Tahun 1443 H/2022 M. Tekan 'Klik di sini' pada pengumuman tersebut. Lalu informasi calon jamaah haji 2022 dikelompokkan per provinsi.

Lebih lanjut disampaikan Ansori, pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan dengan 'cek nomor porsi haji Anda'. Nomor porsi haji tersebut tertera dalam bukti setoran awal yang didapatkan saat mendaftar haji di bank.

Bukti setoran awal tersebut merupakan bukti telah terdaftar sebagai peserta calon haji. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan nomor porsi yang tertera di bukti setoran awal di bank.

buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/. Scroll ke bawah hingga menemukan kolom Perkiraan Keberangkatan. Di kolom NOMOR PORSI, silahkan masukan nomor porsi dan tekan tombol CARI. Dengan mendapat nomor porsi berarti  jamaah haji kuota resmi. 

Baca Juga: Gubernur dan Kemenag Lampung Bahas Kuota Haji, Hasilnya?

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya