TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Galeri dan Mini Museum Santa Maria Metro Siap Dibuka Februari 2022

Ada alat kesehatan era kolonial dan sepeda antik

Galeri Sejarah dan Mini Museum Klinik Santa Maria Kota Metro bakal beroperasi Februari 2022. (IDN Times/Istimewa).

Metro, IDN Times - Revitalisasi Galeri Sejarah dan Mini Museum Klinik Santa Maria telah selesai dilakukan minggu ketiga Januari 2022. Proses pengerjaan galeri dan mini museum ini dilakukan sejak awal tahun 2022. Sedangkan risetnya telah dilakukan sejak 2021.

"Berkat gotong-royong dan dukungan berbagai kalangan pengerjaannya menjadi cepat dan terasa ringan," jelas Suster Ciko dari Klinik Santa Maria, Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: [OPINI] 'Kelahiran Kembali' Klinik Santa Maria, Literasi Sejarah Metro

1. Sejarah kolonisasi dan rumah sakit tertua

Galeri Sejarah dan Mini Museum Klinik Santa Maria Kota Metro bakal beroperasi Februari 2022. (IDN Times/Istimewa).

Galeri sejarah dan mini museum menampilkan sejarah perkembangan penyebaran Katolik di Lampung serta Metro dan berdirinya Rumah Sakit St.Elisabeth pada 1938. Rumah sakit itu kini berganti nama menjadi Rumah Sakit Santa Maria hingga kini.

Klinik Santa Maria Metro saat ini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya pada pertengahan tahun 2021 lalu. Mini Museum Santa Maria selain menampilkan alat-alat kesehatan sejak zaman dahulu juga ada sepeda antik yang digunakan oleh Suster Ludana asal Belanda pada tahun 1937 saat bertugas di Metro

Pegiat Komunitas Onthel Metro Tutut Zatmiko, mengatakan jenis sepeda tersebut adalah Een Burgers Deventer, The real Priestterrijwer, sepeda langka diproduksi 1924. "Sepeda ini dibuat khusus untuk para pastur yang berjubah terlihat dari model besinya ini, jenis ini sudah langka," jelasnya.

2. Wisata sejarah dan kesehatan

Galeri Sejarah dan Mini Museum Klinik Santa Maria Kota Metro bakal beroperasi Februari 2022. (IDN Times/Istimewa).

Ketua IDI Metro, dr. Agung berharap peresmian galeri dan mini museum dibuka Februari 2022 ini akan dihadiri unsur pemerintahan dari pusat hingga ke daerah. "Kami bersama sedang upayakan agar kehadiran galeri dan musium ini bisa didukung tak hanya oleh warga tapi juga oleh kalangan pemerintah, bu Wagub Chusnunia juga berkenan hadir di peresmian," jelasnya.

Agung juga berharap wisata heritage yang dikembangkan di Metro dapat berdampingan dengan wisata kesehatan. "Kebetulan tiga dari empat cagar budaya yang ada di Metro semuanya berkaitan dengan kesehatan seperti Santa Maria, Health Centre dan Rumah dokter yang kini menjadi Rumah Informasi Sejarah," jelasnya.

Baca Juga: Galeri Sejarah Santa Maria Metro Mulai Dikerjakan, jadi Health Tourism

Berita Terkini Lainnya