Comscore Tracker

5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!

Terbuka dengan orang baru 

Pernahkah hati kalian merasa gelisah ketika berada di lingkungan baru. Kalian harus bisa beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru tersebut. Salah satu cara agar mudah beradaptasi adalah dengan berkenalan dengan teman atau orang baru di lingkungan tersebut.

Berkenalan dengan orang baru harus dilakukan dengan baik dan benar. Karena kita tidak mengetahui latar belakang orang baru tersebut. Bagaimana caranya berkenalan dengan orang baru? Langsung aja kita simak pembahasannya.

1. Jangan cemas dan buka obrolan santai

5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!ilustrasi obrolan yang santai Unsplash.com/christina@wocintechchat.com)

Sebagian besar ketika kalian berada di lingkungan baru seperti Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jarang ada yang mau membuka pembicaraan atau obrolan. Mungkin karena malu dan canggung untuk berkenalan. Kalian pasti merasakan hal yang sama, tetapi jika tidak yang membuka obrolan bagaimana mungkin kalian bisa akrab?.

Jadi, coba buka obralan dengan hal-hal yang enjoy, kalian bisa menanyakan nama dan asal tempat tinggal. Buat kalian sedang merantau, bisa membuka obrolan dengan perkenalan singkat dan bagaimana aturan atau norma di lingkungan tersebut.

2. Terbuka dan fast respons

5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!ilustrasi saling terbuka(unsplash.com/christina@wecintechchat.cpm

Ketika kalian sedang berkenalan dengan orang baru, usahakan kalian fast respon dan terbuka. Kalian harus cepat tanggap ketika kalian sedang mengobrol secara langsung maupun melalui via chat.

Dia akan menganggapmu sebagai orang yang tidak sombong dan orang yang peka terhadap lingkungan. Dan terbuka dengan orang baru juga salah satu cara agar cepat akrab, jangan membohongi atau menutupi sesuatu darinya. 

Baca Juga: Cringe dan Bikin Illfeel, Jangan Lakukan 5 Hal Ini saat PDKT!

3. Ringan tangan dan tawarkan sebuah bantuan ketika dia sedang mengalami kesulitan

5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!ilustrasi memberi bantuan (unsplash.com/annie spratt)

Sebagai orang baru, kalian harus membuat image kalian baik dimata orang kalian ajak berkenalan. Jika teman atau orang baru tersebut membutuhkan bantuan, usahakan berikan bantuan sebisa mungkin.

Dia akan mengganggap kalian sebagai orang yang baik dan ringan tangan. Jika kalian suka memberi bantuan, maka dia juga akan memberi balasan yang baik pula kepada kalian. Dan tentunya kalian juga semakin akrab

4. Saling menghargai dan ketahui batasan-batasan topik

5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!ilustrasi saling mengahargai dan akrab( unsplash.com/hannah bussing)

Ketika sedang berkenalan dengan orang baru, usahakan hargai pandangan,pikiran dan sikap orang tersebut. Kalian juga harus hati-hati ketika menanyakan sesuatu kepada orang baru kalian kenal.

Jangan memberi pertanyaan menyinggung perasaan atau privasinya. Cari topik yang membuat obrolan kalian menjadi hangat.

5. Jangan merepotkan dan membuat dia merasa tidak nyaman bersama dengan kalian

5 Tips Berkenalan dengan Orang Baru, Langsung Akrab!ilustrasi mengalami kesulitan (unsplash.com/siora photograhpy)

Kalian harus ringan tangan dan suka memberi bantuan, tetapi kalian jangan sampai mengharapkan sebuah balasan atas bantuan kalian tersebut. Sebisa mungkin, untuk tidak merepotkannya dan membuat dia merasa tidak nyaman. Tetap ketahui batasan-batasan dalam berucap dan berperilaku.

Nah,itu tadi beberapa 5 tips buat kalian sedang berada di lingkungan baru dan harus berkenalan untuk proses adaptasi. Lakukan tips itu untuk proses berkenalan yang baik, Semakin banyak teman atau orang yang akrab dengan kalian semakin baik buat kalian untuk proses adaptasi.

Baca Juga: 5 Kriteria Pria Sejati Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Pasangan

Bintang Nala Photo Community Writer Bintang Nala

Mundur kebelakang 1 langkah untuk melompat 3 langkah kedepan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya