Comscore Tracker

Cerita Annisa Mifhtanti, Mahasiswa ITERA Raih 3 Medali Kejuaraan Sains

Mahasiswa Prodi Teknik Kimia

Bandar Lampung, IDN TImes - Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) kembali mencatatkan prestasi di kancah internasional. Kini giliran Annisa Mifhtant, berhasil meraih 3 medali sekaligus dalam ajang Kompetisi Sains Pelajar Se-Indonesia (KSPI) diselenggarakan Pusat Kejuaraan Sains Nasional (Puskanas).

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Kimia tersebut diketahui sukses memperoleh tiga medali yaitu, medali emas untuk bidang Kimia dan medali perak untuk bidang Fisika serta Bahasa Indonesia pada tingkat perguruan tinggi se-Indonesia.

Ajang kejuaraan tersebut diketahui diselenggarakan 17 Juli 2022 itu khusus untuk kategori perguruan tinggi diperlombakan 11 bidang yaitu, Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geografi, Kebumian, Kimia, Komputer, Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: 1.496 Peserta Daftar SMMPTN Barat 2022 ITERA, Catat Tanggal Pengumuman

1. Tambahan relasi hingga tingkatkan kemampuan akademik

Cerita Annisa Mifhtanti, Mahasiswa ITERA Raih 3 Medali Kejuaraan SainsAnnisa Mifhtant, mahasiswa berhasil meraih 3 medali sekaligus dalam ajang Kompetisi Sains Pelajar se-Indonesia (KSP). (IDN Times/Istimewa)I)

Terkait pelaksanaan ajang tersebut, Annisa mengatakan, kejuaraan diselenggarakan secara online melalui web app.puskanas.id dengan durasi 90 menit dan pembagian waktu berbeda-beda untuk setiap bidang.

"Motivasi saya ikut dalam kegiatan ini antaralain ialah, untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kemampuan di beberapa bidang akademik," katanya.

Selain itu, dari berbagai kegiatan, ia mengaku mendapat tambahan relasi pertemanan, melatih kemampuan diri, terkhusus pada bidang akademik. "Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan mengikuti kegiatan ini," sambung Annisa.

2. Harus mampu memanajemen waktu

Cerita Annisa Mifhtanti, Mahasiswa ITERA Raih 3 Medali Kejuaraan SainsIlustrasi kuliah online (IDN Times/Candra Irawan)

Annisa berharap, semoga prestasi telah diraih tidak hanya berhenti sampai di ajang tersebut, sehingga diharapkan turut menunjang keilmuannya dalam menempuh masa studi di ITERA.

"Semoga bisa lulus tepat waktu dan juga ilmu yang saya dapatkan dari perlombaan atau perkuliahan bisa bermanfaat, berguna bagi saya ataupun orang lain di sekitar saya," ujarnya.

Ia juga mengkisahkan, keikutsertaannya di kejuaraan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, melainkan turut dihadapi dengan berbagai tantangan. Misalnya, harus mampu memanajemen waktu antara kuliah dan mempersiapkan mengikuti perlombaan.

“Kesibukan kuliah bukan menjadi penghalang untuk mengikuti kegiatan, termasuk lomba. Saya harus belajar setiap malam untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba ini,” lanjut dia.

3. Ajak mahasiswa lain ikut berprestasi

Cerita Annisa Mifhtanti, Mahasiswa ITERA Raih 3 Medali Kejuaraan SainsGerbang Utama Kampus ITERA, Lampung Selatan, Provinsi Lampung. (IDN TimesTama Yudha Wiguna)

Atas torehan prestasi tersebut, Annisa berharap capaian ini dapat kian memotivasi mahasiswa lain di ITERA, untuk tidak lelah mengukir prestasi dapat mengharumkan dan membanggakan orang tua, maupun kampus terletak diperbatasan Kota Bandar Lampung dan Lampung Selatan tersebut.

“Semoga prestasi ini menjadi langkah awal yang baik untuk saya pribadi dan membuat ITERA kian dikenal di Tanah Air hingga mancanegara," tandas Annisa.

Baca Juga: Fakta Unik Wisuda ke-11 ITERA, Lulusan Termuda Usia 20 Tahun!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya