Comscore Tracker

Doa Saat Terjadi Gempa atau Tertimpa Musibah Lainnya 

Akan ada pertolongan Allah dibalik musibah terjadi

Bandar Lampung, IDN Times - Musibah sudah menjadi suratan takdir dihadapi setiap manusia. Namun baik musibah kecil maupun musibah besar diberikan Allah SWT, diyakini memiliki hikmah setelahnya. Itu dianggap sebagai ujian untuk umat manusia supaya kembali mengingat penciptanya.

Akhir-akhir ini Bumi sedang tidak baik-baik saja. Beberapa musibah bencana alam seperti tanah longsor, banjir dan gempa bumi melanda sejumlah daerah di Indonesia. Kejadian tersebut membuat masyarakat mengalami kesulitan dan membutuhkan uluran tangan sesama manusia.

Namun, selain meminta bantuan manusia jangan lupa untuk senantiasa mengingat Allah SWT dan meminta bantuanNya dengan cara berdoa memohon pertolongan agar dapat mengatasi musibah tersebut.

Berikut IDN Times rangkum sejumlah doa-doa saat terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya.

1. Doa saat terjadi gempa bumi dan sesudahnya

Doa Saat Terjadi Gempa atau Tertimpa Musibah Lainnya Ilustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

اللَّهُمَ إنّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرْهَا ، وَشَرَّ مَا فِيهَا وَشَرَّ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allahumma innî asaluka khairaha wa khaira ma fiha, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri ma fiha wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya:
Ya Allah, aku memohon kehadiratMu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepadaMu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan. (HR An Nasa'i).

2. Mendoakan orang lain yang tertimpa musibah

Doa Saat Terjadi Gempa atau Tertimpa Musibah Lainnya Warga yang terdampak abu vulkanik dari guguran lahar panas Gunung Semeru dievakuasi dari Desa Kamar Kajang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أَجْرُهُم فِي مُصِيبَتِهِمْ ، وَأُخْلِفْ لَهُمْ خَيْرًا مِنْهَا

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha'

Artinya:
Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.

Baca Juga: 8 Orang Doanya Pasti Dikabulkan oleh Allah, Apa Kamu Termasuk? 

3. Doa tertimpa musibah mengikuti teladan Nabi Yunus

Doa Saat Terjadi Gempa atau Tertimpa Musibah Lainnya shutterstock.com

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin.

Artinya
Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.

4. Sabar dan berserah diri pada Allah SWT

Doa Saat Terjadi Gempa atau Tertimpa Musibah Lainnya (Ilustrasi Ikhtiar Berserah Diri Kepada Allah) pixabay.com/ideasgs

Saat tertimpa musibah dianjurkan bersabar dan berserah diri kepada Allah SWT. Anjuran untuk bersabar pun tercantum dalam Al-Quran sebagaimana ayat berikut

يٰۧااَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اسْتَعِيْنُوْا بِالصَّبْرِ وَالصَّلٰوةِۗ إنَّ اللّٰهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Yaaa ayyuhallażiina aamanusta'iinuu bish-shobri wash-sholaah, innalloha ma'ash-shoobiriin.

Artinya
Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah [2]: 153).

5. Akan ada kemudahan setelah kesulitan

Doa Saat Terjadi Gempa atau Tertimpa Musibah Lainnya Pixabay.com/mohamed_hassan

Allah SWT juga menjajikan pada umatnya bahwa akan ada pertolongan untuk umat muslim yang terkena musibah. Itu tercantum dalam Surat Al-Insyirah ayat 5, Allah memberitahu bahwa setiap kesulitan terdapat kemudahan.

فَإِنَّ مَعَ ٱلْعُسْرِ يُسْرًا

fa inna ma’al-‘usri yusrā

Artinya
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Demikian beberapa doa yang bisa kamu baca untuk menenangkan hati. Yuk, baca agar hidupmu terasa lebih damai dan tenteram!

Baca Juga: Salat Ini Membolehkanmu Membaca Doa Qunut

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya