Comscore Tracker

5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemalu

Bisa mulai dari hal-hal yang mudah, lho!

Masalah percaya diri nampaknya masih menjadi satu permasalahan banyak orang. Pasalnya, tak semua orang dapat mengendalikan diri dan meyakini dirinya mampu untuk melakukan banyak hal. Kecenderungan untuk melewatkan kesempatan kerap dilakukan hanya karena kurangnya kepercayaan diri.

Terlebih lagi bagi kamu yang berkarakter pemalu pasti sering banget mengalami masalah kepercayaan diri. Nah, kamu bisa mencoba lima tips and tricks untuk menambah rasa percaya diri kamu miliki saat ini!

1. Gunakan intonasi sedikit lebih lambat ketika berbicara

5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemaluilustrasi presentasi (unsplash.com/campaign_creators)

Ketika kamu sedang menghadapi momen mengharuskanmu untuk berbicara di depan umum, maka perhatikan intonasi bicaramu. Kamu bisa menenangkan diri terlebih dahulu dan diiringi dengan nada bicara yang melambat. Pastikan kamu tidak tergesa-gesa dalam berbicara, karena orang yang tergesa-gesa menandakan bahwa dirinya tak ingin didengarkan.

Sehingga kamu akan semakin percaya diri ketika orang lain mendengarkanmu berbicara dengan intonasi lambat tersebut. Selain itu, orang lain akan lebih mengerti apa yang sedang kamu bicarakan dan mengapresiasimu.

2. Memperbaiki penampilan bisa membuatmu semakin percaya diri

5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemaluilustrasi kurangnya rasa percaya diri (unsplash.com/frankiefoto)

Penampilan itu benar-benar sangat berpengaruh terhadap tingkat percaya diri seseorang. Coba saja ketika kamu sedang mengenakan pakaian tidak nyaman, atau tidak kamu banget pasti kamu merasa risih dan ingin segera menggantinya, bukan?

Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu berpenampilan baik dan rapi. Pilih busana yang ketika kamu gunakan kamu merasa sangat percaya diri. Hal itu dapat terlihat dari gestur tubuh, gaya kamu berjalan dan juga keluwesanmu.

Baca Juga: Susah Menentukan Prioritas, 5 Kesulitan Hidup Ini akan Mengintaimu

3. Pastikan untuk rajin membaca dan memperbaharui pengetahuan 

5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemaluilustrasi wanita membaca buku (unsplash.com/thoughtcatalog)

Salah satu cara untuk memiliki nilai tambah dalam dirimu adalah membekali diri dengan banyak pengetahuan. Pastikan kamu rajin membaca dan memperbaharui informasi terkini. Hal ini berpengaruh ketika kamu sedang diajak berbicara atau berdiskusi oleh orang lain.

Jangan sampai mereka malah merasa tidak nyambung saat berbicara denganmu. Selain itu dengan banyak membaca tentu kamu akan jadi pribadi asyik saat diajak ngobrol dengan berbagai topik.

4. Pilih tempat duduk terdepan ketika menghadiri sebuah rapat atau acara 

5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemaluilustrasi tempat duduk dalam sebuah acara (unsplash.com/matthewosborn)

Hal ini tak berlaku kalau kamu sedang memilih tempat duduk di bioskop ya! Tetapi sangat berpengaruh saat kamu mengadiri rapat, seminar, kuliah dan berbagai acara penting lainnya.

Orang yang memilih tempat duduk di depan cenderung akan memiliki tingkat percaya diri tinggi dibanding duduk di belakang. Itulah mengapa tak banyak orang menyukai tempat duduk di depan, karena banyak orang kurang percaya diri.

5. Berlatih menjaga kontak mata dan berbicara ketika ada kesempatan 

5 Tips and Trik Tingkatkan Rasa Percaya Diri untuk Kamu Si Pemaluilustrasi seorang wanita pemalu (unsplash.com/jjjordan

Satu hal yang paling sulit dilakukan si pemalu saat sedang berbicara dengan orang lain adalah menjaga kontak mata. Biasanya mata akan menatap ke objek di sekitar dan menghindari kontak langsung dengan lawan bicaranya.

Mulai sekarang kamu harus berlatih agar bisa mempertahankan kontak mata dengan lawan bicara. Selain itu juga penting melatih dirimu untuk bisa mengungkapkan pendapat atau berbicara di dalam sebuah forum. Semakin sering kamu lakukan maka akan semakin tinggi percaya dirimu.

Memang tidak ada yang instan ketika kamu ingin meraih sesuatu hal. Tetapi bukan berarti mustahil untuk mengubah karakter kamu yang tadinya pemalu menjadi lebih percaya diri. Fokus dan terus berlatih, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Dikenal Antisosial, Lebih Nyaman Sendirian

It's Me, Sire Photo Community Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya