Comscore Tracker

Cerita Unik Si Bolang Desa Palembapang Bertemu Bupati Lampung Selatan

TRANS 7 syuting Si Bolang di Lampung Selatan, lho!

Lampung Selatan, IDN Times  - Program Acara Si Bolang TRANS 7 cukup dikenal pemirsa televisi. Teranyar, stasiun televisi itu melakukan syuting di Kabupaten Lampung Selatan.

Anak-anak di Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda didapuk menjadi Si Bolang lho. Saat proses syuting, mereka melakukan berbagai aktivitas dan menggali beragam potensi di desa.

Mereka juga berkesempatan bertemu langsung Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto. Berikut IDN Times keseruan proses syuting Si Bolang di kabupaten setempat.

1. Alasan TRANS 7 pilih Desa Palembapang

Cerita Unik Si Bolang Desa Palembapang Bertemu Bupati Lampung SelatanBupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menerima kunjungan Tim Kreatif Program Acara Si Bolang TRANS 7 beserta Aparat Desa Palembapang, Rabu (22/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Andhika, Tim Kreatif TRANS 7, Andhika menjelaskan, ada alasan pihaknya memilih Desa Palembapang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan sebagai lokasi syuting Si Bolang.

Itu lantaran, Kepala Desa Palembapang aktif mengirimkan materi tentang kearifan lokal dan potensi dimiliki desa setempat. Alhasil, televisi nasional itu tertarik mengeksplorasi daerah memiliki kearifan lokal yang menarik.

“Jadi memang sedikit banyak perlu bantuan dari masyarakat khususnya aparat desa yang aktif memberikan materi tentang desanya. Karena tanpa mereka kami tidak bisa bekerja dan liputan dengan lancar,” ujarnya, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: Lampung Selatan Bidik Nol Persen Stunting, Strategi Ini Digunakan

2. Buat kreativitas kearifan lokal menarik bidang seni budaya

Cerita Unik Si Bolang Desa Palembapang Bertemu Bupati Lampung SelatanBupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menerima kunjungan Tim Kreatif Program Acara Si Bolang TRANS 7 beserta Aparat Desa Palembapang, Rabu (22/9/2021). (IDN Times/Istimewa).

Kepala Desa Palembapang, Hendryadi menjelaskan, ia beserta aparat desa lainnya mencoba menawarkan materi-materi kearifan lokal yang ada di desanya dan yang ada di kabupaten Lampung Selatan kepada pihak TRANS 7. “Terkait peninggalan-peninggalan sejarah yang ada di Desa Palembapang seperti batu tulis, kebiasaan masyarakat terkait kearifan lokal dan juga seni budaya,” katanya.

Hendryadi mengatakan, adanya program acara Si Bolang memacu pemerintah desa mencoba membuat kreativitas memunculkan kearifan lokal yang menarik dalam bidang seni budaya. Terkait kebiasaan anak-anak di Desa Palembapang pun jadi fokus perhatian

“Materi yang ditawarkan kemarin adalah tentang kebiasaan anak-anak di Desa Palembapang dengan permainan tradisional yang dapat menghasilkan karya seni anyaman seperti topi yang dibuat dari daun kelapa yang memiliki nilai seni. Kita buat juga Bergambus, Kias serta permainan anak-anak lainnya. Dengan harapan anak-anak bisa lebih mengenal permainan tradisional yang ada di desanya,” tuturnya.

3. Talent Si Bolang pakai tukkus peci tapis khas Lampung

Cerita Unik Si Bolang Desa Palembapang Bertemu Bupati Lampung SelatanTopi khas Lampung Selatan tukkus. (hanuang.com)

Hendryadi mengatakan, selain anyaman topi dari daun kelapa, Tukkus yang merupakan salah satu ikon Lampung Selatan yakni peci topi tapis khas Lampung juga akan menjadi tutup kepala para talent Si Bolang selama pengambilan gambar berlangsung. Tujuannya, sebagai kearifan lokal milik Lampung Selatan.

“Kemarin bersama Tim Kreatif TRANS 7, kita juga coba angkat potensi yang ada di perkebunan. Kebetulan baru saja panen duren. Kita buat duren itu tidak hanya bisa di makan langsung begitu saja, tapi dikemas menjadi kuliner,” ujarnya.

Selain kearifan lokal, seni budaya dan kuliner yang ada di Desa Palembapang, Tim Kreatif TRANS 7 dan aparat desa juga telah berkoordinasi dengan dinas pariwisata untuk mempublikasikan keindahan Pantai Marina sebagai salah satu latar belakang yang mendukung dalam program Si Bolang.

4. Manfaatkan potensi desa

Cerita Unik Si Bolang Desa Palembapang Bertemu Bupati Lampung SelatanSalah satu potensi wisata di Banyuwangi, yakni Desa Wisata Adat Osing Kemiren. (labirutour.com)

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menerima kunjungan Tim Kreatif Program Acara Si Bolang TRANS 7 beserta Aparat Desa Palembapang. Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Bupati Lampung Selatan, Rabu (22/9/2021).

Nanang mengapresiasi kegiatan program acara Si Bolang yang sesuai dengan program yang ada di Kabupaten Lampung Selatan yaitu terkait desa wisata.

“Saya memang selalu tekankan kepada seluruh kepala desa yang ada di Lampung Selatan untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada di wilayah desanya agar menjadi potensi wisata. Supaya dapat meningkatkan perekonomian di desanya,” kata Nanang.

Nanang berharap, adanya program ini dapat lebih memajukan wisata dan kebudayaan di Lampung Selatan.

Baca Juga: Kisah Hendrik Bocah Lamsel Derita Tumor Otak, Hanya Dirawat di Rumah

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya