Comscore Tracker

Profil Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Barat Mantan Aktivis Kampus

Aktif proyek kesejahteraan rakyat

Tulangbawang Barat, IDN Times - Tulangbawang Barat (Tubaba) kabupaten baru di Provinsi Lampung. Kabupaten ini diresmikan sejak 29 Oktober 2008 sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Tulang Bawang.

Ibukota kabupaten ini Panaragan Jaya. Kala itu, Umar Ahmad menjabat sebagai Wakil Bupati pertama Kabupaten Tulang Bawang Barat bersama Bachtiar Basir periode 2011-2014. Jabatan pertama diisi oleh Syaifullah Sesunan selama setahun (2008-2009) tanpa wakil bupati, 2011 barulah jabatan Wakil diisi oleh Umar Ahmad.

Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber perjalanan karier Umar Ahmad di ranah politik.

1. Sarjana pertanian

Profil Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Barat Mantan Aktivis KampusBupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad. (Instagram.com/kominfo.tubaba).

Umar Ahmad lahir di Tulang Bawang Udik, Tubabar 12 Oktober 1980. Ia memulai pendidikannya di SD Negeri 2 Karta Tulang Bawang Udik lulus 1992. Ia melanjutkan jenjang pendidikan di SMP Negeri 2 Tulang Bawang Udik lulus 1995.

Jenjang pendidikan menengah di SMA Negeri 1 Tulang Bawang dan lulus 1998. Setelahnya, Umar melanjutkan pendidikan tinggi Sarjana (S1) di Universitas Lampung (Unila) jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian lulus 2004.

Baca Juga: Ombudsman RI: Pemkab Saatnya Terapkan Teori New Publik Value 

2. Mantan aktivis kampus

Profil Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Barat Mantan Aktivis KampusBupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad. (Instagram.com/kominfo.tubaba).

Sebelum terjun didunia politik, Umar merupakan aktivis kampus di Unila. Ia dikenal oleh mahasiswa sebagai sosok yang bergerak aktif di dunia pendidikan.

Selama menjadi aktivis kampus, ia tidak hanya aktif di berbagai organisasi ekstra perguruan tinggi tapi juga berkecimpung di sejumlah perkumpulan internal kampus, seperti bergabung di Himpunan Masyarakat untuk Kemanusiaan (HUMANIKA) Lampung, menjadi Presidium di beberapa organisasi kampus.

Bahkan ia juga pernah menjabat sebagai Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unila. Ia juga kerap aktif sebagai Sekretaris Asosiasi Pertanian Ubi Kayu Lampung di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandar Lampung.

3. Karier politik

Profil Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Barat Mantan Aktivis Kampushttps://www.idntimes.com/tag/tulang-bawang-barat

Keputusan Umar Ahmad didunia politik saat ia dipercaya menjadi Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Tulang Bawang sebelum terjadinya pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Tulang Barat.

Dikarenakan Tulang Bawang Barat merupakan daerah baru, pada saat itu pemerintahan belum diisi dua pemimpin. Barulah di tahun 2011, saat Bachtiar Basir menjabat kembali untuk periode kedua, Umar Ahmad terpilih menjadi Wakil Bupati Tulang Bawang Pertama untuk masa periode 2011-2014.

Kemudian ia melanjutkan kepemimpinannya di tahun 2014-2016 sebagai Bupati Tulang Bawang Barat bersama Fauzi Hasan sebagai wakilnya. Kepemimpinan orang nomor satu di Tubaba sempat dipimpim Adeham semasa persiapan Pilkada Serentak. Periode kedua Umar sebagai bupati 2017-2022 mendatang.

4. Aktif proyek kesejahteraan rakyat

Profil Umar Ahmad, Bupati Tulangbawang Barat Mantan Aktivis Kampushttps://www.idntimes.com/tag/tulang-bawang-barat

Selama menjabat sebagai bupati, Umar terkenal aktif mencurahkan perhatiannya pada proyek kesejahteraan rakyat. Misalnya, memperbaiki jalanan yang rusak di Tubaba, menanamkan konsep kebudayaan, serta aktif terjun langsung melihat keadaan masyarakatnya.

Umar juga sebagai sosok pemimpin yang aktif, cekatan, dan selalu ada untuk mendengarkan keluhan masyarakatnya.

Dari kisah perjalanan hidup Umar Ahmad kita dapat mengetahui sosok pemimpin yang aktif dan cekatan diperlukan untuk mendengar keluhan masyarakat khususnya masyarakat Tubaba yang masih dalam proses pembentukan daerah perpecahan. Meskipun daerah baru, Tubaba berhasil menjadi daerah yang maju dan cinta budaya ditangan Umar Ahmad. Bagaimana menurut anda? Apakah sosok Umar Ahmad sudah pantas disebut pemimpin yang berbakti kepada masyarakat?

Baca Juga: Tim Tubabar Ciptakan Alat Thermal Therapy, Bantu Penderita COVID-19

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya