Comscore Tracker

ITERA Bentuk Satgas Aku Peduli, Edukasi Mahasiswa Berperilaku Positif

Wadah konseling bagi mahasiswa tingkat satu

Lampung Selatan, IDN Times - Institut Teknologi Sumatera (ITERA) memiliki Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB). Itu merupakan wadah pembinaan akademik, layanan administrasi, maupun pengembangan karakter mahasiswa tingkat satu ITERA dalam rangka mengantarkan kesiapan mahasiswa dari Tahap Persiapan Bersama menuju Program Studi.

Dalam tahapan ini masa perkuliahan 2 semester awal menjalani pendidikan di ITERA terkait pengetahuan dan penguasaan mahasiswa dalam mata kuliah dasar, khususnya Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Kini, TPB ITERA meresmikan pembentukan Satgas Aku Peduli (SAP) sebagai wadah membiasakan perilaku positif antar mahasiswa.

Baca Juga: Mahasiswa ITERA Bikin Alat Pendorong Kecepatan Angin Produksi Listrik

1. SAP ITERA sudah diresmikan

ITERA Bentuk Satgas Aku Peduli, Edukasi Mahasiswa Berperilaku PositifPeresmian Satgas Aku Peduli oleh Lembaga TPB ITERA (itera.ac.id)

Dihadiri ketua kelas TPB, anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Sejahtera ITERA, peresmian SAP dilakukan secara langsung oleh Ketua PTPB ITERA, Rahmat Kurniawan.

"Satgas Aku Peduli yang dibentuk oleh PTPB bertujuan untuk membudayakan perilaku positif antar sesama mahasiswa di TPB dengan prinsip gotong royong dan tolong menolong dalam kebaikan” tutur Rahmat Kurniawan, Selasa (4/10/2022).

Rahmat berpesan kepada para peserta untuk memanfaatkan momen tersebut dalam menyerap ilmu sebanyak-banyak nya.

2. Ini tugas pendidik sebaya

ITERA Bentuk Satgas Aku Peduli, Edukasi Mahasiswa Berperilaku PositifPeresmian Satgas Aku Peduli oleh Lembaga TPB ITERA (itera.ac.id)

Kegiatan berlangsung secara tatap muka di Gedung C ITERA itu diisi rangkaian kegiatan sosialisasi bertajuk Being Caring and Helping Other to Live a More Meaningful Life.

Narasumber Apsari Melati Preameswari, selaku Sub Koordinator Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung menyampaikan, tugas pendidik sebaya antara lain melaksanakan advokasi dan Komunikasi, Informasi dan Edukasi tentang PIK-R.

Selain itu juga melakukan kegiatan yang menarik minat remaja, serta melakukaan pencatatan dan pelaporan.

3. Pesan duta genre untuk remaja

ITERA Bentuk Satgas Aku Peduli, Edukasi Mahasiswa Berperilaku Positiffreepik

Acara tersebut juga menghadirkan M Rian Hidayat dari duta genre nasional 2022. Rian mengajak remaja dan mahasiswa berperan aktif dalam kempanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS ), katakan tidak pada narkoba, seks bebas dan HIV.

Hal senada juga disampaikan Cindy, mengenai lima transisi kehidupan bagi remaja terdiri atas mempraktikkan hidup sehat, melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, menjadi anggota masyarakat dan memulai kehidupan berkeluarga.

“Ketahanan remaja adalah sebuah kondisi yang menggambarkan kemampuan seorang remaja untuk mengendalikan diri, menghindari diri, menolak segala perilaku negatif yang dapat merugikan dirinya” kata Juara 1 Duta Genre Provinsi 2021 itu.

Baca Juga: Wisuda ITERA ke-12, Rektor Nyanyikan Lagu Iwan Fals di Depan Wisudawan

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya