Comscore Tracker

5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan Efisien

Masak jadi lebih semangat, deh

Kalau gak didesain dengan baik, dapur bisa jadi ruangan membosankan. Apalagi jika enggan menatanya. Semua bakal terlihat berantakan dan gampang kotor.

Supaya dapur lebih estetik dan fungsional, kamu boleh, nih, mencoba lima hal di bawah ini. Pasti sudah penasaran kan buat tengok satu-persatu? Kalau begitu, yuk mulai baca artikelnya sampai akhir!

1. Furnitur dan alat masak modern berteknologi tinggi

5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan Efisienilustrasi dapur dengan teknologi modern (unsplash.com/Sidekix Media)

Furnitur dan alat masak modern berteknologi tinggi memang membutuhkan biaya gak sedikit. Tapi jika disesuaikan dengan kebutuhan, bisa jadi investasi yang bagus, lho, buat dapurmu. Selain mempercantik, juga bisa meningkatkan produktivitasmu dalam memasak.

Satu furnitur atau alat musik canggih bisa sangat fungsional dan menggantikan dua hingga tiga alat masak konvensional. Dapur kamu bisa punya ruang yang lebih luas juga, deh.

2. Menyelaraskan kombinasi warna dekorasi dapur

5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan EfisienIlustrasi dapur dengan kombinasi warna senada. (unsplash.com/Im3rd Media)

Orang-orang banyak gak peduli dengan kombinasi warna dalam dapur mereka. Padahal, menyelaraskan kombinasi warna bisa bikin dapur kamu berubah drastis jadi lebih enak dilihat, lho. Kamu bisa mencari inspirasi skema warna sesuai dengan selera.

Salah satu kombinasi warna yang banyak disukai adalah putih karena memberi kesan bersih dan minimalis. Ada juga cokelat dan krem dengan sentuhan kayu sehingga menciptakan suasana dapur yang nyaman. Kalau kamu suka kombinasi warna seperti apa?

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Kamar Keluarga Banyak Anak, Mungil tapi Uwu Banget!

3. Mengekspos struktur atap di area dapur

5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan Efisienilustrasi atap dapur terekspos (reddit.com/ManiaforBeatles)

Selain bikin dapur jadi gak terlalu lembab dan pengap, mengekspos struktur atap di area dapur bisa bikin ruangan jadi lebih cantik, lho. Tapi, ada banyak hal harus diperhatikan, ya, supaya hasilnya gak berantakan.

Pastikan struktur atapmu bersih dan dicat dengan baik. Jangan lupa juga untuk memasang papan di atas kuda-kudamu agar tampak lebih rapi dan lebih bersih. Jangan lupa bersihkan bersihkan secara berkala dari debu dan kotoran.

4. Sentuhan tradisional

5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan EfisienIlustrasi dapur dengan sedikit sentuhan tradisional. (unsplash.com/Collov Home Design)

Memberikan sentuhan tradisional bukan berarti membuat dapur tampak ketinggalan jaman, ya. Kamu bisa tetap punya dapur yang kekinian, tapi diperindah dengan sentuhan tradisional. Apalagi negara kita punya banyak kebudayaan dan kesenian yang bisa bikin dapurmu lebih memukau.

Usahakan sentuhan tradisonal kamu pilih gak mengganggu produktivitas memasakmu. Umpamanya seperti menghalangi area sirkulasi lalu-lalang. Jadi, kamu harus selektif dalam menentukan ukuran dan fungsi yang pas.

5. Area-area tambahan fungsional

5 Hal Bisa Bikin Dapurmu Lebih Estetik dan EfisienIlustrasi dapur yang memiliki area kerja. (unsplash.com/Sidekix Media)

Jika dapurmu masih memiliki ruang kosong yang banyak, kamu bisa menambahkan area-area tambahan. Contohnya seperti meja bar fungsional yang bisa digunakan untuk minum, sarapan hingga proses penyajian makanan.

Kamu juga bisa membuat area bekerja, baik terbuka atau tersembunyi. Bekerja di sekitar dapur untuk yang WFH bisa jadi alternatif suasana baru yang gak kalah menyenangkan. Kamu juga bisa lebih mudah saat ingin mengambil makanan atau membuat minuman.

Sebelum mencoba menambahkan lima hal di atas di dapurmu, jangan lupa untuk mengatur anggaran terlebih dahulu, ya. Supaya masak makin asyik, keuangan juga terkendali.

Baca Juga: Inspirasi Desain Biofilik Rumah Biar Terasa Makin Alami

Alfikri Saga Photo Community Writer Alfikri Saga

Aktif menulis artikel humor, pengembangan diri, arsitektur, entertainment dan wisata.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya