Comscore Tracker

Lulus SMA Pilih Kuliah atau Kerja Bila Ingin Sukses Karier? Ini Tipsnya

Perencanaan tepat salah satu kunci kesuksesan

Bandar Lampung, IDN Times -Menyiapkan karier dengan perencanaan tepat menjadi salah satu jalan menuju kesuksesan.

Apalagi bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Tentunya jurusan yang akan dipilih harus dipertimbangkan dengan matang.

Namun saat menyelesaikan studi pada jenjang SMA biasanya banyak pertanyaan yang ditujukan ke diri sendiri. Bahkan masih bingung mau kemana dan harus bagaimana.

Nah berikut IDN Times rangkum perencanaan perlu kamu siapkan setelah lulus SMA.

Baca Juga: Sikapnya Sabar dan Analitis Abis! 5 Zodiak Berbakat Jadi Psikolog

1. Luangkan waktu untuk merenung dan berpikir

Lulus SMA Pilih Kuliah atau Kerja Bila Ingin Sukses Karier? Ini TipsnyaPexels.com/Pixabay

Dosen Bahasa Indonesia IIB Darmajaya Bety Magdalena mengatakan, setelah lulus SMA siapkan satu titik pada diri sendiri untuk merenung dan berpikir harus menjadi sukses ke depannya.

“Mau gak mau, siap gak siap kita harus ada satu titik untuk merenung dan berpikir langkah kedepannya. Apakah harus membahagiakan orangtua dan menjadi orang hebat? Lalu bertanya pada diri sendiri mampu atau tidak mewujudkannya,” terangnya.

2. Pendidikan tinggi jadi peluang kerja semakin besar

Lulus SMA Pilih Kuliah atau Kerja Bila Ingin Sukses Karier? Ini TipsnyaIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Penentuan karier, lanjut dia, dimulai dari memutuskan untuk kuliah atau tidak. Karena dengan kuliah keterampilan pengetahuan menjadi meningkat. Menurutnya, berpendidikan tinggi peluang kerja juga semakin besar.

"Tak hanya itu, saja wawasan dan pengetahuan yang didapatkan merubah pola pikir menjadi lebih dewasa saat menentukan untuk kuliah. Derajat di mata manusia akan terangkat dengan memiliki pendidikan tinggi,” kata Bety.

3. Pilih jurusan kuliah jangan asal-asalan

Lulus SMA Pilih Kuliah atau Kerja Bila Ingin Sukses Karier? Ini TipsnyaIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Pembina UKM Bahasa IIB Darmajaya ini menerangkan, jangan sampai memilih kuliah karena cuma ikut-ikutan teman atau gengsi.
Menurutnya itu keliru dan akan merusak karir ke depan.

"Karena biaya kuliah tidak murah dan tidak main-main dalam menjalankannya,” jelas Bety.

Pihaknya berpesan pada lulusan SMA sederajat untuk mempertimbangkan dalam memilih jurusan saat kuliah sesuaikan dengan minat hobi, potensi diri, dan peluang karir ke depan.

"Sesuaikan jurusan dengan keunggulan universitas, sesuaikan dengan kemampuan finansial, dan minta pendapat dari orang-orang terdekat,” bebernya.

Baca Juga: Tips Mencari Pekerjaan Periode Pandemik COVID-19

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya