Comscore Tracker

Rekomendasi Novel Teenlit Terbaik, Ceritanya Unik dan Lucu  

Cocok dibaca remaja SMA, banyak pesan moralnya

Bandar Lampung, IDN Times - Membaca buku jadi aktivitas menyenangkan jika sudah menemukan buka menarik sesuai selera kamu. Itulah kenapa, kamu harus menemukan satu buku kamu suka supaya memancing minat baca dan penasaran dengan bacaan lainnya.

Jika kamu masih belum menemukan bacaan sesuai selera, beberapa novel penuh humor ini bisa jadi solusinya lho. Kamu bakal terhibur dan dibikin ketawa dengan cerita-cerita lucu sampai tak terasa sudah sampai halaman akhir. Tapi gak cuma lucu, novel teenlit ini juga memiliki pesan mendalam tentang kehidupan. 

Berikut IDN Times rangkum selengkapnya.

1. Cewek

Rekomendasi Novel Teenlit Terbaik, Ceritanya Unik dan Lucu  Instagram.com/joglobukujogja

Novel berjudul cewek karya Karya Esti Kinasih ini menceritakan petualangan tiga pasang kekasih akan naik gunung. Kelucuan mereka bakal menghibur dan bikin gemas sepanjang membaca novel ini.

Meski tokoh dalam novel ini adalah sepasang kekasih, ceritanya bukan tentang romantisme hubungan lho. Tapi petualangan dan persiapan mendaki gunung.

Tak hanya lucu, novel ini juga memberi pesan untuk tidak meremehkan kemampuan perempuan melakukan aktivitas menantang seperti mendaki gunung.

2. Dog's love

Rekomendasi Novel Teenlit Terbaik, Ceritanya Unik dan Lucu  Instagram.com/rak_kitaa

Novel karya Iwoq Abqary ini jadi salah satu novel komedi dicetak ulang karena selalu menyelipkan cerita humor bikin pembaca tertawa. Gaya bercerita Iwoq dalam karya novelnya memang tak diragukan lagi. Meski novel ini sudah terbit sejak 2011 dan cetakan kedua 2017, komedinya masih bisa dinikmati hingga kini.

Dog's Love mengisahkan Dido sebagai tokoh utama dalam novel ini jatuh dari tangga dua kali. Kejadian jatuh itu justru membuat Dido bisa mengerti bahasa anjing dan bisa dekat dengan cewek yang sudah ia taksir selama ini.

Baca Juga: Rekomendasi Novel Best Seller Berlatar Sejarah Karya Penulis Indonesia

3. Parable

Rekomendasi Novel Teenlit Terbaik, Ceritanya Unik dan Lucu  IDN Times/Istimewa

Pecinta novel genre komedi pasti tak asing lagi dengan karya Brian Khrisna berjudul Parable ini. Novel teenlit satu ini mengisahkan seorang anak SMA hidup serba kekurangan. Tokoh bernama Dewa ini lahir dari keluarga tidak mampu secara finansial dan selalu rangking terakhir di kelas.

Dewa juga digambarkan tidak memiliki keahlian dan tidak pernah memenangkan apapun. Parasnya tak menarik membuatnya tidak pernah berpacaran karena selalu ditolak.

Cerita novel ini memberi gambaran tentang seseorang tidak pernah menjadi pemeran utama di kehidupannya sendiri. Tapi kamu juga bakal dibuat ketawa dengan obrolan lucu dalam novel ini khas bahasa anak zaman sekarang.

4. From Sumatera With Love

Rekomendasi Novel Teenlit Terbaik, Ceritanya Unik dan Lucu  Instagram.com/katalogrba

Novel teenlit lainnya bakal menghibur kamu adalah From Sumatera with Love karya Esi Luhur. Novel ini mengisahkan persahabatan anak-anak kelas 11 SMA memiliki ide gila berlibur menjelajah tanah Sumatra.

Menariknya, novel komedi ini tak haya menyuguhkan cerita ringan penuh humor. Tapi riset penulis tentang Sumatra sangat detail lho. Kamu bisa sekaligus mengenal wisata apa saja yang ada di Pulau Sumatra.

5. Dream Launch Project

Rekomendasi Novel Teenlit Terbaik, Ceritanya Unik dan Lucu  Instagram.com/ninaddee

Terakhir adalah novel Dream launch project karya Renita Nazaria. Kamu gak cuma dibuat ketawa saat membacanya, tapi bakal menangis terharu karena kisahnya cukup sedih. Novel ini mengisahkan tentang seorang guru dan murid-muridnya.

Terry seorang penulis lagu dan produser, diagnosis tinnitus serta kemungkinan kehilangan pendengaran secara total seumur hidup. Hal itu lantas membuatnya kehilangan semangat hidup hingga melakukan percobaan bunuh diri. Kejadian itu membuatnya teringat janjinya di masa lalu sehingga menuntunnya menjadi seorang guru dan bertemu dengan murid-muridnya. Dari situ kisah dimulai, membuat pembaca bisa tertawa dan menangis secara bersamaan.

Membaca genre novel humor di kala waktu senggang tentu sangat menghibur. Dari rekomendai novel teenlit di atas, ada sudah kamu baca? 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Adaptasi Novel Remaja Terbaik, Seru dan Tak Biasa  

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya