Comscore Tracker

Rekomendasi Film Parodi Terbaik Siap Mengocok Perut

Ada Mr. Bean jadi James Bond!

Film parodi adalah film mengimitasi film atau genre lainnya. Biasanya, jenis tontonan ini mengusung tema komedi secara eksplisit atau tidak mengejek dan menyindir film aslinya. Dulu, genre parodi cukup populer apalagi di era 80-an. 

Dilansir dari nofilmschool.com, beberapa film parodi mencatatkan angka pendapatan sangat bagus untuk industri, contohnya adalah trilogi Austin Powers. Namun di sisi lain komedi bisa disampaikan ketika memparodikan suatu film akan sangat terbatas untuk penggemar film tersebut saja, sehingga sulit juga untuk membuat film parodi yang bagus.

Dua sisi ini mungkin menjadi dilema menyebabkan para pegiat film jarang memproduksi lagi film parodi di era sekarang. Nah, namun jika memang merindukan genre ini, kamu dapat menonton 7 film parodi ada di daftar ini. 

1. Scary Movie (2000)

https://www.youtube.com/embed/Sgwfvu6k0xs

Scream adalah film horor mengerikan sangat populer dan Scary Movie adalah parodi dari film tersebut. Film ini memakai latar belakang yang sama dengan Scream namun juga menampilkan kemiripan dengan film horor terkenal lainnya, I Know What You Did Last Summer.

Bercerita tentang Cindy Campbell (Anna Faris) dan teman-temannya yang jadi target dari pembunuh berantai bernama Ghostface. Isi dari film ini adalah banyolan klise tentang pembunuhan, seks dan drug lalu juga campuran dari beberapa film dan serial populer. Racikan yang tak terlalu buruk untuk ditonton santai mengisi waktu luangmu.

2. Spaceballs (1987)

https://www.youtube.com/embed/fTuFQAXD0aE

Film parodi satir, Spaceballs disukai banyak orang karena pendekatannya yang unik dan konyol terhadap Star Wars, Star Trek, Alien, dan banyak film lainnya. Jika kamu mencari tawa maka cobalah menontonnya. 

Bercerita tentang Presiden Skroob (Mel Brooks) dari Planet Spaceball yang memonopoli semua udara segar. Dia berencana untuk mencuri udara dari King Roland dan planetnya Druidia.

Dia juga mengirim Dark Helmet (Rick Moranis) untuk menculik putrinya. Namun rencana tersebut akan dihentikan oleh sekelompok pahlawan. 

Seorang kritikus film, Rogert Ebert mengatakan, dialog di Spaceballs dibuat dari istilah-istilah lucu, plesetan dan lelucun lama mungkin tidak akan relate dengan anak muda. Namun sebagai gantinya ada beberapa lelucun visual yang bagus di film ini. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Dokumenter Pembunuh Berantai Tayang di Netflix

3. Enchanted (2007)

https://www.youtube.com/embed/IJwUFq8uOr0

Enchanted adalah film yang unik karena memberi penghormatan sekaligus mengolok-olok Disney Princess. Giselle yang diperankan Amy Adams muncul pertama kali sebagai putri dalam bentuk kartun yang menginginkan sesuatu yang lebih. Dia berharap untuk dikirim ke dunia nyata dan keluar dari dunia dongeng.

Film ini mengolok-olok kenaifan dunia dongeng khususnya kisah-kisah Disney dengan memperlihatkan kenyataan pahit di dunia nyata. Mereka secara gamblang mengejek para putri yang bernyanyi dan menari layaknya kita mengejek film India. 

4. Outer Man (2015)

https://www.youtube.com/embed/rby4u4-qdEc

Selanjutnya adalah parodi dari serial terkenal Ultraman, berjudul Outer Man. Film tayang tahun 2015 ini dibuat oleh sutradara Jepang spesialis film parodi low budget, Minoru Kawasaki. 

Diceritaka ada TV series berjudul Outer Man (merujuk pada Ultraman) yang populer selama 50 tahun lamanya. Tiba-tiba suatu hari alien raksasa yang sangat mirip dengan karakter Outer Man di serial tersebut muncul di Jepang.

Namun tidak seperti tokoh Outer Man di dalam serial yang membela kebenaran, alien tersebut jahat dan mencoba mencuci otak penduduk Jepang untuk mulai mengambil alih bumi. Lalu, aktor yang memerankan Outer Man  di serialnya mencoba melawan alien ini dengan berubah menjadi penjahat di serial tersebut yang bernama Sylvie Seijin.

5. Jhonny English (2003)  

https://www.youtube.com/embed/EG0MR5dFz7E

Johnny English adalah parodi dari film-film spionase seperti James Bond, Mission Impossible dan lainnya yang menyelesaikan misi mata-mata menggunakan alat canggih. Pemeran utama kita di film ini diperankan oleh Rowan Atkinson sang Mr. Bean. 

Jadi tak perlu diragukan lagi bagaimana kocaknya komedi ala Mr. Bean dipadukan dengan tema spionase. Tingkah Rowan Atkinson sebagai mata-mata bernama Johnny akan sukses mengocok perutmu.

6. Hot Shots! (1991) 

https://www.youtube.com/embed/ih78dz2XyLc

Sutradara Jim Abrahams dan Pat Proft adalah dua orang yang sangat menikmati pekerjaan mereka dalam membuat film parodi. Mereka juga yang bertanggung jawab dalam parodi tahun 1991 Hot Shots! 

Film kocak yang dibintangi Charlie Sheen, Valeria Golina, Cary Elwes, and Lloyd Bridges tersebut menjadi imitasi dari film terkenal aktor tampan Tom Cruise, Top Gun. Film ini pun memiliki sequel yang tak kalah lucu berjudul Hot Shots! Part Deux yang memparodikan film Rambo.

7. Galaxy Quest (1999)

https://www.youtube.com/embed/4kIavuY5NXw

Kali ini Star Trek yang diparodikan. Para aktor dan aktris konyol dikumpulkan untuk menyajikan nostalgia, petualangan luar angkasa dan tawa yang dibungkus dalam kiasan Star Trek klasik. Komedi-komedi absurd yang ditampilkan di film karya sutradara Dean Parisot ini bakal sukses mengocok perutmu. 

Film-film di atas cocok banget kamu tonton saat jenuh dengan semua genre yang ada saat ini. Parodi seperti ada dipihakmu untuk mengejek betapa monoton genre yang ada. Apa kamu sependapat?

Baca Juga: 7 Film Barat Terbaru Tayang di Platform Streaming Selain Netflix

Luthfi Alimughni Photo Community Writer Luthfi Alimughni

Pecinta film yang hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya