15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahu

Film-film berikan pengaruh besar pada dunia sinema

Perfilman dunia khususnya Hollywood memiliki sejarah cukup panjang. Mulai dari film bisu, hitam putih, sampai dengan era modern seperti sekarang di mana film sudah terlihat canggih dengan adanya teknologi CGI.

Perkembangan industri perfilman umumnya dipengaruhi film-film yang bermunculan di masa lalu. Kemudian para sineas mencoba meniru formula film-film tersebut. 

Nah, dalam sejarahnya, banyak sekali film mampu memengaruhi industri perfilman dunia dengan sangat kuat. Bahkan tak sedikit film-film pengaruhnya masih bisa dirasakan sampai saat ini.

Tanpa perlu basa-basi lagi, berikut beberapa film paling berpengaruh sepanjang masa dalam sejarah perfilman menurut para pengamat film. 

1. Citizen Kane (1941)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan Citizen Kane (dok. RKO Radio Pictures/Citizen Kane)

Citizen Kane adalah film drama hitam putih ditulis, dibintangi sekaligus disutradarai Orson Welles. Film ini sangat berpengaruh pada perkembangan sejarah dunia sinema.

Film ini memberikan pengaruh pada berbagai aspek, mulai dari teknik pengambilan gambar menjadi lebih kompleks, sampai dengan gaya penceritaan yang lebih luas.

Film ini menceritakan kisah hidup raja media bernama Charles Foster Kane yang kaya raya. Film ini seringkali menjadi bahan penelitian para pecinta sinema di lingkungan akademisi. 

2. Metropolis (1927)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Metropolis (dok. Parufamet/Metropolis)

Ini merupakan film bisu berhasil menjadi salah satu pionir film fiksi ilmiah dengan tema futuristik. Metropolis berlatar tahun 2026 di mana terdapat sebuah kota dengan teknologi dan juga robot canggih yang bisa membantu manusia.

Namun di sisi lain terjadi ketidakadilan di masyarakat. Film ini sangat visioner dan pesan yang disampaikannya masih relevan sampai sekarang. 

3. Frankenstein (1931)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Frankenstein (dok. Universal Studios/Frankenstein)

Film tentang mayat yang hidup kembali menjadi monster ini merupakan salah satu film pertama di era awal film dengan suara. Frankenstein adalah salah satu pionir film horor dengan bumbu fiksi ilmiah dan formula seperti ini kemudian ditiru oleh film-film setelahnya. Film ini juga dipuji karena akting para pemainnya yang masih cocok ditonton sampai sekarang.

Baca Juga: 10 Serial Keren Tayang Desember 2023, Gak Cuma Drakor!

4. The Jazz Singer (1927)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film The Jazz Singer (dok. Warner Bros./The Jazz Singer)

Pengaruh dari film ini adalah menjadi film dengan suara pertama di dunia. Film ini berhasil menjadi awal transisi dari film bisu ke film dengan suara.

Transisi tersebut berlangsung selama beberapa tahun hingga pada era 1930-an film bisu perlahan menghilang. Film ini mengisahkan seorang mengejar kariernya menjadi penyanyi Jazz di bawah tekanan sang ayah yang menentang cita-citanya tersebut. 

5. Nosferatu (1922)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Nosferatu (dok. Film Arts Guild/Nosferatu)

Nosferatu merupakan film horor hitam putih bisu sebenarnya diangkat dari novel Dracula karya Bram Stoker namun tidak resmi. Film ini memberikan pengaruh sebagai salah satu pionir film horor dengan gaya gambar sinematik yang mencekam.

Setelah film ini, film-film horor lainnya memakai teknik yang sama untuk menciptakan atmosfir yang menyeramkan. 

6. Gone With the Wind (1939)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Gone With the Wind (dok. Loews Cineplex Entertainment/Gone With the Wind)

Gone With the Wind merupakan salah satu film paling berpengaruh sepanjang masa. Film yang disutradarai oleh Victor Fleming ini adalah film epik romansa yang berlatarkan sejarah perang saudara yang menimpa Amerika Serikat.

Ini merupakan salah satu film termegah yang pernah dibuat oleh umat manusia di masanya. Film ini juga berhasil mendapatkan banyak penghargaan termasuk Piala Oscar. 

7. The Searchers (1956)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film The Searchers (dok. Warner Bros./The Searchers)

The Searchers adalah film berwarna diproduksi dengan sistem pewarnaan Technicolor. Film ini menjadi salah satu pionir film western atau biasa kita sebut sebagai film koboi. Film ini memberikan formula dan standar yang kemudian digunakan oleh film-film koboi yang selanjutnya. 

Baca Juga: 12 Film Horor Supranatural Terseram Sepanjang Masa, Bikin Merinding!

8. Jaws (1975)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan dilm Jaws (dok. Universal Studios/Jaws)

Jaws yang disutradarai oleh Steven Spielberg tak hanya memberikan pengaruh besar pada dunia sinema, tapi juga memberikan pandangan mengerikan banyak orang terhadap hiu putih.

Film yang menggunakan teknologi animatronik berhasil membuat banyak orang takut berenang di pantai bahkan menjadikan reputasi hiu putih menjadi sangat menyeramkan. Semuanya karena teror dan penampakan hiu putih dalam film ini terasa sangat nyata. 

9. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib TahuSnow White and the Seven Dwarfs (dok. Walt Disney Pictures/Snow White and the Seven Dwarfs) 

Inilah film animasi panjang pertama dari Disney. Film ini berdampak sangat besar bagi Walt Disney hingga sekarang. Tak cuma itu, film ini juga menjadi tonggak penting dalam sejarah film animasi.

Snow White and the Seven Dwarfs diproduksi dengan sangat rumit di masanya yaitu dengan penggambaran secara manual dan teknik pewarnaan Technicolor yang terbilang mahal.

10. The Godfather (1972)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film The Godfather (dok. Paramount Pictures/The Godfather)

Film dibintangi oleh Marlon Brando dan Al Pacino ini disebut sebagai pionir film gangster atau mafia dan sukses membuat genrenya sendiri. Setelah The Godfather, bermunculan juga film dengan genre serupa yang mengangkat kehidupan para gangster. Film ini juga memberikan pengaruh besar terhadap pandangan masyarakat pada mafia. 

11. 2001: A Space Odyssey (1968)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film 2001: A Space Odyssey (dok. MGM/2001: A Space Odyssey)

Film disutradarai oleh Stanley Kubrick ini merupakan salah satu film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa. Pengaruh dari film ini adalah berupa efek visual canggih pada masanya sampai teknologi yang visioner. Bahkan ada beberapa teknologi di film ini yang berhasil menjadi kenyataan yaitu komputer tablet dan AI. 

Baca Juga: 8 Pemeran Joker dari Masa ke Masa, Mana Paling Keren?

12. Psycho (1960)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Psycho (dok. Paramount Pictures/Psycho)

Merupakan salah satu karya terbaik Alfred Hithcock memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan film suspense. Film ini menciptakan formula kuat sebagai film thriller dan suspense.

Salah satunya adalah formula cerita orang yang terjebak di satu lokasi dan bertemu dengan psikopat. Ya, ini merupakan salah satu pionir film psikopat pertama di dunia. 

13. The Wizard of Oz (1939)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film The Wizard of Oz (dok. Loews Cineplex Emtertainment/The Wizard of Oz)

The Wizard of Oz menjadi film fantasi fenomenal di masanya dengan latar yang megah dan visual artistik. Film ini juga dibuat dengan proses pewarnaan Technicolor yang membuat visualnya menjadi sangat menawan bahkan masih layak ditonton sampai dengan sekarang.

Berkat film ini, film lainnya berlomba menciptakan film berwarna dengan kualitas sinematografi yang lebih ditingkatkan.

14. Seven Samurai (1956)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Seven Samurai (dok. Toho/Seven Samurai)

Rasanya tidak adil jika Seven Samurai tidak dimasukan ke dalam daftar ini. Adapun pengaruh dari film karya Akira Kurosawa ini adalah formula cerita yang terus dipakai oleh banyak film hingga saat ini.

Formula cerita tersebut adalah berkumpulnya orang yang tidak saling mengenal dan bekerja sama melawan kejahatan. Banyak sekali film yang menerapkan formula tersebut, termasuk The Avengers (2012).

15. Westworld (1973)

15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahucuplikan film Westworld (dok. MGM/Westworld)

Westworld adalah film fiksi ilmiah garapan sutradara Michael Chricton. Film ini memang kurang begitu dikenal sebagai film yang sukses di box office. Namun film ini memiliki pengaruh yang cukup kuat, yaitu menjadi film pertama yang menggunakan CGI.

Penerapan CGI di film ini memang masih sederhana namun menjadi awal sebuah kemajuan efek visual dalam sejarah sinema. 

Tentunya selain 15 film di atas, masih banyak lagi film-film lainnya dianggap paling berpengaruh terhadap sejarah dunia sinema. Yang jelas, para pecinta film atau sinefil minimal harus tahu sejarah film-film tersebut. 

Baca Juga: 7 Superhero Terkenal Ternyata Yatim Piatu Sejak Masih Muda

Hilman Azis Photo Community Writer Hilman Azis

Seorang penulis yang menyukai berbagai hal termasuk budaya populer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya