6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflix

Ada adegan yang bikin ketawa ngakak!

Intinya Sih...

  • Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon diputar di Netflix mulai 7 Desember 2023, menceritakan penderitaan Suzzanna akibat santet dan kematian yang mengerikan.
  • Adegan ketika perut Suzzanna berpindah ke belakang dan bayi keluar dari perut belakangnya menjadi momen yang membuat penonton tidak nyaman.
  • Suzzanna memberi pengalaman menyeramkan dengan adegan tragis dan pertumpahan darah, namun juga hadirkan adegan kocak saat memesan bakso.

Menyusul perilisan film horor Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018), film reborn Suzzanna yang kedua ini akhirnya ditayangkan juga di Netflix mulai 7 Desember 2023. Menceritakan Suzzanna (Luna Maya) gadis desa harus meninggalkan kekasihnya Surya (Achmad Megantara) karena harus menikah dengan Raden Aryo (Tio Pakusadewo) karena utang ayahnya.

Selain karena terpaksa menikah, penderitaan Suzzanna juga bertambah dari santet yang dikirimi Minati (Sally Marcelina), istri dari Raden Aryo. Berakhir dengan kematian dan arwahnya yang gentayangan, film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon ini sukses memberikan ketakutan tersendiri lewat filmnya.

Namun tidak hanya itu, ada juga adegan emosional hingga dimana penonton dibuat tertawa berkat akting para pemainnya. Apa saja ya adegan-adegan menarik dalam film ini? Hati-hati, artikel ini mengandung spoiler!

1. Adegan saat Suzzanna melahirkan hingga meninggal

6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflixcuplikan Luna Maya di Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (dok. Soraya Intercine Films/Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Akibat cemburu dengan Suzzanna, Minati sebagai istri pertama Raden Aryo menyantetnya dengan bantuan Ki Jaka (Baron Hermanto). Sebelumnya, santet yang dikirimi Ki Jaka tidak pernah berhasil membunuh Suzzanna.

Tetapi Minati tidak menyerah, ia dan Ki Jaka pun mencobanya lagi. Hingga akhirnya pada saat ingin melahirkan, Suzzanna merasa sakit perut yang luar biasa. Dukun beranak yang menanganinya sampai kebingungan mengapa ia terus kesakitan dan bayinya juga tidak kunjung keluar.

Setelah diperiksa, ternyata ada pergerakan tidak wajar di perut Suzzanna. Kejadian tidak wajar berikutnya adalah perutnya yang membesar di depan malah berpindah ke belakang perutnya. Hal itu tentunya membuat pelayannya Ratih (Taskya Namya) dan dukun beranak itu menjauh ketakutan.

Apalagi ketika baby bump-nya meledak dan disusul dengan kehadiran bayi dari perut belakangnya yang berlubang. Adegan tidak masuk akal ini berjalan dengan intens yang akan bikin penonton tidak nyaman.

2. Adegan emosional saat Surya menggali kuburan Suzzanna

6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflixcuplikan Achmad Megantara di Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (dok. Soraya Intercine Films/Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Dari Ratih, Surya mengetahui Suzzanna sudah meninggal tidak wajar karena disantet. Surya begitu marah dan juga merasa kehilangan. Malam harinya ia memutuskan untuk menggali makam Suzzanna.

Ternyata Suzzanna dikuburkan hanya dengan kain pembungkus dan masih dengan baju yang dipakainya saat melahirkan. Surya menangis sambil memeluki tubuh Suzzanna dengan keadaan perut belakang yang berlubang.

Niat awal Surya hanya ingin melihat Suzzanna untuk terakhir kali, namun ia malah membawa mayat Suzzanna ke tempat lain. Setelah menggali dan membawa kabur mayat Suzzanna, Surya juga tidur sambil memeluk tubuh kekasihnya yang mulai dihinggapi lalat itu. Melihat tindakan Surya ini, penonton akan dibuat ikut merasa sedih karena kehilangan orang yang dicintai.

Baca Juga: 15 Film Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Kamu Wajib Tahu

3. Teror Suzzanna saat membalikkan kepalanya di bawah dan menakuti Minati

6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflixcuplikan Sally Marcelina di Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (dok. Soraya Intercine Films/Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Tindakan impulsif Surya berujung dengan perjanjian yang ia lakukan dengan iblis di hutan. Iblis itu membuat Suzzana kembali hidup. Awalnya Suzzanna tidak menyadari ia adalah hantu yang meninggal saat melahirkan.

Setelah mengetahui ceritanya dari Surya, Suzzanna berencana untuk mengambil anaknya dan mulai meneror rumah Raden Aryo dan Minati. Di suatu malam saat bersiap untuk tidur, Minati yang sedang menyisiri rambut panjangnya menyadari ada yang aneh dari rambutnya.

Ternyata bukan rambutnya yang sedang disisirinya, melainkan rambut Suzzanna dengan posisi kepala yang terbalik. Adegan ini bikin takut nyisir rambut malam-malam!

4. Pembantaian Suzzanna saat mengambil bayinya

6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflixcuplikan Luna Maya saat menyerang di Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (dok. Soraya Intercine Films/Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Adegan ini paling banyak dikomentari para penonton. Pasalnya, Suzzanna: Malam Jumat Kliwon sukses hadirkan thriller dengan pertumbahan darah di babak ketiga ini. 

Suzzanna dibantu Surya, Rojali (Opie Kumis) dan Japra (Adi Bing Slamet) sudah menyusun rencana agar dapat masuk ke rumah Raden Aryo untuk mengambil anaknya. Penyerangan demi penyerangan terjadi antara hantu Suzzanna dan Surya melawan para penjaga di kediaman Raden Aryo. Tanpa ampun, Suzzanna menghabisi semua orang dengan cara tragis seperti menusuk suling bambu ke leher atau menusuk keris ke kepala.

5. Adegan Suzzanna keluar dari perut belakang Minati

6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflixcuplikan Sally Marcelina di Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (dok. Soraya Intercine Films/Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Minati adalah orang terakhir yang dikejar Suzzanna karena Minati pergi membawa bayinya. Di tengah-tengah penyerangannya terhadap Minati, Suzzanna tiba-tiba tidak terlihat oleh Surya.

Melainkan malah perut belakang Minati yang tiba-tiba membesar dan disusul dengan sebuah ledakan darah. Seakan membalas perbuatan Minati dengan hal yang sama, tangan hingga tubuh Suzzana keluar dari perutnya yang berlubang. 

Melihat itu membuat Surya yang sedang menggendong bayinya juga ikut ketakutan. Musik, sinematografi dan kobaran api yang membakar rumah Raden Aryo sukses hadirkan momen mengerikan yang dramatis dalam adegan ini.

6. Adegan Suzzanna pesan bakso

6 Adegan Ikonik Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon Rilis di Netflixcuplikan Ence Bagus saat kabur di Suzzanna: Malam Jumat Kliwon (dok. Soraya Intercine Films/Suzzanna: Malam Jumat Kliwon)

Dalam film Suzzanna, rasanya tidak lengkap jika tidak melibatkan tukang makanan di dalamnya. Kini, dalam film Suzzanna kedua ini hadirkan Ence Bagus yang menjadi tukang bakso.

Bukan adegan emosional ataupun penuh darah, melainkan ini adalah salah satu adegan dapat membuat penonton tertawa. Saat diawal kebangkitan Suzzanna, ia yang belum menyadari sudah menjadi hantu, memberhentikan tukang bakso yang ditemuinya di jalan.

Ia juga memesan bakso dengan jumlah banyak, yaitu 10 mangkuk. Menyadari bahwa pembelinya adalah hantu, Tohir (Ence Bagus) memutuskan untuk mengikuti permintaan Suzzanna tanpa banyak bertanya. Ia juga berpura-pura buta agar tidak melihat wujud Suzzanna yang menyeramkan. Salah satu adegan kocak ini merupakan poin terakhir dalam artikel ini.

Mengaduk perasaan penonton, film ini menimbulkan perasaan takut, ngeri, tersentuh, hingga tertawa terhibur. Dari dereten adegan ikonik di atas, mana nih yang paling berkesan buat kamu?

Baca Juga: 10 Kebersamaan Jefri Nichol Dibalik Layar Pertaruhan The Series 2

Davrean Dita Photo Community Writer Davrean Dita

Writer with a passion for life reading and an intense film addiction.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya