Comscore Tracker

Waspada Gejala Penyakit Mata Merah, Jangan Dibiarkan Terlalu Lama 

Bisa merusak mata jika tak segera diobati

Bandar Lampung, IDN Times - Mata merah bisa terjadi karena iritasi dan infeksi menyebabkan peradangan pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Gangguan pada mata ini disebut dengan konjungtivitis atau pink eye.

Dalam bahasa sehari-hari disebut dengan sakit mata merah. Meski tidak terlalu berbahaya dan bisa sembuh dalam waktu dua minggu, penyakit ini tak boleh dibiarkan berlama-lama supaya tidak menyebabkan kerusakan mata.

Berikut IDN Times rangkum, gejala penyakit mata merah mudah menular perlu kamu waspadai berdasarkan penjelasan Rumah Sakit Hermina Lampung.

Baca Juga: Penyebab Terserang Penyakit Angin Duduk, dan Cara Mencegahnya

1. Mata bengkak dan gatal

Waspada Gejala Penyakit Mata Merah, Jangan Dibiarkan Terlalu Lama ilustrasi memakai obat tetes mata saat mata kering (freepik.com/artursafronovvvv)

Mata merah adalah gejala paling khas dari pink eye. Penyakit ini jarang menyebabkan kerusakan penglihatan jangka panjang jika segera diobati. Namun dapat menyebar mudah melalui batuk, bersin, berbagi benda seperti handuk, dan cuci tangan tidak benar.

Gejala bisa kamu alami adalah, kelopak mata bengkak dan merah. Pembengkakan kelopak mata ini juga disertai dengan rasa gatal. Rasa gatal dan terbakar pada mata ini sering terjadi pada konjungtivitis.

2. Banyak kerak kotoran di mata

Waspada Gejala Penyakit Mata Merah, Jangan Dibiarkan Terlalu Lama Ilustrasi mengucek mata (abc.net.au)

Karena penyakit ini menular, biasanya dari satu mata akhirnya menular ke kedua mata dalam beberapa hari. Selain itu, karena disebabkan oleh virus dan alergi biasanya menyebabkan produksi air mata lebih banyak dari biasanya.

Gejala lain saat kamu terkena sakit mata merah adalah, banyaknya kotoran mata berwarna kuning kehijauan. Ini kemungkinan disebabkan oleh bakteri.

Sehingga saat bangun tidur, kamu kesulitan membuka mata karena mata berkerak. Itu disebabkan kotoran terakumulasi saat kamu sedang tidur.

3. Jangan sepelekan gejala mata merah

Waspada Gejala Penyakit Mata Merah, Jangan Dibiarkan Terlalu Lama ilustrasi mengucek mata (freepik.com/user18526052)

Selain itu, pink eye menyebabkan kepekaan terhadap cahaya. Seseorang memiliki gejala parah, seperti perubahan penglihatan, sensitivitas cahaya parah, atau rasa sakit luar biasa mungkin memiliki infeksi menyebar di luar konjungtiva dan harus diperiksa oleh dokter.

Kamu juga akan merasa tidak nyaman seperti ada sesuatu yang mengganjal dan mengganggu di mata. Jadi jangan sepelekan gejala ini ya, segera diobati dan periksa ke dokter supaya tidak menyebabkan kerusakan mata.

Sebelum mengalami sakit mata merah, kamu harus lebih rajin merawat kesehatan mata. Segera cuci tangan dan tidak langsung mengucek mata setelah kontak dengan penderita penyakit mata merah.

Baca Juga: Sudah Pakai Behel Gigi Tetap Berantakan? Yuk Cari Tahu Cara Merawatnya

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya