Comscore Tracker

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di Rumah

Perawatan mudah, gak perlu beli bahan, di rumah ada

Bandar Lampung, IDN Times - Memiliki kendaraan pribadi, pemilik tidak sekadar menggunakan untuk mobilitas saja. Perawatan pun perlu dilakukan, baik interior, eksterior hingga servis berkala.

Satu perawatan mobil kerap luput dari perhatian adalah kaca mobil. Kamu perlu tahu, apabila kaca mobil dipenuhi bintik-bintik putih, harus waspada. Itu lantaran, bintik-bintik itu bukanlah debu, melainkan jamur yang tumbuh dan beranak-pinak.

Jamur tidak hanya tumbuh di kaca rumah, tapi juga di mobil kesayangan. Untuk itu, pemilik kendaraan harus mengetahui cara menghilangkan jamur kaca mobil karena perawatannya lebih rumit.

1. Bagaimana jamur muncul di kaca mobil?

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di RumahIlustrasi kaca mobil berjamur. (caroline.id)

Pertanyaan mungkin bikin penasaran, bagaimana jamur bisa tumbuh di kaca mobil? Pemicunya bisa karena mobil diparkir di tempat yang lembab, sedikit gelap dan panas.

Sebenarnya, jamur tidak biasa hidup dan tumbuh di kaca. Hanya saja, kotoran dan debu yang didapatkan saat berkendara juga mempercepat pertumbuhan jamur.

Berbeda dengan kacanya, bagian tepi kaca mobil yang berbahan organik mempercepat pertumbuhan jamur, lantaran parasit ini menjadikannya sebagai makanan untuk bertahan hidup.

Jamur yang tumbuh bisa menghasilkan bau yang tidak sedap dan bisa menjadi akar dari segala infeksi atau penyakit. Pernafasan pun terganggu, dan tampilan kaca mobil pun menjadi buram. Membiarkan jamur bertumbuh di kaca mobil hanya akan membawa risiko yang lebih besar, yaitu terjadinya kecelakaan.

2. Rutin dibersihkan

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di RumahIlustrasi (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jika kaca mobil terkena jamur, pemilik kendaraan ada baikknya membersihkan kaca mobil dari tumbuhnya jamur. Dilansir dari auto2000.co.id, ada cara menghilangkan jamur kaca mobil, sehingga kaca kembali kinclong dan aman digunakan saat berkendara.

Pertama adalah, bersihkan  dahulu kaca mobil dari kotoran lainnya, seperti debu, daun, bahkan sampah berukuran kecil sekalipun. Kotoran tersebut akan susah dibersihkan apabila kaca mobil akan dilapisi dengan lapisan pelindung yang baru.

Jangan lupa, bersihkan pula berbagai tepi kaca mobil lainnya untuk menghindari penyebaran jamur.

Baca Juga: 5 Mobil Ada Fitur Sunroof, Harga Bersahabat!

3. Gunakan alkohol takaran 50 persen-90 persen

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di Rumahtodamorelia.com

Cara lain menghilangkan jamur kaca mobil adalah menggunakan alkohol. Sebelum menggunakannya, kami harus menggunakan sarung tangan agar tangan terhindar dari iritasi. 

Cara membersihkannya, kain lembut dibasahi dengan alkohol. Kemudian, basahi lagi dengan air sebelum mengelap kaca mobil. Mengelapnya harus dengan lembut, sehingga tidak ada goresan yang timbul di kaca mobil.

4. Gunakan air soda

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di Rumahnatureworldnews.com

Air soda ternyata sangat ampuh digunakan untuk membunuh jamur. Kandungan senyawanya yang sama dengan baking soda membuat air soda diandalkan sebagai alternatif membersihkan rumah. Bagaimana caranya?

Pertama, bersihkan dulu bagian kaca mobil dengan kain kering. Berikutnya, semprotkan air soda ke kain yang hendak digunakan untuk membersihkan jamur. Kemudian, mulailah mengelap bagian kaca yang berjamur dengan kain tersebut hingga bersih. Tidak perlu dibilas menggunakan air sehingga kandungan soda yang bekerja tidak akan menghilang.

5. Gunakan pasta gigi

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di Rumahdoktersehat.com

Pasta gigi tak hanya digunakan untuk membersihkan kotoran dan sisa makanan di gigi, tapi juga bisa memerangi pertumbuhan jamur di kaca. Apalagi pasta gigi yang mengandung baking soda, jamurnya bisa lebih ampuh dihilangkan lantaran pertumbuhannya dihambat.

Cara kerjanya, kandungan baking soda dalam pasta gigi bisa menyerap setiap kelembaban sehingga jamur tidak bisa tumbuh. Oleskan pasta sikat gigi ke bagian jendela yang dipenuhi jamur secukupnya, biarkan hingga kering.

Setelah itu, bersihkan dengan air dan gosokkan bagian tersebut menggunakan kain yang lembut sehingga jamur menghilang. Setelahnya, segera keringkan menggunakan koran yang kering dan bersih.

6. Gunakan pemutih pakaian

Cara Hilangkan Jamur Kaca Mobil, Bahan Pasti Tersedia di Rumahthediaryofadebutante.com

Pemutih pakaian mengandung cairan klorin. Cairan ini sangat ampuh untuk menghilangkan jamur dan bakteri lantaran proses oksidasinya sangat kuat. Selain itu, pemutih pakaian juga bisa membersihkan dan mendesinfeksi permukaan kaca mobil. Jamur hitam yang muncul di kaca mobil juga bisa diperangi menggunakan pemutih pakaian.

Penggunaannya gampang,  tinggal mengelap kaca mobil dengan pemutih pakaian. Kain yang digunakan juga harus lembut sehingga bisa mengurangi goresan pada kaca mobil.

Itulah tips menghilangkan jamur di kaca mobil. Tapi perlu diingat, seluruh tips di atas jika tidak dilakukan dengan benar dapat membuat tampilan kaca malah menjadi kurang bersih dan bening.

Penggunaan bahan juga harus tepat dan tidak berlebihan. Oleh karena itu, kamu harus melakukannya secara hati-hati agar kaca mobil tidak tergores. 

Baca Juga: Perbedaan Fitur dan Spesifikasi Varian New Pajero Sport, Sudah Tahu?

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya