Comscore Tracker

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!

Gak lengkap liburan ke Lampung kalau gak beli oleh-oleh ini

Provinsi Lampung terletak di ujung selatan Pulau Sumatera. Lampung juga sebagai pintu gerbang masuk keluar masyarakat dari dan menuju daerah-daerah di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Karena letaknya yang strategis, Lampung seringkali dikunjungi banyak wisatawan.

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Lampung, jangan sampai kelewatan untuk membeli oleh-oleh khas Lampung di bawah ini ya! Berikut 10 oleh-oleh khas Lampung wajib kamu bawa pulang.

1. Pie Susu Pisang

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Pie Susu Pisang, Oleh-Oleh Khas Lampung (makananlampung.com)

Mungkin Kamu sering memakan pie susu, olahan makanan bertekstur renyah di luar dan lembu di dalam. Pie susu pun jadi salah satu oleh-oleh khas Lampung. Tapi, pernahkah Kamu mencicipi pie susu pisang?

Oleh-oleh khas Lampung ini merupakan kue pie yang memiliki isian pisang dengan adonan luar yang berbentuk menyerupai pisang. Menarik untuk dicoba bukan?

2. Keripik Pisang

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Keripik Pisang, Oleh-Oleh Khas Lampung (aklstore.id)

Terkenal sebagai Kota Pisang, Lampung mempunyai banyak sekali makanan olahan pisang yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung. Salah satu makanan olahan pisang yang bisa dibeli dari provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai adalah keripik pisang Lampung.

Selain rasa original, keripik pisang khas Lampung juga memiliki berbagai rasa yang bisa Kamu coba, seperti cokelat, strawberi, susu dan lain-lain.

Baca Juga: Cerita Wilson Dimas Dirikan Aneka Sari Rasa, Toko Oleh-Oleh Terbesar Lampung

3. Sambal Lampung

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Sambal Lampung, Oleh-Oleh Khas Lampung (libur.co)

Lampung juga terkenal sebagai daerah yang memiliki olahan kuliner pedas. Kamu yang doyan masakan pedas, wajib membeli sambal khas lampung nih.

Sambal Lampung memiliki rasa dan aroma pedas yang khas. Karena selain berbahan dasar cabai rawit merah, sambal Lampung juga dicampur dengan bawang putih, sehingga menimbulkan rasa pedas yang mantap. Sangat cocok jika disantap dengan nasi putih hangat dan beragam lauk lainnya.

4. Dodol Pandan

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Dodol Pandan, Oleh-Oleh Khas Lampung (kulinerkota.com)

Selain Garut, Lampung pun memiliki panganan khas berupa dodol. Bedanya, dodol khas Lampung ini dicampur dengan pandan sehingga menimbulkan rasa dan aroma yang enak dan wangi.

5. Lempok Durian

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Lempok Durian, Oleh-Oleh Khas Lampung (lampungpost.id)

Lempok adalah kuliner khas Lampung yang memiliki rasa dan tekstur yang mirip sekali dengan dodol yang berasal dari Garut. Proses pembuatannya pun mirip sekali dengan dodol.

Namun, oleh-oleh khas Lampung ini dicampur dengan buah durian lampung sehingga memiliki rasa durian yang khas dan kuat.

Baca Juga: Intip Pembuatan Lapis Legit Lampung, Berat Satu Loyang 4 Kg! 

6. Kemplang

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Kemplang, Oleh-Oleh Khas Lampung (triplampungku.blogspot.com)

Kemplang merupakan jajanan tradisional khas Lampung berbahan dasar ikan. Dengan dicampur dengan berbagai bahan, kemplang kemudian dapat diolah dengan cara dipanggang atau digoreng dengan pasir.

Rasanya yang enak dan gurih, ditambah dengan cocolan sambal yang biasanya disediakan di dalam kemasan kemplang semakin membuat lahap siapa saja yang memakan kemplang.

7. Keripik Nangka

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Keripik Nangka, Oleh-Oleh Khas Lampung (makananlampung.com)

Tak hanya pisang, nangka pun melimpah di Lampung. Alhasil, warga provinsi setempatmemanfaatkan nangka dan mengolahnya menjadi berbagai olahan kuliner. Salah satunya adalah keripik nangka.

Keripik nangka dari Lampung ini memiliki rasa manis khas nangka dengan tekstur gurih yang didapat dari proses pemanggangan saat memasaknya.

8. Kopi Durian

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Kopi Durian, Oleh-Oleh Khas Lampung (k-link.co.id)

Kamu mungkin sudah biasa meminum kopi, tapi pernahkah Kamu meminum kopi dengan campuran buah durian di dalamnya? Ya, oleh-oleh khas Lampung ini adalah perpaduan antara kopi robusta dan buah durian. Campuran keduanya membuat citarasa unik ketika kamu menyeduhnya.

9. Kopi Lampung

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Kopi Lampung, Oleh-Oleh Khas Lampung (bukalapak.com)

Jika sedang berada di Lampung, jangan lupa membeli kopi khas Lampung. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia, tentu saja kopi Lampung memiliki rasa yang nikmat. Wajib dibeli para pecinta kopi!

10. Kain Tapis

10 Oleh-Oleh Khas Lampung Wajib Kamu Beli, Rasanya Bikin Nagih!Kain Tapis, Oleh-Oleh Khas Lampung (malahayati.ac.id)

Selain oleh-oleh yang berupa makanan dan minuman, Lampung juga memiliki oleh-oleh berupa kain tapis yang memiliki corak khas Lampung berupa flora dan fauna. Kain tapis cocok untuk dijadikan baju adat, terutama bagi para perempuan

Nah, itu dia 10 oleh-oleh khas Lampung yang wajib banget kamu bawa pulang ketika berkunjung ke Lampung. Selain sebagai kenang-kenangan, juga bisa membantu para UMKM yang memproduksi oleh-oleh tersebut lho. Yuk dibeli!

Baca Juga: Jelang 57 Tahun Provinsi Lampung, Yuk Mengenal Kain Tradisional Tapis

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya