Comscore Tracker

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!

Gak cuma kain, tapi juga baju hingga aksesori

Bandar Lampung, IDN Times - Bertandang ke suatu daerah, tak lengkap rasanya jika tak membeli oleh-oleh makanan khas atau kain tradisional daerah tersebut. Seperti Tapis, kain tradisional khas Lampung ini biasanya banyak diincar wisatawan untuk diborong sebagai buah tangan atau hadiah.

Kain ini begitu mewah karena disulam menggunakan benang emas dan diproduksi secara handmade. Maka tak heran, dibalik keanggunan tapis dan kerapihannya, harganya terbilang fantastis. Tapi jangan khawatir, saat ini juga sudah banyak pernak-pernik dengan bubuhan tapis harganya cukup terjangkau.

Berikut IDN Times akan bagikan 7 galeri tapis sebagai referensimu mencari oleh-oleh kain hingga pernak-pernik tapis paling populer di Lampung!

1. Rahayu Gallery

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!Tapis Mulang Tiyuh dari Rahayu Gallery di EXPO APEKSI 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Rahayu Gallery merupakan satu rumah tapis populer di Bandar Lampung. Salah satu produk tapisnya saja yaitu Tapis Mulang Tiyuh banyak menarik minat para pejabat seperti istri Gubernur Arinal Djunaidi dan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana.

Selain tapis, mereka juga memiliki koleksi sulam usus tak kalah menariknya. Rahayu Gallery berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, No. 5, Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung.

2. Lampung Ethnica

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!Sarung Bantal dari Lampung Ethnica. (Instagram/lampungethnica.official)

Rumah tapis ini telah berkali-kali memenangkan penghargaan IKM dalam negeri. Selain kerajinan tapis dalam bentuk selendang, Lampung Ethnica juga banyak mengkreasikan tapis ke dalam berbagai aksesori misalnya dompet, tas, home decoration, dan hampir semua ada.

Sehingga banyak produk Lampung Ethnica dicari untuk dijadikan buah tangan oleh orang-orang. Lokasinya ada di Sumber Gede, Kecamatan Sekampung, Lampung Timur. Kamu juga bisa membeli barangnya secara online di semua marketplace.

Baca Juga: Coba Menyulam Tapis, Istri Walikota Banjarmasin: Ternyata Memang Sulit

3. House Tapis Citra

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!House Tapis Citra saat di Apeksi 2022. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

House Tapis Citra juga merupakan rumah tapis populer di Bandar Lampung. Biasanya, setiap motif produk dari galeri ini akan dibuat berbeda dari satu produk dengan produk lainnya sehingga kamu enggak bakal samaan deh dengan orang lain!

Lokasi tokonya ada di Jalan Cendrawasih 1 NoNomor 16, Tanjung Agung, Bandar Lampung. Buka setiap Senin sampai Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB. Mereka juga memiliki marketplace untuk konsumen luar kota.

4. Rumah Tapis Lampung

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!Tas dari Rumah Tapis Lampung. (Instagram/rumahtapis_lampung)

Rumah Tapis Lampung berada di Jalan Raya Gumukmas, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Toko ini benar-benar hanya menyediakan kain tapis belum dijahit dengan berbagai warna dan motif. Selain tapis, pilihan produk lainnya hanyalah tas tapis yang cocok untuk dibawa ke pesta.

5. Zelly Tapis

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!Produk Zelly Tapis. (Instagram/Zelly_zeliaze).

LGaleri di Zelly Tapis menyediakan banyak pilihan produk. Di antaranya adalah campuran sulaman tapis dengan batik Lampung. Ada juga kemeja dan jeans yang dikombinasikan dengan tapis sehingga sangat unik dan apik.

Lokasi tokonya ada di Jalan Airan Raya, Way Huwi, Kabupaten Lampung Selatan. Sayangnya Zelly Tapis hanya tersedia secara offline dan pemesanan online hanya melalui media sosial Instagram dan kontak WhatsApp 0821-7564-5971

6. Kaosqu Tapis Lampung

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!Kaosqu Tapis Lampung. (Instagram/kaosqu_tapis_lampung).

Seperti namanya, Kaosqu Tapis Lampung banyak menjual produk kaus dengan motif tapis di dalamnya. Tapis pada produk kaus ini semua bordir sehingga tidak ada yang di sablon.

Kamu juga bisa memesannya dalam jumlah banyak dan motif disukai. Kalau kamu berminat dengan produknya, Kamu bisa ke Jalan RA Basyid, Sinar Semendo, No. 15/70, Labuhan Dalam, Kecamtan Tanjung Senang.

7. Alyn Tapis

7 Referensi Rumah Tapis Lampung Paling Populer, Oleh-Oleh Mewah!Alyn Tapis. (Instagram/alyntapis).

Alyn Tapis terkenal akan motifnya yang autentik dan berbeda dengan motif tapis lainnya. Sehingga produk Alyn banyak disenangi konsumen. Alyn Tapis juga menyediakan sulam usus sehingga indah jika dipadukan dengan tapis. Lokasinya ada di Jalan Pagar Alam Nomor. 23/171, Kecamatana Kedaton, Bandar Lampung.

Itulah 7 galeri tapis populer di Lampung. Mereka memiliki store untuk dikunjungi dan juga toko online bagi konsumen luar daerah. Jadi gak perlu pusing lagi ya cari oleh-oleh tapis di Lampung!

Baca Juga: UBL Latih Perajin Tapis Pemula, Berdayakan Ekonomi dan Lestarikan Budaya

Topic:

  • Rohmah Mustaurida
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya